Home / Peristiwa

Kamis, 30 Desember 2021 - 08:49 WIB

Petani Padi Payaman Panen Empat Varietas Unggulan Baru

Empat padi varietas unggulan baru sukses dipetik di lahan seluas empat hektar di Desa Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Keempat padi tersebut, yakni padi Siliwangi, Inpari 32 HDB , Inpari 46 GSR dan Pajajaran. (Foto: humas/beritamagelang)

Empat padi varietas unggulan baru sukses dipetik di lahan seluas empat hektar di Desa Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Keempat padi tersebut, yakni padi Siliwangi, Inpari 32 HDB , Inpari 46 GSR dan Pajajaran. (Foto: humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Empat padi varietas unggulan baru sukses dipetik di lahan seluas empat hektar di Desa Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Keempat padi tersebut, yakni padi Siliwangi, Inpari 32 HDB , Inpari 46 GSR dan Pajajaran.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, Ade Sri Kuncoro mengungkapkan keempat padi varietas unggulan baru tersebut merupakan varietas baru yang cocok ditanam di lahan sawah irigasi dan juga lahan tadah hujan.

“Produksi dari keempat padi hibrida ini juga dinilai cukup menjanjikan bagi para petani. Karena mengalami peningkatan hasil panenan,” kata Ade usai panen perdana di Desa Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Selasa (28/12/2021).

Menurutnya, dengan penggunaan padi varietas unggulan baru tersebut diharapkan bisa meningkatkan produktivitas padi dan dampaknya bisa meningkatkan perekonomian petani.

Baca juga   Berlagak Minta Sumbangan, Pencuri HP dan Laptop Asal Indramayu Dicokok Polisi Sleman

Ia menambahkan, kempat padi varietas baru tersebut mempunyai masa tanam yang berbeda-beda, yakni ada yang 110 hari dan ada pula yang kurang dari 110 hari sudah bisa dipanen. Karena empat varietas padi tersebut berbeda-beda, ada yang genjah yakni padi Pajajaran dan lainnya varietas umum tidak genjah, bukan super genjah.

“Jadi masa tanamnya ada yang kurang dari 110 hari ada pula yang 110 hari baru bisa dipetik,” ungkapnya.

Ade menjelaskan, empat padi varietas unggulan baru tersebut dinilai sangat cocok ditanam di wilayah Kabupaten Magelang karena di tengah lahan persawahan yang semakin sempit, tetapi produktivitas padi tetap meningkat.

Baca juga   Wedang Bledeg, Ramuan Herbal yang Diburu Konsumen Saat Pandemi

Sementara itu, Peneliti Sosial Perekonomian Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah, Anggi Sahrul Romdon, mengatakan empat padi varietas baru tersebut mempunyai kelebihan dibandingkan varietas-varietas padi lainnya.

Anggi menambahkan, dari segi produksi keempat padi varietas baru tersebut sangat tinggi dan berpotensi bisa menghasilkan 8,5 sampai 11 ton gabah kering giling. Selain itu juga diharapkan dari kesuksesan panen empat padi varietas baru yang ditanam di Desa Payaman ini terus dikembangkan sehingga dapat mendukung ketahanan pangan di Jawa Tangah.

“Padi jenis Siliwangi dan Pajajaran lebih tahan penyakit kresek (hawar daun). Sedangkan padi jenis Inpari lebih tahan ditanam di musim penghujan, sehingga lebih tahan dari serangan penyakit,” tuturnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Bupati HM Al Khadziq menghadiri kegiatan "Dialog Parlemen dan Pagelaran Media Tradisional Nguri-uri Kebudayaan Khas Temanggung" di Sasana Margo Turonggo, Desa Mergowati, Kecamatan Kedu, Kamis (20/1/2022). (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Nguri-uri Budaya Khas Temanggung Lewat Dialog Parlemen Budaya
Ditemani superhero Spider-man, anak-anak tambah semangat ikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar BIN dan Pemkab Temanggung pada Kamis (20/1/2022) di Taman Bambu Runcing. (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Ditemani Spider-man, Ribuan Anak Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Temanggung
Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Presiden menjelaskan tiga rencana guna menangani banjir di wilayah tersebut. (Foto: BPMI/Istimewa)

Peristiwa

Presiden: Tiga Rencana Penanganan Banjir di Kabupaten Sintang
Ganjar dengan sabar mendampingi Suparman yang takut suntik vaksin. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Ada Buruh Takut Suntik Vaksin, Ganjar Langsung Dampingi
Karka Advertising melaporkan pencopotan baliho bergambar Anies Baswedan ke Polsek Depok Timur. (Foto: Ist)

Peristiwa

Geger Baliho Bergambar Anies Baswedan di Depok Sleman Dicopot, Pihak Advertising Lapor Polisi
Perwakilan Komnas Ham RI usai pertemuan dengan Bupati dan pejabat setempat menyampaikan bakal mengumpulkan fakta-fakta di lapangan dan akan membantu selesaikan konflik di Wadas. (Foto: BBWS DIY)

Peristiwa

Beragam Pelanggaran HAM Dilakukan Warga Penolak Proyek Nasional, Komnas HAM Akhirnya Turun Tangan
Satlantas Polres Magelang, tindak pengendara motor yang memakai knalpot brong. (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Puluhan Sepeda Motor Knalpot Brong Ditilang Satlantas Polres Magelang
Bencana angin puting beliung yang melanda sejumlah permukiman warga di Kecamatan Parakan, mendapat atensi Bupati HM Al Khadziq, dengan langsung meninjau rumah-rumah warga maupun tempat ibadah terdampak. (Foto:MC.TMG)

Peristiwa

Bupati Temanggung Tinjau Wilayah Terdampak Puting Beliung di Parakan