Home / Peristiwa

Sabtu, 19 Juni 2021 - 11:21 WIB

Petani Porang Desa Tukang Raup Ratusan Juta Rupiah Sekali Panen

Panen perdana porang di Kabupaten Semarang. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo  Kab Semarang)

Panen perdana porang di Kabupaten Semarang. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab Semarang)

NYATANYA.COM, Semarang – Pemerintah Kabupaten Semarang akan terus mendorong petani untuk menanam porang (Amorphophallus muelleri) yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

“Petani akan didampingi untuk menanam porang termasuk cara tanam yang baik dan pemasarannya. Diharapkan, hasilnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani,” kata bupati saat panen perdana tanaman porang di lahan milik kelompok tani “Sendang Mulyo 5” Dusun/Desa Tukang, Pabelan, Jumat (18/6/2021).

Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyampaikan, di lahan seluas satu hektare, petani dapat menghasilkan rata-rata 70 ton umbi porang dalam sekali panen. Padahal, harganya mencapai Rp7.500 per kilogramnya, atau lebih. Bahkan, tanaman yang dikenal juga dengan nama iles-iles itu, ternyata juga menjadi komoditas ekspor.

Bupati optimistis, budidaya tanaman Porang akan berhasil di Kabupaten Semarang. Pasalnya, potensi pengembangan, terutama lahan sangat mendukung.

Selain di Pabelan, lanjut bupati, para petani di Tuntang, Banyubiru, dan beberapa kecamatan lainnya mulai melirik tanaman yang dulu dianggap tidak berharga ini untuk ditanam.

Baca juga   Polisi Tangkap 4 Tersangka Rusuh Babarsari, 1 Orang Masih Diburu

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (Dispertanikap) Kabupaten Semarang Wigati Sunu yang menjelaskan, tanaman porang termasuk komoditas yang mudah ditanam. Selain tidak memerlukan perawatan khusus, tanaman umbi-umbian ini juga dapat ditanam di lahan marginal atau lahan kosong yang kurang produktif. Bahkan dapat ditanam di bawah tanaman tegakan seperti mahoni dan sengon.

“Ini tren tanaman baru yang sangat potensial karena bernilai ekonomi tinggi. Sudah banyak petani yang mulai menanam,” terangnya sebagaimana dirilis Diskominfo Kab Semarang dalam portal Pemprov Jateng, Sabtu (19/6/2021).

Data di Dispertanikap, lanjutnya, ada 341 kelompok tani yang menanam porang di lahan seluas 162.667 hektare yang tersebar di 14 kecamatan. Sedangkan luasan panen sampai akhir semester I 2021 mencapai 15.306 hektare.

Baca juga   Kota Yogya Lampaui Target Pembayaran PBB P2 Tahun 2021

Ketua kelompok tani “Sendang Mulyo 5” Sudadi (45), mengaku sudah menanam porang secara mandiri sejak 2019 lalu. Sekali panen di lahan seluas satu hektare, pendapatan kotor yang diperolehnya bisa mencapai Rp500 juta lebih.

“Saya bisa panen 80 ton umbi Porang. Dengan harga Rp7 ribu per kilogram, lumayan pendapatannya,” terangnya.

Sedangkan 30 anggota kelompok tani yang dipimpinnya, baru mulai menanam Oktober 2020 lalu.

Disampaikan, panen perdana oleh bupati kali ini di lahan seluas 0,5 hektare dan menghasilkan kurang lebih 75 ton umbi porang. Menariknya lagi, seluruh hasil panen sudah pasti terserap habis di pasar.

Meski hasilnya lebih bagus, Sudadi dan kawan-kawan tidak meninggalkan padi sebagai tanaman pokok. Menurutnya, porang menjadi pilihan menambah pendapatan di masa pandemi seperti saat ini. (*)

Share :

Baca Juga

Petugas gabungan dari Polres dan BNN Kabupaten Temanggung melakukan razia di Rumah Tahanan (Rutan) setempat. Foto: MC.TMG

Peristiwa

Polres dan BNNK Temanggung Razia Rutan di Malam Hari, Apa yang Ditemukan
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih melaksanakan Panen Perdana Bawang Merah Musim Tanam (MT) ke-2 bersama Kelompok Tani Ngremboko Nir Ing Sambikolo di Bulak Malangan. (Foto: Humas Kab.Bantul)

Peristiwa

Bupati Bantul Panen Brambang Musim Tanam ke-2
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mendapat kejutan di hari ulang tahunnya, Rabu (9/2/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Dapat Kejutan Ulang Tahun, Walikota Ingin Selesaikan Kepemimpinan dengan Baik
Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, Senin (6/12/2021) sore didampingi Menteri Koperasi dan UMKM serta Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja meresmikan Shopee Soko Creative dan Innovation Hub serta Gaming & Community Hub di Solo Technopark. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Dorong Pertumbuhan UMKM, Shopee Buka Kantor di Solo Technopark
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo kembali mengambil sumpah dan melantik lurah terpilih untuk gelombang II bertempat di Pendopo Parasamya, Sleman, Kamis (16/12/2021). (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

Bupati Sleman Lantik Lurah Sumberarum dan Selomartani
Ketiga WNA asal Malaysia dideportasi melalui PLBN Aruk, Kabupaten Sambas, Sabtu (4/6/2022). Foto: ANTARA

Peristiwa

Langgar Aturan, Imigrasi Deportasi Tiga WNA Asal Malaysia
Pencarian korban tenggelam di Dam Mrican masih dilakukan Tim Basarnas Kota Yogyakarta. Korban atas nama Fabian Novan Asizan (8) warga Patalan RT 40 RW 08, Prenggan, Kotagede Yogyakarta. (Foto: Basarnas Yogyakarta)

Peristiwa

Febian Noval Tenggelam di Dam Mrican Gajah Wong, Belum Ditemukan
Peringatan Hari Lansia ke-25 di Hotel LPP Convention Yogyakarta.(Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

Peristiwa

DIY Optimalkan Potensi Lansia Berdaya