Home / News

Jumat, 13 Mei 2022 - 00:08 WIB

Petugas Gabungan Gagalkan Ekspor Ilegal Ribuan Liter Minyak Goreng ke Timor Leste

Rilis pengungkapan ekspor ilegal ribuan liter minyak goreng ke Timor Leste. (Foto: Humas Kemendag)

Rilis pengungkapan ekspor ilegal ribuan liter minyak goreng ke Timor Leste. (Foto: Humas Kemendag)

NYATANYA.COM, Surabaya – Pemerintah berhasil menggagalkan ekspor ilegal minyak goreng sebanyak 8 ribu liter ke negara Timor Leste ketika hendak dikirim melalui Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, Jawa Timur pada Kamis (12/5/2022).

Kronologi kejadian tersebut, bermula ketika petugas gabungan dari Kementerian Perdagangan, Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan, dan Satgas Pangan mencurigai delapan kontainer yang tidak mencantumkan dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB).

Setelah diperiksa ternyata merupakan komoditas minyak goreng yang selama beberapa waktu belakangan tidak boleh diekspor.

Atas pelanggaran yang dilakukan oleh oknum tersebut, tentunya pemerintah menyita komoditas minyak goreng tersebut.

“Eksportir mengelabuhi petugas dengan tidak mencantumkan minyak goreng dalam PEB,” kata Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga yang juga menjabat sebagai Plt Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Veri Anggrijono, melalui siaran pers, Kamis (12/5/2022).

Baca juga   Ajak Masyarakat Saling Menguatkan, Ganjar: “Diobong Ora Kobong Disiram Ora Teles”

Dasar dari pemerintah melakukan penyitaan berlandaskan, Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22 Tahun 2022 tentang Larangan Sementara Ekspor Crude Palm Oil, Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil, Refined, Bleached and Deodorized Palm Olein, dan Used Cooking Oil, minyak goreng telah ditetapkan sebagai barang yang dilarang untuk diekspor terhitung sejak 28 April 2022.

Pelaku usaha yang melanggar ketentuan tersebut diancam dengan sanksi sebagaimana diatur Pasal 112 Ayat (1) jo Pasal 51 Ayat (1) Undang-undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.

Baca juga   Update! Korban Insiden Ambrolnya Seluncur Kolam Renang Kenpark Surabaya

“Kementerian Perdagangan bersama Satgas Pangan dan Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan akan menindak tegas setiap pelanggaran terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan,” tutur Veri.

Kemendag juga akan terus berkomitmen meningkatkan sinergi dan kerja sama antarlembaga dalam hal pengawasan dan penegakan hukum di bidang perdagangan.

“Kami mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kepolisian RI, Kejaksaan, dan Ditjen Bea Cukai dalam melakukan penegakan hukum di bidang perdagangan. Kegiatan hari ini merupakan implementasi dari MoU antara Kementerian Perdagangan, Polri, dan Ditjen Bea Cukai dalam meningkatkan pengawasan dan penegakan hukum di bidang perdagangan,” pungkas Veri.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Terhitung Rabu (1/9/2021), pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas dan bertahap di Kabupaten Kebumen dimulai. (Foto: Diskominfo Kebumen)

News

Turun Level 3, PTM di Kebumen Dimulai secara Bertahap
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Waduh! 5 WNI Masuk Daftar Teroris Versi Amerika Serikat, Begini Penjelasan BNPT
Ilustrasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mempercepat pembangunan infrastruktur pengendali banjir Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, untuk mendukung DPSP Borobudur. (Foto: Dok.Kementerian PUPR)

News

Ini Dua Langkah Jitu Pemerintah Atasi Banjir di Bandara YIA
Logo Pemerintah Kabupaten Kebumen. (Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Sebelum PPKM Darurat Diterapkan, Kebumen Sudah Tancap Gas
(Foto: Kemenkes)

News

Kasus Omicron di Solo Meningkat, Mulai Hari Ini Sekolah Gunakan Pembelajaran “Hybrid”

News

Sejak 2018 Kominfo Sudah Menutup 4.874 Aplikasi Pinjol Ilegal
Suasana penuh keakraban dan kekeluargaan ini membuat anak-anak sekolah yang ikut dalam aksi penanam pohon mangrove merasa tidak canggung atau segan maupun takut dengan orang nomor satu di negeri ini. (Foto:Mediacenter Riau)

News

Anak-anak Tak Canggung Menanam Mangrove Bersama Presiden
Presiden Joko Widodo melantik tujuh anggota Komisi Nasional Disabilitas yang dilakukan di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (1/12/2021). (Foto: BPMI Setpres)

News

Presiden Lantik 7 Anggota Komisi Nasional Disabilitas