Home / Militer

Rabu, 11 Agustus 2021 - 12:58 WIB

Pindah Tugas, Danrem 072/Pamungkas Pamitan Gubernur

Brigjend TNI Ibnu Bintang Setiawan. (Foto: Agoes Jumianto)

Brigjend TNI Ibnu Bintang Setiawan. (Foto: Agoes Jumianto)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta jajaran Korem 072/Pamungkas melalui Babinsa dan Babinkamtibmas, mengawal kesuksesan vaksinasi di level mikro.

Hal tersebut diutarakan Brigjend TNI Ibnu Bintang Setiawan, seusai berpamitan dengan Gubernur DIY, Selasa (10/8/2021) siang di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Pertemuan tersebut digelar mengingat Brigjend. Bintang dipindahtugaskan sebagai Kepala Staf Kodam (Kasdam) VI/Mulawarman. Kodam VI/Mulawarman merupakan Kewilayahan Pertahanan TNI AD yang meliputi Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Adapun Brigjend Bintang hadir bersama Kolonel (Inf) TNI Afianto, yang selanjutnya akan menjabat sebagai Komandan Korem 072/Pamungkas. Kolonel (Inf) Afianto sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Korem 072/Pamungkas.
Lebih lanjut, Brigjend Bintang menyampaikan jika TNI AD telah mengirimkan 120 tenaga kesehatan (nakes) terlatih (non-dokter) yang nantinya akan membantu pelaksanaan akselerasi vaksinasi di tingkat RT/RW.

“Kami sudah terjunkan 120 orang nakes. Mereka sudah selesai ketugasan di Jakarta, lalu kini ditarik untuk membantu Yogya. Sekarang sudah disebar di Kabupaten/Kota di DIY yang nantinya akan membantu program vaksinasi. Jadi tidak ada alasan lagi kalau daerah kekurangan tenaga untuk vaksinasi,” terangnya.

Baca juga   FKY 2021 "Mereka Rekam" Resmi Dibuka Sri Sultan HB X Secara Daring

Adapun program percepatan vaksinasi di level mikro ini nantinya berada di bawah koordinasi kabupaten/kota dan kelurahan/kalurahan setempat. Kabupaten/kota diminta untuk selalu mengecek ketersediaan stok vaksin di wilayah masing-masing. Sri Sultan telah mengutarakan bahwa pusat akan selalu memastikan bahwa pasokan stok vaksin di DIY selalu tercukupi.

“Bapak/Ibu Bupati silakan dapat menelpon saya kapan pun kalau stok vaksinnya menipis. Provinsi bisa meminta tambahan vaksin lagi kepada pusat (Kementerian Kesehatan RI),” ujar Sri Sultan, Senin (9/8/2021) saat Rakor Percepatan Vaksinasi bersama Bupati/Walikota se-DIY.

Pada rapat terbatas yang digelar di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, itu, Sri Sultan mengatakan jumlah tenaga dari TNI/Polri untuk memebantu percepatan vaksinasi di level mikro dirasa cukup.

Baca juga   Hari Ini 1030 Kasus Positif Covid-19 di DIY Sembuh, Meninggal 26 Pasien

“Kita mobilisasi tenaga dari TNI maupun Polri dengan Puskesmas dan sebagainya, jumlahnya itu cukup. Langsung sajalah, sekarang penularannya di keluarga dan tetangga. Untuk teknisnya nanti kelurahan/kalurahan akan mengumpulkan (warga yang akan divaksin), kecuali untuk disabilitas, mungkin perlu jemput bola ke rumah yang bersangkutan,” ujar Sri Sultan saat itu.

Pada agenda pertemuan tersebut, menurut Brigjend Bintang, Ngarsa Dalem banyak bercerita tentang penanganan Covid-19 di DIY.

“DIY itu sempat jadi perhatian nasional, tapi perkembangannya kan cukup baik, sehingga Yogya ini jadi contoh dalam hal penanganan pandemi Covid-19. Tadi banyak disinggung soal penanganan Covid-19 saja,” imbuh Brigjend Bintang.

Selanjutnya, Brigjend Bintang juga mohon doa agar ketugasan di tempat baru berjalan lancar.

“Saya mohon pamit karena ketugasan di Yogya sudah selesai dan saya minta doanya kepada Sri Sultan karena bagaimana pun ini juga doa dari seorang raja, agar tugas baru saya bisa lancar,” tutupnya. (*)

Share :

Baca Juga

Prajurit onmek 403/WP bagikan masker. (Foto: Penerangan Yon 403/WP)

Militer

Satgas Pamtas TNI Yonmek 403/WP Laksanakan Sosialisasi dan Pembagian Masker di Perbatasan RI-PNG
Beras bantuan dari Kementrian Kelautan sudah tiba di Korem 072/Pamungkas. (Foto: zainuri arifin)

Militer

Korem Pamungkas Salurkan Beras Bantuan Kementrian Kelautan
Tank Leopard jadi kebanggaan Indonesia. Foto : nyatanya.com/istimewa

Alutsista

Tank Leopard Mesin Perang Penjaga NKRI
Prajurit Yon 403/WP bertatap muka dengan warga perbatasan. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Militer

Perkuat Pembinaan Teritorial, Satgas Yonif 403/WP Anjangsana ke Kampung Perbatasan RI-PNG
Prajurit Satgas Yonif 403/WP lakukan penggeledahan dan mendapati narkoba jenis ganja sebanyak 6 paket. (Foto : dokumentasi Yonif 403/WP)

Militer

Gagalkan Pesta Narkoba, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Sita 6 Paket Ganja
Senapan serbu mesin ringan jenis FN-Minimi banyak digunakan oleh pasukan dari Batalyon Infanteri di Indonesia. (Foto : nyatanya.com/istimewa)

Alutsista

FN Minimi Salah Satu Senjata Mesin Ringan Andalan Pasukan Infanteri
Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P., M.Si memberikan materi "Penanaman Sikap Bela Negara dikalangan Pelajar Melalui Paskibraka" melalui zoom meeting. (Foto: dokumentasi Kodim 0734/Kota Yogyakarta)

Militer

Bakar Semangat Paskibraka Kota Yogya, Dandim Beri Pembekalan Bela Negara
Progam TNI TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2021 di Desa Kaloran, Kabupaten Temanggung, menargetkan betonisasi jalan sepanjang 1.050 meter. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Militer

TMMD Sengkuyung di Desa Kaloran Targetkan Betonisasi Jalan 1.050 Meter