Home / Peristiwa

Rabu, 15 Desember 2021 - 08:11 WIB

PLN Pulihkan Jaringan Listrik di Flores Pascagempa M7,4

PLN berhasil memulihkan seluruh sistem kelistrikan di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pascagempa bumi tektonik 7,4 magnitudo yang mengguncang wilayah tersebut. (Foto: Antara)

PLN berhasil memulihkan seluruh sistem kelistrikan di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pascagempa bumi tektonik 7,4 magnitudo yang mengguncang wilayah tersebut. (Foto: Antara)

NYATANYA.COM, Flores Timur – PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero) berhasil memulihkan seluruh sistem kelistrikan di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pascagempa bumi tektonik 7,4 magnitudo yang mengguncang wilayah tersebut.

“Sistem kelistrikan Pulau Flores saat ini dipasok dari PLTMG Rangko, PLTMG Maumere, PLTP Ulumbu, PLTS Wewaria dan pembangkitan lainnya serta transmisi dalam kondisi aman dan tidak ada pemadaman listrik di Sistem Pulau Flores,” kata Executive Vice President Komunikasi Korporat PLN Agung Murdifi, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (14/12/2021).

Agung mengatakan hanya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ropa yang masih dimatikan, karena terindikasi muka air laut mengalami kenaikan.

Baca juga   Ami nai ia o..., Cerita Lindu Berbasis Kearifan Lokal

Menurut Agung, sistem kelistrikan di Pulau Flores dan Pulau Alor yang terdampak gempa dalam kondisi aman dan tidak ada pemadaman listrik.

Namun, khusus di wilayah Adonara sempat terjadi gangguan, antarjaringan tegangan menengah bersentuhan saat kejadian.

Untuk wilayah Adonara, sempat mengalami padam, namun sejak pukul 16.00 Waktu Indonesia Tengah (WITA) dari 194 gardu yang terdampak seluruhnya berhasil dinormalkan.

Saat ini, dari total 38.085 pelanggan terdampak telah menikmati aliran listrik PLN kembali. Adapun total pelanggan di seluruh NTT mencapai satu juta pelanggan.

“Kami bersyukur dampak gempa ini pada infrastruktur kelistrikan tidak parah,” ucap Agung.

Baca juga   Banjir Juga Landa Cilacap, Ratusan Warga di Tiga Kecamatan Mengungsi

Saat ini, daya mampu sistem kelistrikan Flores mencapai 89,8 megawatt dengan beban puncak 74,4 megawatt, sehingga terdapat cadangan daya sebesar 15,4 megawatt.

Petugas di lapangan tetap bersiaga mengamankan pemasokan kelistrikan dan intensif berkoordinasi dengan dinas dan instansi terkait.

Sebelumnya, gempa bumi bermagnitudo 7,4 terjadi di Larantuka, Flores Timur, NTT memiliki episenter yang terletak pada koordinat 7,59 derajat Lintang Selatan (LS), dan 122,24 derajat Bujur Timur (BB), dengan kedalaman 12 kilometer sekitar pukul 11.20 WITA, Selasa (14/12/2021).

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Sri Sultan membatik sebelum resmi menutup gelaran Jogja International Batik Biennale (JIBB) sekaligus pencanangan Jogja Membatik Dunia. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Jogja Membatik Dunia, Bangkitnya UMKM Wastra Batik
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Pelaku Penganiayaan Pelajar SMPN 11 Yogya Dibekuk, Mengaku Dendam Pernah Ditantang Tawuran
Seremonial impounding (penutupan bendungan) untuk memulai pengisian air Bendungan Randugunting, Senin (29/11/2021). (Foto: MC Kab Blora)

Peristiwa

Bendungan Randugunting Blora Mulai Diisi
Program vaksinasi Covid-19 pada anak-anak 6-11 tahun di Blora sudah dimulai dengan target 73.239 dosis. (Foto: MC Kab Blora)

Peristiwa

Belum Ada Juknis Vaksinasi Booster, Blora Masih Fokus Dosis 2 dan Anak Usia 6-11 Tahun
(Foto: Twiter @BPPTKG)

Peristiwa

Gunung Merapi Alami 120 Kali Gempa Guguran, 27 Kali Guguran Lava
Dekranasda Jawa Tengah bekerja sama dengan Shopee menggelar Dekranas 42 Great Sale dalam rangka HUT ke-42 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Gandeng Shopee, Jateng Gelar “Dekranas 42 Great Sale”
Pelaku pembacokan di Siyono Wetan, Logandeng, Kapanewon Playen, Gunungkidul pada Senin (5/9/2022) diamankan petugas. Foto: @polresgunungkidul

Peristiwa

Pelaku Pembacokan yang Gegerkan Warga Siyono Gunungkidul Diamankan Polisi
RN dijerat Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. Foto: Dok.Polsek Sleman

Peristiwa

Nekat Gadaikan Lima Mobil Rental untuk Bayar Utang, Ibu Muda Dicokok Polsek Sleman