Home / Peristiwa

Rabu, 15 Desember 2021 - 08:11 WIB

PLN Pulihkan Jaringan Listrik di Flores Pascagempa M7,4

PLN berhasil memulihkan seluruh sistem kelistrikan di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pascagempa bumi tektonik 7,4 magnitudo yang mengguncang wilayah tersebut. (Foto: Antara)

PLN berhasil memulihkan seluruh sistem kelistrikan di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pascagempa bumi tektonik 7,4 magnitudo yang mengguncang wilayah tersebut. (Foto: Antara)

NYATANYA.COM, Flores Timur – PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero) berhasil memulihkan seluruh sistem kelistrikan di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pascagempa bumi tektonik 7,4 magnitudo yang mengguncang wilayah tersebut.

“Sistem kelistrikan Pulau Flores saat ini dipasok dari PLTMG Rangko, PLTMG Maumere, PLTP Ulumbu, PLTS Wewaria dan pembangkitan lainnya serta transmisi dalam kondisi aman dan tidak ada pemadaman listrik di Sistem Pulau Flores,” kata Executive Vice President Komunikasi Korporat PLN Agung Murdifi, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (14/12/2021).

Agung mengatakan hanya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ropa yang masih dimatikan, karena terindikasi muka air laut mengalami kenaikan.

Baca juga   Foto: Dampak Gempa di Pasaman Barat

Menurut Agung, sistem kelistrikan di Pulau Flores dan Pulau Alor yang terdampak gempa dalam kondisi aman dan tidak ada pemadaman listrik.

Namun, khusus di wilayah Adonara sempat terjadi gangguan, antarjaringan tegangan menengah bersentuhan saat kejadian.

Untuk wilayah Adonara, sempat mengalami padam, namun sejak pukul 16.00 Waktu Indonesia Tengah (WITA) dari 194 gardu yang terdampak seluruhnya berhasil dinormalkan.

Saat ini, dari total 38.085 pelanggan terdampak telah menikmati aliran listrik PLN kembali. Adapun total pelanggan di seluruh NTT mencapai satu juta pelanggan.

“Kami bersyukur dampak gempa ini pada infrastruktur kelistrikan tidak parah,” ucap Agung.

Baca juga   Kekerasan Jalanan di Yogya Tewaskan 1 Pelajar, Berawal Saling Tantang di Medos

Saat ini, daya mampu sistem kelistrikan Flores mencapai 89,8 megawatt dengan beban puncak 74,4 megawatt, sehingga terdapat cadangan daya sebesar 15,4 megawatt.

Petugas di lapangan tetap bersiaga mengamankan pemasokan kelistrikan dan intensif berkoordinasi dengan dinas dan instansi terkait.

Sebelumnya, gempa bumi bermagnitudo 7,4 terjadi di Larantuka, Flores Timur, NTT memiliki episenter yang terletak pada koordinat 7,59 derajat Lintang Selatan (LS), dan 122,24 derajat Bujur Timur (BB), dengan kedalaman 12 kilometer sekitar pukul 11.20 WITA, Selasa (14/12/2021).

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Tak cuma obat dan vitamin gratis, Pemkot Pekalongan juga membagikan oksigen dan cairan infus bagi warga isoman. (Foto: Diskominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Dari Paket Obat, Oksigen dan Infus Gratis Dibagikan kepada Warga Isoman
Ilustrasi. Foto: Ist/InfoPublik.id

Peristiwa

Kecelakaan Pesawat Derazona Air di Papua, Kemenhub Apresiasi Tim Evakuasi
Foto: ANTARA

Peristiwa

Gunung Merapi Alami 154 Gempa Guguran, Status Masih Siaga
Beberapa desa di Kecamatan Sei Pinang, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan yang mulai terendam banjir. (Foto: MC Kalsel/InfoPublik)

Peristiwa

Banjir Landa Banjar, Dinsos Kalsel Siapkan Relawan Bantu Masyarakat
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa melantik pengurus BPC HIPMI Kabupaten Sleman di Pendopo Parasamya, Kamis (21/10/2021). (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Wabup Danang Maharsa Dorong HIPMI Majukan UMKM di Sleman
Sunanto pemilik warung kopi bersama para pelajar yang memanfaatkan fasilitas wifi untuk mengikuti pembelajaran sekolah yang dilakukan secara daring. (Foto: Diskominfo Kab Boyolali)

Peristiwa

Pandemi, Warung Kopi Ini Jadi Tempat Sekolah Daring
UGM dan Pemkab Temanggung Gelar Vaksinasi Massal Covid-19 di halaman Taman Bambu Runcing, Parakan, Temanggung, Sabtu (19/2/2022). (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

UGM dan Pemkab Temanggung Gelar Vaksinasi Massal Covid-19
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X usai menerima Mantan General Manager PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) IV Cilacap yang saat ini menjabat sebagai Project Manager PT Pertamina Jakarta, Eko Suwarno dan tim, Senin (24/1/2022) di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Sri Sultan Minta Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM untuk Yogyakarta