Home / News

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 07:05 WIB

PMI Bantah Beri Vaksin ke Pejabat Pemkab Klaten

PMI Kabupaten Klaten menyampaikan klarifikasi terkait informasi pejabat Pemerintah Kabupaten Klaten yang mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga. (Foto: Diskominfo Klaten)

PMI Kabupaten Klaten menyampaikan klarifikasi terkait informasi pejabat Pemerintah Kabupaten Klaten yang mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga. (Foto: Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Klaten menyampaikan klarifikasi terkait informasi pejabat Pemerintah Kabupaten Klaten yang mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga. Pihak PMI tidak pernah menerima pengajuan nama-nama pejabat untuk mendapatkan vaksin jenis moderna tersebut.

Ketua PMI Klaten, Purwanto Anggono Cipto mengatakan beredarnya kabar pejabat Pemkab Klaten mendapatkan booster vaksin tersebut sangat disayangkan. Hal ini lantaran masyarakat hanya mengetahui hanya sebagian informasi.

“Kami tidak pernah menerima pengajuan vaksinasi pejabat Pemkab Klaten. Yang diajukan oleh PMI adalah relawan PMI Klaten yang bertugas dalam penanganan pandemi Covid-19,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Jumat (27/8/2021).

Adapun beberapa nama pejabat di lingkungan Pemkab Klaten yang disebutkan dalam pemberitaan media massa, Purwanto menegaskan yang bersangkutan diberikan booster vaksin bukan kapasitasnya sebagai pejabat.

Baca juga   Presiden Uni Emirat Arab dan Prancis Tiba di Bali Hadiri KTT G20

Namun yang bersangkutan merupakan relawan PMI sebagai penunjang medis dalam kegiatan penangan Covid-19 yang digelar PMI Klaten dan memiliki Surat Keterangan (SK) yang diterbitkan institusi PMI sejak penetapan Kabupaten Klaten sebagai KLB Covid-19 tahun 2020 lalu.

“Sama halnya satpam rumah sakit yang beresiko terpapar virus Covid-19, begitu pula relawan PMI yang terjun langsung di lapangan, baik nakes (tenaga kesehatan) maupun penunjang medis. Bahkan tidak semua relawan PMI diberikan vaksin dosis ketiga, tapi yang benar-benar bersinggungan langsung dengan penanganan Covid-19,” paparnya.

Baca juga   Vaksinasi Booster untuk Nakes di Jateng Sudah Dimulai

Ia menyebutkan relawan PMI Klaten yang mendapatkan vaksin dosis ketiga berjumlah 110 orang yang terdiri dari tenaga medis, pengurus harian PMI, dan relawan PMI Klaten yang bertugas dalam penanganan Covid-19. Selain daftar tersebut, PMI tidak menerima nama-nama lain termasuk kalangan pejabat di Kabupaten Klaten.

“Kebetulan yang bersangkutan selain relawan, juga memiliki jabatan di jajaran Pemkab Klaten. Tapi kami bukan mengajukan sebagai pejabat, namun tanggung jawab kami kepada relawan PMI Klaten,” katanya menjelaskan.

Purwanto berharap masyarakat tidak menyebarkan informasi secara tidak lengkap. Terlebih isu tersebut dinilai sensitif bagi masyarakat sehingga dapat memicu kegaduhan yang tidak diperlukan. (*)

Share :

Baca Juga

Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Tangani Covid-19, Anggaran Reguler DIY Capai Rp242 Miliar
Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St.M.K. Foto: Humas Polda Jateng/Tribratanews

News

Polda Jateng Tangkap 66 Tersangka Penimbun BBM Subsidi yang Bikin Negara Rugi Rp11 Miliar, Salah Satunya Oknum ASN
(Foto: ANTARA/Kemenkes)

News

Ternyata Bisa Murah! Kemenkes Tetapkan Tarif Baru Swab RT-PCR
Ketua Tim Gugus Pertembakauan Kabupaten Temanggung, Sri Hariyanto mengatakan, dari pantauan hingga Oktober 2021 ini, di gudang-gudang, proses pembelian masih berlangsung, seperti di PT Gudang Garam. (Foto:MC.TMG)

News

Pemkab Temanggung Ngoyak-oyak Pabrikan Habiskan Tembakau Petani
Bantuan senilai masing-masing Rp1,2 juta itu disalurkan oleh Kodim 0714 kepada 6.500 PKL dan pemilik warung di Semarang dan Salatiga. (Foto:MC Kab Semarang)

News

Ribuan PKL di Semarang dan Salatiga Terima Bantuan Uang Tunai
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Jangan Khawatir tak Punya Ruang Isoman, Pemerintah Siapkan Isoter bagi OTG
Ilustrasi vaksinasi. (Foto: Kemenkes)

News

Vaksinasi Dosis ke-3 di Jakarta Capai 2.2955.423 Orang
Penampakan visual awan panas guguran Gunung Merapi yang terjadi pukul 20.21 WIB. (nyatanya.com/BPPTKG)

News

Gunung Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas Guguran ke Arah Tenggara