Home / Peristiwa

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 15:18 WIB

PMI dan Relawan Gedor Lakon Jaring Pendonor Plasma Konvalesen

Para penyintas ini menjalani screening dan pengambilan sampel darah di PMI Temanggung, Kamis (12/8/2021). (Foto:Diskominfo Kab.Temanggung)

Para penyintas ini menjalani screening dan pengambilan sampel darah di PMI Temanggung, Kamis (12/8/2021). (Foto:Diskominfo Kab.Temanggung)

NYATANYA.COM, Temanggung – Para penyintas Covid-19 di Kabupaten Temanggung yang tergabung dalam ‘Temanggung Covid-19 Survivor’ bekerjasama dengan PMI menjaring puluhan penyintas untuk Gerakan Donor Plasma Konvalesen (Gedor Lakon). Para penyintas ini menjalani screening dan pengambilan sampel darah di PMI Temanggung, Kamis (12/8/2021).

“Banyak orang membutuhkan plasma dan cukup kesulitan mendapatkan, dengan langkah ini kami berharap banyak stok plasma, sehingga apabila ada yang membutuhkan dapat cepat mengakses,” kata panitia kegiatan, Abas Zahrotin.

Antusiasme para peserta yang tinggi juga membuat panitia harus menunda puluhan calon pendonor lainnya. Dari target 15 calon pendonor, ratusan penyintas bersemangat menyumbangkan plasma darahnya.

Baca juga   Live Karikatur Wajah Ramaikan Festival Budaya Nusantara 2022 di Kembanglimus Borobudur

“Akhirnya kami ambil hanya 43 orang. Sisanya menyusul diminggu berikutnya. Dari 43 itu, yang lolos untuk diambil sampel 33 orang,” papar pria yang juga Ketua HIPMI Temanggung ini.

Kepala UDD PMI Temanggung dr Ismi Prasastawati mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan kolektif yang diselenggarakan PMI, penyintas Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, RSUD Djojonegoro, PKU Muhammadiyah, RS Gunung Sawo dan RS Ngesti Waluyo.

“Tadinya hanya koordinasi saja dengan penyintas. Ternyata responnya bagus, kami tindaklanjuti dengan kegiatan ini. Dan kalau antusiasme terus tinggi, kami agendakan secara rutin,” paparnya.

Baca juga   Pemkab Kulon Progo Uji Coba Pembukaan Kawasan PKL Alun-Alun

Ia mengatakan, proses pengambilan sampel akan ditindaklanjuti dengan pengambilan plasma darah pada beberapa hari kedepan setelah sampel dilakukan tes laboratorium.

“Kita akan kirim calon pendonornya ke Solo. Pengambilannya disana,” lanjutnya.

Salah seorang calon pendonor, Ragil Supriyo Mulyanto mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih dengan kegiatan ini. Menurutnya dengan kegiatan ini masyarakat penyintas yang ingin mendonor dapat terfasilitasi.

“Banyak yang ingin mendonor, tetapi tidak tahu harus bagaimana. Dengan ini sangat mempermudah,” tandas ASN di Balai Besar Kartini, Kementerian Sosial ini. (*)

Share :

Baca Juga

Foto ilustrasi. Tim Kubur Cepat (TKC) saat melakukan tugas kemanusiaan. Meskipun kasus kematian akibat Covid-19 hingga saat ini mengalami penurunan. Relawan di tingkat Kelurahan dan Kemantren juga telah menyiagakan Tim Kubur Cepat (TKC). (Foto: Dok.Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Meski Kematian Turun, Satgas Wilayah Siaga Kenaikan Kasus Covid-19
Serma Acip berikan pendampingan saat pelaksanaan vaksinasi tahap dua di Kelurahan Balecatur. (Foto: dokumentasi Koramil Gamping)

Peristiwa

Serma Acip Dampingi dan Pantau Prokes Vaksinasi di Kelurahan Balecatur
Panitia Hari Ibu saat audiensi dengan GKR Hemas di Keraton Kilen, Jumat (3/12/2021). (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

DIY Tuan Rumah Puncak Peringatan Hari Ibu 22 Desember 2021
Foto: ANTARA

Peristiwa

Sensor Alarm Gagalkan Upaya Pelarian Narapidana di Padang
Yogyakarta, Senin (17/1/2022) menyasar 600 warga lansia dari Kelurahan Giwangan dan Pandeyan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Antusiasme Warga Lansia Yogya Ikut Vaksinasi Booster
Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Sungai Bakau Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, kembali terjadi. Titik api muncul dari lokasi yang baru beberapa jam dipadamkan. (Mitra Diskominfo Kalteng)

Peristiwa

Baru Dipadamkan, 30 Hektare Lahan di Sungai Bakau Kembali Terbakar
Bupati Boyolali M. Said Hidayat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Berhasil Menekan Kasus Covid-19, Gerakan Boyolali di Rumah Saja Diperpanjang
Salah satu program kreatif yang dilakukan oleh tim mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 tahun 2021 ISI Surakarta di SMP Negeri 15 Surakarta, diantaranya dengan membidani lahirnya majalah sekolah yang bernama RETORIKA (Rekaman Tulisan Opini Kreatif Libelska). (Foto: Dok.ISI Surakarta)

Peristiwa

Tim Mahasiswa Kampus Mengajar ISI Surakarta di SMPN 15 Inisiasi Majalah Sekolah