Home / Peristiwa

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 15:18 WIB

PMI dan Relawan Gedor Lakon Jaring Pendonor Plasma Konvalesen

Para penyintas ini menjalani screening dan pengambilan sampel darah di PMI Temanggung, Kamis (12/8/2021). (Foto:Diskominfo Kab.Temanggung)

Para penyintas ini menjalani screening dan pengambilan sampel darah di PMI Temanggung, Kamis (12/8/2021). (Foto:Diskominfo Kab.Temanggung)

NYATANYA.COM, Temanggung – Para penyintas Covid-19 di Kabupaten Temanggung yang tergabung dalam ‘Temanggung Covid-19 Survivor’ bekerjasama dengan PMI menjaring puluhan penyintas untuk Gerakan Donor Plasma Konvalesen (Gedor Lakon). Para penyintas ini menjalani screening dan pengambilan sampel darah di PMI Temanggung, Kamis (12/8/2021).

“Banyak orang membutuhkan plasma dan cukup kesulitan mendapatkan, dengan langkah ini kami berharap banyak stok plasma, sehingga apabila ada yang membutuhkan dapat cepat mengakses,” kata panitia kegiatan, Abas Zahrotin.

Antusiasme para peserta yang tinggi juga membuat panitia harus menunda puluhan calon pendonor lainnya. Dari target 15 calon pendonor, ratusan penyintas bersemangat menyumbangkan plasma darahnya.

Baca juga   Kader PKK Didorong Aktif Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19

“Akhirnya kami ambil hanya 43 orang. Sisanya menyusul diminggu berikutnya. Dari 43 itu, yang lolos untuk diambil sampel 33 orang,” papar pria yang juga Ketua HIPMI Temanggung ini.

Kepala UDD PMI Temanggung dr Ismi Prasastawati mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan kolektif yang diselenggarakan PMI, penyintas Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, RSUD Djojonegoro, PKU Muhammadiyah, RS Gunung Sawo dan RS Ngesti Waluyo.

“Tadinya hanya koordinasi saja dengan penyintas. Ternyata responnya bagus, kami tindaklanjuti dengan kegiatan ini. Dan kalau antusiasme terus tinggi, kami agendakan secara rutin,” paparnya.

Baca juga   Nanas Benggolo, Jadi Andalan Komoditas Desa Kembanglimus

Ia mengatakan, proses pengambilan sampel akan ditindaklanjuti dengan pengambilan plasma darah pada beberapa hari kedepan setelah sampel dilakukan tes laboratorium.

“Kita akan kirim calon pendonornya ke Solo. Pengambilannya disana,” lanjutnya.

Salah seorang calon pendonor, Ragil Supriyo Mulyanto mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih dengan kegiatan ini. Menurutnya dengan kegiatan ini masyarakat penyintas yang ingin mendonor dapat terfasilitasi.

“Banyak yang ingin mendonor, tetapi tidak tahu harus bagaimana. Dengan ini sangat mempermudah,” tandas ASN di Balai Besar Kartini, Kementerian Sosial ini. (*)

Share :

Baca Juga

Plh Dirjen Bina Adminitrasi Kewilayahan, Suharjo Diantoro mengatakan dengan jumlah tenaga vaksinator yang mencapai 500 orang, Kabupaten Klaten diperkirakan dapat mencapai mencapai target dalam tiga bulan. (Foto:Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Percepatan Vaksinasi, Kemendagri Kunjungi Klaten
Pelakasanaan vaksinasi di gerai vaksin Polres Boyolali. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Polres Boyolali Buka Gerai Vaksin untuk Masyarakat
Walikota Surakarta meninjau pelaksanaan vaksinasi di Mall Solo Paragon. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Stok Melimpah, Surakarta Ngebut Vaksinasi
Bupati Batang Wihaji melakukan sidak di PT Cheiljedang. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Pabrik Pakan Ternak Diminta Utamakan Bahan Lokal
Ilustrasi hotel di Yogya di tengah pemberlakukan PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Peristiwa

PPKM Darurat Diperpanjang, Pengusaha Hotel di DIY Kekurangan ‘Oksigen’
Pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat Kabupaten Boyolali masih terus dikebut oleh Dinkes, ditargetkan Agustus capai 50 warga Boyolali divaksin. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Terus Dikebut, Vaksinasi Boyolali Baru 34 Persen
Satpol PP Kota Yogyakarta melakukan pemeriksaan acak terkait dokumen kesehatan untuk protokol kesehatan untuk mencegah sebaran Covid-19 di salah satu tempat khusus parkir wisata. (Foto:nyatanya.com/Pemkot Yogya)

Peristiwa

Perketat PPKM Mikro, Jam 8 Malam Resto dan Kafe Harus Tutup
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

Peristiwa

DIY Raih 3 Kategori Penghargaan BKN Award 2021