Home / Peristiwa

Kamis, 17 Juni 2021 - 10:14 WIB

PMI Jateng Penuhi Kebutuhan Plasma Konvalesen Hingga 91%

Ilustrasi:nyatanya.com

Ilustrasi:nyatanya.com

NYATANYA.COM, Kendal – Sejak pandemi Covid-19 terjadi sekitar Maret 2020 hingga sekarang, PMI Jawa Tengah mendapatkan permintaan plasma konvalesen dari masyarakat sebanyak 11.197 kantong. Permintaan itu dapat terpenuhi sebanyak 10.136 kantong atau sekitar 91 persen. Pendonor berasal dari Kota Surakarta, Kota Semarang dan Kabupaten Banyumas.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, yang juga menjadi Dewan Kehormatan PMI Jawa Tengah, saat Pelantikan Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kabupaten Kendal Masa Bakti 2021-2026, di Gedung Abdi Praja Setda Kendal, Rabu (16/6/2021).

Baca juga   Bayi Penderita Hidrosefalus di Sawangan Butuh Bantuan

Menurut Gus Yasin, sapaan akrabnya, PMI Jawa Tengah terus berupaya untuk dapat memenuhi semua kebutuhan plasma konvalesen. Sayangnya, banyak penyintas Covid-19 yang masih ragu untuk mendonorkan darahnya karena khawatir dengan kondisi kesehatannya.

“Masyarakat itu masih punya gambaran, saya kan baru sembuh. Kenapa saya harus mendonorkan darah? Bagaimana dengan kesehatan saya? Nah ini perlu kita sampaikan bagaimana efek (donor plasma konvalesen) ketika kita setelah sembuh,” paparnya.

Baca juga   Sebanyak 50.802 Keluarga di Kabupaten Sukoharjo Terima BST, Ingat Prokes!

Gus Yasin berharap PMI bisa ikut mengatasi masalah itu dengan memberikan edukasi tentang donor pada masyarakat. Wagub juga mengapresiasi Bupati Kendal Dico Ganinduto yang merangkul PMI untuk bekerja kolaboratif, mulai dari upaya pencegahan hingga penanganan Covid-19, termasuk dalam penyediaan plasma konvalesen. (*)

Share :

Baca Juga

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa saat melakukan peninjauan vaksinasi massal di Gereja Katolik Paroki ST Yoseph Medari. (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Paroki ST Yoseph Medari Gelar Vaksinasi Massal
Warga Wadas yang selama ini menerima beragam ancaman mengadu ke Gubernur Jateng. (Foto: nyatanya.com/ahmad zain)

Peristiwa

Warga Wadas : “Kami Diancam Mau Dibunuh Kalo Tetap Dukung Bendungan Bener…”
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X membuka gelaran Jogja International Batik Biennale. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

JIBB 2021 Resmi Dibuka, Angkat Batik Sebagai Filosofi Tanpa Batas
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti meresmikan Mal Pelayanan Publik di kompleks Balaikota. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Mal Pelayanan Publik, One Stop Services-nya Pemkot Yogya
Masjid Raya Baiturrahman mulai direnovasi. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Telan Anggaran Rp84 miliar, Masjid Raya Baiturrahman Semarang Direnovasi
Puskesmas Bambanglipuro menggelar vaksinasi untuk ibu hamil di seluruh Kapanewon Bambanglipuro. (Foto: Humas Kab.Bantul)

Peristiwa

Ibu Hamil di Kapanewon Bambanglipuro Terima Vaksin
Seorang pengendara yang terekam melanggar marka langsung mendapat peringatan dari ATCS voice yang dipasang Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dengan diminta mundur di belakang garis marka di simpang Sentul. (Foto:nyatanya.com/Dishub Kota Yogya)

Peristiwa

Awas! Langgar Marka Langsung Ditegur ATCS Voice
Bupati Kulonprogo menyerahkan secara simbolis rumah bantuan GKPY kepada Warji. (Foto: Humas Pemkab Kulonprogo)

Peristiwa

GKPY Wujudkan Mimpi Warji Miliki Rumah Sendiri