Home / Peristiwa

Senin, 23 Agustus 2021 - 12:43 WIB

PMI Kota Magelang Siap Layani Donor Plasma Konvalesen

NYATANYA.COM, Magelang – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang siap melayani penyintas Covid-19 yang akan mendonorkan plasma konvalesennya. Mereka juga melayani permintaan plasma konvalesen, yang saat ini sudah tersedia enam kantong.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Magelang, Bramantyo Angga Kesuma mengatakan, pelayanan akan dimulai pada Senin (23/8/2021) sore. Namun, ada beberapa proses pemeriksaan sebelum plasma konvalesen dapat digunakan oleh pasien.

“Hari ini sudah mulai proses pengambilan donornya. Ada enam kantong (darah), tapi masih harus melalui beberapa proses pemeriksaan dulu. Hasilnya baru siap besok sore (hari ini),” ujar Bramantyo, Minggu (22/8/2021).

Bramantyo menjelaskan, donor darah plasma konvalesen merupakan salah satu metode imunisasi pasif, yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19, kepada pasien Covid-19 yang sedang dirawat. Untuk itu, dia mengajak para penyintas Covid-19 agar menjadi pendonor plasma konvalesen.

Baca juga   Distan Pangan Antisipasi Dampak Hujan Abu Vulkanik Merapi

“Pasien yang membutuhkan bisa langsung ajukan permintaan ke kami. Untuk pemberiannya tergantung ketersediaan stok. Kalau tidak ada stok, maka kami akan coba carikan pendonornya,” kata Bramantyo.

Pihaknya sudah menjadwalkan donor plasma konvalesen ini setiap Selasa, Rabu, Sabtu, dan Minggu pukul 08.00-21.00 WIB. Pendonor datang langsung ke UDD PMI Kota Magelang dengan membawa hasil swab positif dan hasil swab negatif, atau surat keterangan selesai isolasi.

“Nanti di UDD kami akan lakukan beberapa pemeriksaan awal. Apabila memenuhi syarat, maka lanjut ke proses donor. Karena keterbatasan alat, kami juga mengirimkan beberapa pemeriksaan ke UDD PMI Kota Semarang,” jelasnya.

Baca juga   Jangan Abai, Jangan Lalai, Pakai Masker Harga Mati!

Ditambahkan, proses donor sama seperti donor darah biasanya. Hanya, volume darah yang diambil lebih banyak, yakni 450 ml, sedangkan donor darah biasa hanya 350 ml.

“Waktu donasinya maksimal tiga bulan setelah sembuh dan jarak antardonasi dua bulan. Agar banyak pendonor yang mau mendonorkan darah plasma konvalesennya, kami akan berikan reward berupa voucher pulsa Rp100.000 bagi yang memenuhi syarat,” paparnya.

Telah siapnya PMI Kota Magelang dalam menerima permintaan darah plasma konvalesen, dibenarkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, Intan Suryahati.

“Insyaallah mulai besok (hari ini) sudah bisa melayani permintaan darah plasma konvalesen. Sementara baru ada enam kantong. Mohon yang berkenan untuk donor menghubungi PMI, semoga menjadi berkah,” ujar Intan. (*)

Share :

Baca Juga

Warga Pekalongan terdampak Covid-19 mulai peroleh bantuan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Ratusan Paket Bantuan untuk Warga Pekalongan Disalurkan
Babinsa Koramil Tegalrejo distribusikan obat dan vitamin kepada warga. (Foto: dokumentasi Koramil Tegalrejo)

Peristiwa

Babinsa Koramil Tegalrejo Bagikan Obat dan Vitamin Gratis
Karang Taruna Kota Yogyakarta membentuk tim pemulasaran jenazah Covid-19 khusus wanita yang bernama Srikandi Karang Taruna Jogja. (Foto:Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Srikandi Karang Taruna Jogja Bantu Pemulasaran Jenazah Wanita
Bupati Temanggung HM Al Khadziq ajak siswa memilah sampah untuk menjaga lingkungan hidup. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

World Cleanup Day, Siswa di Temanggung Pilah Sampah
Pelakasanaan vaksinasi di Desa Madu Kecamatan Mojosongo. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab.Boyolali)

Peristiwa

Warga Lereng Merapi Terima Vaksinasi Tahap Kedua
Bupati Magelang Zaenal Arifin sangat mengapresiasi kinerja AKBP Ronald Ardiyanto Purba saat menjabat sebagai Kapolres Magelang. (Foto:Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Bupati Apresiasi Kinerja Kapolres Ronald Selama Bertugas di Magelang
Ketua Dekranasda Wonosobo, Dyah Afif Nurhidayat, menjelaskan, hak kekayaan intelektual. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

Peristiwa

Perajin Batik Didorong Patenkan Merek Dagang Lewat HKI
Heroe Poerwadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang diinisiasi oleh shelter mandiri Warungboto Tangguh. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Shelter Mandiri Warungboto Tangguh Gelar Vaksinasi Massal