Home / Peristiwa

Kamis, 19 Agustus 2021 - 07:06 WIB

PMI Purbalingga Terima Bantuan Konsentrator Oksigen

PMI Purbalingga menerima bantuan konsentrator oksigen dari PMI Pusat. (Foto: Diskominfo Purbalingga)

PMI Purbalingga menerima bantuan konsentrator oksigen dari PMI Pusat. (Foto: Diskominfo Purbalingga)

NYATANYA.COM, Purbalingga – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purbalingga menerima bantuan dua unit alat konsentrator oksigen dan 2.000 lembar masker kain dari PMI Pusat, Selasa (17/8/2021).

Selain bantuan alat tersebut, PMI Purbalingga Pusat juga menerima bantuan peralatan tabung oksigen dari PMI Provinsi Jawa Tengah.

Sekretaris Jenderal PMI Pusat, Sudirman Said, mengungkapkan, peralatan konsentrator oksigen tersebut merupakan sumbangan dari organisasi palang merah (red cross) Singapura. Peralatan yang menghasilkan oksigen tanpa harus mengisi ulang itu selanjutnya didistribusikan ke Markas PMI di seluruh Indonesia.

Sudirman berharap peralatan tersebut dapat dimanfaatkan untuk membantu penanganan Covid-19, termasuk di wilayah Purbalingga.

“PMI memang bukan yang di depan penanganan Covid, tetapi PMI terus mendukung tenaga medis dan para pihak dalam penanganan Covid,” kata Sudirman.

Baca juga   Keterisian Tempat Tidur Pasien Covid-19 di Magelang Terus Berkurang

Ditambahkan, pemberian bantuan dari Singapura tersebut merupakan wujud kepercayaan negara lain terhadap PMI. Oleh karena itu, seluruh jajaran PMI diharapkan dapat menjaga reputasi baik PMI.

“PMI bisa hidup jika masyarakat percaya. Oleh karenanya mari kita jaga reputasi PMI yang sudah baik mulai dari tingkatan bawah hingga pusat. Reputasi tidak hanya di Indonesia saja, tetapi di dunia internasional,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua PMI Purbalingga, Drg Hanung Wikantono, mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih atas dukungan PMI Pusat dan PMI Jateng atas bantuan peralatan untuk penanganan Covid. Pihaknya juga menyampaikan beberapa fasilitas lain yang dibutuhkan demi melayani masyarakat.

Baca juga   Bidan Desa Door to Door Pantau Pasien Covid-19

“Menjelang musim kemarau, kami juga masih membutuhkan truk tangki air guna membantu warga masyarakat yang kekurangan air bersih. Kami telah dipinjami tangki oleh PMI Jateng, dan sangat bermanfaat,” kata Hanung.

Terkait penanganan Covid-19, imbuhnya, PMI Purbalingga melalui Unit Donor Darah, sejak Bulan Februari 2021 telah ikut berpartisipasi dalam pemenuhan kebutuhan plasma konvalesen.

Metode yang digunakan masih konvensional dengan mengolah darah utuh (whole blood) dari para penyintas Covid-19 menjadi komponen-komponen darah.

“Selanjutnya diolah dengan alat refrigerator centrifuge, sehingga menghasilkan komponen trombosit, packed red cell (PRC), dan plasma darah yang mengandung antibodi sel Covid-19,” kata Hanung. (*)

Share :

Baca Juga

Kegiatan operasi digelar guna menekan angka penularan Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sukoharjo)

Peristiwa

Pengusaha Kuliner Diminta Patuhi Batas Operasional PPKM Level 4
Penandatanganan serah terima hibah tanah Pemerintah Kota Salatiga dan IAIN Salatiga. (Foto:Diskominfo Salatiga)

Peristiwa

Pemkot Salatiga Terima Hibah Tanah dari IAIN Salatiga
ilustrasi:nyatanya.com

Peristiwa

Pendaftaran Ditutup, Pelamar CASN Kabupaten Magelang Tembus 11 Ribu Orang
Logo Provinsi Jawa Tengah. (Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

MUI Jateng Ajak Umat Muslim Salat Idul Adha di Rumah, Ini Naskah Khotbahnya
Rumah Pembinaan Carolus Borromeus (RPCB) Syantikara. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Suster CB Peduli, Syantikara Jadi Shelter Isolasi Covid-19
Ganjar Pranowo saat ngobrol dengan Karman, petani tembakau asal Wonosobo yang menjemur hasil panennya di wilayah Temanggung. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Asyik Jemur Tembakau, Karman Terkejut Didatangi Ganjar
Vaksinasi Wisata digelar dalam rangka optimalisasi vaksinasi massal Covid-19 kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di DIY. (Foto:nyatanya.com?Humas Pemda DIY)

Peristiwa

‘Vaksinasi Wisata’ bagi Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Digelar di Jogja Bay
Serma Hartono bersama perangkat Kelurahan Kricak diskusi terkait meningkatnya kasus Covid-19. FOTO : nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Kasus Covid-19 Naik, Babinsa Koramil Tegalrejo Gelar Rapat Bareng Unsur Kelurahan