Home / Panggung

Rabu, 28 Juli 2021 - 22:43 WIB

Poejiyanto, Jagonya ‘On The Spot’ Karikatur Wajah

Poejiyanto. (Foto:nyatanya.com/Dokumentasi Pribadi)

Poejiyanto. (Foto:nyatanya.com/Dokumentasi Pribadi)

NYATANYA.COM, Magelang – Berbicara karikatur wajah, yang ada di benak kita terbayang wajah yang di’pletat-pletotkan’ sedemikian rupa menjadi wajah yang kartunal. Lucu, bikin gemes, tapi ada juga yang protes, kenapa menjadi jelek?

Pertanyaan seperti ini pula yang sering dijumpai saat Poejiyanto on the spot karikatur wajah di banyak event. Meski begitu menurut sang kartunis, lebih banyak yang suka dari pada yang protes.

“Disinilah lucunya. Yang pasti menyenangkan dan menantang,” terang Poejiyanto saat bincang santai dengan nyatanya.com, Rabu (28/7/2021).

Salah satu karya Poejiyanto. (Foto:nyatanya.com/Dokumentasi Pribadi)

Poejiyanto sendiri dikenal sebagai kartunis yang jago mengambar karikatur wajah dalam waktu singkat alias on the spot, istilah keren yang kerap dipakai para kartunis atau pelukis tatkala melakukan aktivitas berkarya dalam waktu singkat dan cepat.

Berbeda dengan kartunis lainnya, yang banyak berkonsentrasi menggambar kartun untuk kemudian dikirim ke media cetak, atau di sejumlah kompetisi. Poejiyanto lebih memilih on the spot karikatur wajah.

Baca juga   ARTJOG MMXXI Time (to) Wonder Berakhir Hari Ini

“Ya sejak awal saya memang menekuni karikatur wajah, yang pasti ada tantangan tersendiri. Bagaimana memindahkan wajah ke dalam lembaran kertas dalam tempo singkat, ini menantang lho,” imbuh Poejiyanto.

Poejiyanto yang lahir di Magelang 18 Agustus 1978 ini mengaku mulai menekuni karikatur wajah sejak masih menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) Yogyakarta. Dan berlanjut sampai sekarang, sejalan dengan kematangannya menggoreskan mata pena menjadi karya yang banyak ‘ditertawakan’ konsumennya, karena lucu dan bikin gemes.

Poejiyanto saat ‘on the spot’ karikatur dalam sebuah event. (Foto:nyatanya.com/Dokumentasi Pribadi)

Di studionya, ‘Omah Karikatur’ di Dusun Kauman Rt 02 Desa Jamuskauman Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang, Poejiyanto banyak menerima job karikatur wajah secara online.

Baca juga   Prambanan Jazz Festival 2021, Lagi-lagi Digelar Secara Virtual

“Dari dulu sih banyak yang pesan lewat onlie. Jadi saat pandemi seperti sekarang ini nggak kagetlah, rasanya sudah terbiasa online. Tapi untuk on the spot di acara-acara memang sedikit berkurang dibanding sebelum pandemi,” papar Poejiyanto.

Aktivitas berkeseniannya memang tak melulu ‘on the spot’. Poejiyanto juga aktif berpameran bersama kartunis lain di banyak event, seperti Pameran Karikatur “Anti Korupsi” di KPK (2014). ISCA ( International Society of Caricature Artist ) Singapura Chapter (Minicon) tahun 2015.

Juga Many Nominated On Online Caricature International Contest pada 2017. Pameran Kartun Borobudur Cartoonist Forum 1, Jogja cartoon exhibition di Galeria mall Yogyakarta (2018), juga live karikatur on the spot “Tribut to Djaduk Ferianto” 2019 silam. (N1)

Share :

Baca Juga

Topik Sudirman dan Dory Harsa berkolaborasi lewat lagu Piyambakan. (Foto:nyatanya.com/YouTube Dory Harsa Music)

Panggung

Berdua, Dory Harsa dan Topik Sudirman Rilis ‘Piyambakan’
Mahalini 'Melawan Restu'. (Foto: YouTube HITS Record)

Panggung

‘Melawan Restu’ Mahalini Teratas di Indonesian Top Hits
alam satu karya yang dipamerkan kelompok ‘Anti Sport-Sport Club’ di Stonemilk Ward, Yogyakarta. (Foto: dokumentasi antisport-sportclub)

Panggung

Menumpuk Kegelisahan Pandemi, Kelompok ‘Anti Sport – Sport Club’ Pameran Seni Rupa
Showbizdeal bisa dibilang seperti halnya marketplace untuk dunia entertainment. (Foto:agoes jumianto)

Panggung

Showbizdeal, Platform Anyar Dunia Entertainment Indonesia
Regeneration #2 karya Deddy PAW. (Foto:nyatanya.com/MayinArt)

Panggung

Pameran Seni dan Launching Gallery MayinArt Indonesia “If Walls Could Speak”
Topeng Kekasih, komedi Jedink Production. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Panggung

Usung Lakon Topeng Kekasih, Komedi Jedink Masuki Episode 34
Ndarboy Genk. (Foto: Instagram @ndarboy_genk)

Panggung

“Ambyar Mak Pyar” Ini Lagu Baru Ndarboy Genk
Denny Caknan dan Happy Asmara. Foto: nyatanya.com/IG happy_asmara77

Panggung

Happy Asmara Ternyata Lupa Tanggal Jadiannya dengan Denny Caknan