Home / News

Rabu, 27 Maret 2024 - 10:31 WIB

Polairud Polda NTT Gagalkan Pelakui Usaha Bom Ikan di Perairan NTT

Ilustrasi. (Pixabay)

Ilustrasi. (Pixabay)

NYATANYA.COM, Flores Timur – Personel Direktorat Polairud Polda NTT berhasil menangkap nelayan asal Desa Gerak Makmur Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, bernama Juma (46) di perairan Delang, Kabupaten Flores Timur, NTT, Senin (25/3/2024).

Juma diamankan oleh crew KP XXII – 2004 dan KP XXXII-3003 karena kedapatan memiliki dan membawa bahan peledak detonator untuk menangkap ikan.

Penangkapan ini terjadi saat patroli dilakukan dan kegiatan sambang terhadap masyarakat nelayan di pesisir pantai Delang.

Direktur Polairud Polda NTT, Kombes Pol Irfan Deffi Nasution, S.I.K., M.H., membenarkan kejadian tersebut dan menyatakan bahwa Juma diduga membawa bahan peledak untuk menangkap ikan.

Baca juga   Polisi Periksa Perawat yang Lakukan Perbuatan Asusila kepada Anak Pasien di Kupang

“Barang bukti berupa dua kotak detonator berhasil diamankan bersama dengan Juma,” ujar Irfan Deffi.

Berawal dari Informasi yang diberikan oleh masyarakat Crew KP XXII-2004 mendapat laporan dan langsung melakukan koordinasi dengan pihak keamanan setempat.

Setelah penggeledahan, barang bukti dan Juma dibawa ke Markas Unit Polairud Flores Timur untuk proses hukum lebih lanjut.

Polisi berhasil mengamankan dua kotak detonator berisi 200 batang, uang tunai sebesar Rp3.950.000, satu tas warna biru, dan satu handphone merk Samsung sebagai barang bukti.

Juma dijerat dengan pasal 1 ayat (1) Undang-undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 tentang senjata tajam, senjata api, dan bahan peledak, dengan ancaman hukuman hingga 20 tahun penjara, penjara seumur hidup, atau hukuman mati.

Baca juga   KKP Amankan Lima Pelaku Bom Ikan di Morowali

Direktur Polairud Polda NTT itu mengungkapkan bahwa Juma menggunakan bahan peledak tersebut untuk menguntungkan dirinya sendiri dengan menggunakan bom ikan rakitan.

“Saat ini masih dalam proses penyidikan lebih lanjut,” lanjutnya.

Penangkapan Juma menunjukkan komitmen dari Direktorat Polairud Polda NTT dalam menjaga keamanan di perairan dan mencegah tindakan ilegal yang dapat merugikan lingkungan dan keberlangsungan sumber daya laut. (N1)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi/nyatanya.com)

News

Meski Kasus Covid-19 Mulai Turun, 3 Daerah di DIY Ini Masih Butuh Perhatian
Mulai 2 Agustus 2021 BASARNAS berkantor di Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Dukung KSPN Borobudur, BASARNAS Berkantor di Magelang
Pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese membahas lima peluang kerja sama penting ketika bertemu di Istana Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar) pada Senin (6/6/2022). Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Jokowi dan PM Australia Anthony Albanese Bahas Lima Peluang Kerja Sama

News

Sistem Satu Arah Selesai, Lalin Tol Jakarta – Cikampek Kembali Beroperasi Normal
Secara total, hingga 29 November 2021, total kasus varian Omicron yang terlaporkan telah mencapai 159 kasus dari 14 negara. (Foto: antaranews.com)

News

Waspada Varian Omicron, Masyarakat Diminta Tingkatkan Prokes
Petugas BPBD Kabupaten Pasuruan melakukan evakuasi warga terdampak banjir di Kab. Pasuruan. (Foto: BPBD Kab. Pasuruan)

News

Sempat Surut, Banjir Kepung Enam Kecamatan di Kabupaten Pasuruan
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Hari Ini 3.378 Kasus Covid-19 di DIY Sembuh
Sebagai antisipasi untuk membantu pelayanan dan konsultasi seputar PPDB, Dindikpora Kabupaten Temanggung menyediakan empat helpdesk. (Foto: MC.TMG)

News

Bantu Permasalahan Seputar PPDB, Dindikpora Temanggung Sediakan Helpdesk