Home / News

Minggu, 27 Februari 2022 - 00:06 WIB

Polda Banten Tangkap Penimbun Minyak Goreng di Lebak, Barang Buktinya Banyak Banget

Kapolres Lebak AKBP Wiwin Setiawan (kanan) bersama Kasat Reskrim AKP Rusmono (kiri) memperlihatkan tumpukan kardus berisi minyak goreng kemasan 2 liter yang diamankan polisi dari sebuah gudang di Kampung Kempeng, Desa Cempaka, Warunggunung, Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (26/2/2022). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/foc/InfoPublik.id)

Kapolres Lebak AKBP Wiwin Setiawan (kanan) bersama Kasat Reskrim AKP Rusmono (kiri) memperlihatkan tumpukan kardus berisi minyak goreng kemasan 2 liter yang diamankan polisi dari sebuah gudang di Kampung Kempeng, Desa Cempaka, Warunggunung, Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (26/2/2022). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/foc/InfoPublik.id)

NYATANYA.COM, Lebak – Satreskrim Polres Lebak, Polda Banten menangkap terduga penimbun minyak goreng di sebuah rumah di Kampung Kempeng, Desa Cempaka, Warunggunung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Sabtu (26/2/2022) pukul 11.00 WIB.

Pengungkapan kasus dugaan penimbunan minyak goreng ini berawal dari informasi masyarakat yang kemudian ditindaklanjuti oleh Satreskrim Polres Lebak dengan mendatangi tempat kejadian perkara (TKP).

“Saat petugas mendatangi lokasi, ditemukan sopir dan pemilik barang sedang menurunkan kardus berisi minyak goreng ke dalam gudang. Setelah dicek, ternyata tidak memiliki perizinan usaha yang lengkap,” kata Kabid Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga dalam konferensi pers, Sabtu (26/2/2022).

Dia menjelaskan polisi menemukan dua ribu kardus minyak goreng dengan variasi kemasan dua liter dan satu liter. Total barang bukti yang disita sebanyak 24 ribu liter minyak goreng.

Baca juga   Foto: Antre Minyak Goreng di Madium

“Selain minyak goreng, penyidik juga menyita satu unit tronton Hino yang digunakan sebagai alat angkut,” tambah Shinto.

Dijelaskan Shinto, pelaku MK (31) membeli sekardus minyak goreng seharga Rp164 ribu ditambah biaya pengantaran barang ke Warunggunung Rp2 ribu per kardus.

MK kemudian menjual minyak goreng tersebut secara canvasing ke warung atau toko lainnya di Rangkasbitung dan wilayah Lebak dengan harga Rp170 ribu hingga Rp175 ribu per kardus.

Selain itu, MK juga melayani penjualan eceran di rumah miliknya dengan harga Rp14.500 sampai Rp15 ribu per liter.

“MK mendapatkan keuntungan Rp500 sampai Rp1.000 per liter minyak goreng,” ucap Shinto.

Perwira menengah Polri itu menambahkan MK mendapatkan minyak goreng tersebut dari salah satu toko yang berlokasi di Serang, Banten. Saat ini, kata Shinto, Satreskrim Polres Lebak masih mendalami kasus tersebut.

Baca juga   Dugaan Kasus Ekspor Minyak Goreng Naik ke Tahap Penyidikan

“Kami akan melakukan pemeriksaan kepada pemilik toko yang sudah menjual minyak goreng tersebut kepada MK, karena MK bukanlah jalur distribusi minyak goreng ini,” ujar Shinto.

MK akan dikenakan Pasal 133 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dengan ancaman pidana penjara paling lama tujuh tahun atau denda paling banyak Rp100 miliar.

Dalam kesempatan itu, Shinto mengatakan bahwa Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto memerintahkan fungsi reskrim di Polda dan Polres jajaran untuk tegas menindak para spekulan penimbun bahan pokok yang berorientasi mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

“Kapolda Banten memerintahkan jajarannya untuk tegas menindak para spekulan penimbun bahan pangan pokok untuk mendapatkan keuntungan yang besar,” pungkas Shinto.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi. (Foto: Agoes Jumianto)

News

Lebihi Aceh, Potensi Tsunami di Pesisir Selatan Jawa Capai 34 Meter, Ini Penjelasan Pakar BRIN
Pembukaan kelas pertama offline yang digelar di Pendopo Kabupaten, Kamis (28/10/2021). Tak kurang dari 40 pelaku usaha Wonosobo yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia tampak antusias mengikuti SPM yang dibuka langsung oleh Bupati Afif Nurhidayat. (Foto:Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo)

News

Kelas Pertama Dibuka, Wonosobo Kini Punya Sekolah Pasar Modal
Ketua DPR Republik Indonesia, Puan Maharani hadir secara virtual pada Rapat Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk F Paulus pada Selasa (15/2/2022). (Foto: Biro Humas DPR)

News

DPR Setujui Delapan UU, Puan Maharani: Pandemi Tetap Produktif
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Magelang Hari Ini: Kasus Baru Covid-19 Tambah 11 Orang, 18 Pasien Sembuh, 2 Meninggal
Foto: Istimewa

News

Kebut Digitalisasi, Telkom Buka Lowongan 11 Bidang Pekerjaan untuk 250 Posisi
Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog Mokhamad Suyamto menegaskan bahwa dana Bulog siap untuk menyerap beras petani berapa pun jumlahnya. Foto: Ist/InfoPublik

News

Jaga Stok, Bulog Siapkan Anggaran Triliunan Rupiah Serap Beras Petani
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menemukan fakta yang mengejutkan saat mengecek pembangkit listrik di Pulau Parang, Ganjar menemukan ratusan baterai mati sehingga mengganggu pasokan listrik di wilayah terluar Jawa Tengah. (Foto: Humas Jateng)

News

Ratusan Baterai Mati, Pasokan Listrik Pulau Parang Terganggu
PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang melakukan rapat pleno secara daring. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Muhammadiyah Imbau Warga Salat Idul Adha di Rumah