Home / Peristiwa

Kamis, 24 November 2022 - 17:25 WIB

Polda Jatim Gagalkan Peredaran 36 Kg Sabu dan 15 Ribu Butir Ekstasi di Jawa Timur

Foto: Bidhumas Polda Jatim

Foto: Bidhumas Polda Jatim

NYATANYA.COM, Surabaya – Polda Jatim bersama dengan Polrestabes Surabaya berhasil menggagalkan peredaran 36 kg narkotika jenis sabu dan 15 ribu ekstasi.

Dalam operasi yang berjalan kurang lebih dua bulan tersebut, polisi menangkap tujuh orang tersangka yang diduga terafiliasi dengan dua jaringan besar internasional.

“Jenis sabu yang akan dikirim paket melalui Jakarta dengan tujuan Surabaya, dan barangnya berasal dari negara Laos,” jelas Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Hermanto, dikutip dari tribratamews/polri.go.id, Kamis (24/11/2022).

Baca juga   Ditangkap di Bantul, Pelaku Penendang Sesajen di Gunung Semeru Minta Maaf

Sementara itu, Dirnarkoba Polda Jatim Kombes. Pol. Arie Ardian Rishadi menambahkan, jaringan yang pertama dibongkar merupakan jaringan Indonesia-Malaysia.

Adapun barang bukti sabu-sabu yang diamankan berasal dari Cina. Barang haram tersebut dibungkus dalam kemasan teh Cina.

“Jaringan tersebut dibongkar berdasarkan pendalaman di Jawa Timur hingga Sumatera Selatan. Dari pengungkapan tersebut, kami mengamankan barang bukti berupa 26 kilogram sabu dan 15.056 butir ekstasi. Kami juga menangkap dua orang tersangka. Adapun jaringan kedua merupakan jaringan Laos,” ungkap Kombes Pol Arie.

Baca juga   Jelang Panen, 1.114 Petani dan Pedagang Tembakau Sudah Divaksin

Dirnarkoba Polda Jatim memaparkan, pengungkapan bermula dari adanya informasi terkait rencana pengiriman barang dari Laos ke Indonesia, tepatnya ke Surabaya dan Jakarta. Polisi menangkap 5 orang tersangka dengan barang bukti 10 kilogram sabu-sabu.

“Dengan kita mengamankan atau menyita barang bukti sebanyak ini maka kita mampu mencegah peredaran gelap narkotika dan menyelamatkan masyarakat sekitar 300 ribu jiwa,” tutupnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz secara simbolis menyerahkan bantuan kepada KPM. (Foto: Diskominfo Magelang)

Peristiwa

67 KPM di Kota Magelang Terima BST Rp2 Juta
Kolaborasi pembuatan film "Istighfar" ditegaskan melalui perjanjian kerjasama antara BNPT dan PT Pranadipta Consulting Indonesia. (Foto: Humas BNPT)

Peristiwa

BNPT Kampanye Deradikalisasi Lewat Film “Istighfar”
Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto saat panen kelengkeng di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kamis (17/3/2022). (Foto: MC Kebumen)

Peristiwa

Panen 30 Kilogram per Pohon, Kebumen Siap Wujudkan Swasembada Kelengkeng
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo (kanan) menjenguk korban klithih di Depok, Sleman, Rabu (5/1/2022). Kustini Sri Purnomo mengatakan kedatangannya untuk memberikan motivasi kepada korban. (Foto:Humas Sleman)

Peristiwa

Bupati Sleman Kunjungi Warganya yang Jadi Korban Klithih
Lebih dari 10.000 botol minuman keras (miras) dimusnahkan dengan cara digilas kendaraan berat di halaman Polres Klaten, Kamis (23/12/2021). (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Ciptakan Kondusivitas Jelang Nataru, Polres Klaten Musnahkan 10.000 Botol Miras
Penutupan ruas jalan pada jam 9 malam sudah dilakukan sejak Rabu (30/6/2021). (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Satpol PP Lakukan Operasi Yustisi dan Rapid Test Antigen
(Foto: InfoPublik)

Peristiwa

BRIN Berencana akan Membentuk Kebun Raya Lebih Banyak Lagi
Konferensi pers kasus penganiayaan yang melibatkan 4 pelaku di Mapolsek Mergangsan, Senin (9/5/2022). Foto: Dok.Polresta Yogya

Peristiwa

Curhat Rumah Tangga Viral di Grup WA, Kemudian Ribut dan Berujung Pengeroyokan, 4 Pelaku Diamankan Polisi