Home / Peristiwa

Jumat, 30 September 2022 - 13:18 WIB

Polisi Bongkar Kasus Perdagangan Anak Berkedok Yayasan di Bogor, Sasar Ibu Hamil Tak Bersuami

Foto: Humas Polres Bogor/Tribratanews

Foto: Humas Polres Bogor/Tribratanews

NYATANYA.COM, Bogor – Polisi berhasil membongkar kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di wilayah Bogor, Jawa Barat. Dalam ungkap kasus ini seorang pelaku berinisial SH diamankan.

Kapolres Bogor Polda Jabar AKBP Dr Iman Imanuddin, S.H., S.I.K., M.H., dalam konferensi pers yang di gelar di Aula Sanika Satyawada Polres Bogor Polda Jabar, pada Rabu (28/9/2022), mengatakan bahwa pengungkapan tersebut berhasil dilakukan berkat penyelidikan yang di lakukan oleh jajaran Sat Reskrim Polres Bogor Polda Jabar terkait adanya laporan dugaan perdagangan anak di wilayah Ciseeng Kabupaten Bogor.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo, S.I.K., M.Si., mengatakan bahwa Tindak Pidana Perdagangan Orang merupakan bentuk kejahatan serius yang harus mendapatkan perhatian besar dari kita semua.

“Untuk itu upaya pencegahan dan penanganan kasus perdagangan orang oleh Pihak Kepolisian akan dilakukan secara masif, terkoordinasi serta lebih efektif,” ungap Kabid Humas Polda Jabar.

Baca juga   Payah Lur! Ketua BPPD Lombok Tengah Jadi Tersangka Penipuan Tiket MotoGP

Dalam pengungkapan tersebut seorang pelaku berinisial SH berhasil diamankan. Dalam melakukan aksinya pelaku ini bermodus dengan cara mengiming-imingi atau mengumpulkan para ibu hamil yang tidak memiliki suami melalui media sosial dengan berbalut Yayasan Ayah sejuta anak.

Yang kemudian ibu-ibu hamil ini di tawarkan untuk melakukan persalinan, dan setelah proses persalinan anak yang dilahirkan akan di serahkan kepada orang yang ingin mengadopsi anak tersebut.

namun proses adopsinya sendiri di lakukan secara ilegal dan orang yang mengadopsi tersebut dimintai uang sebesar 15 juta rupiah dari setiap satu orang anak yang di adopsi.

“Dari pengungkapan ini kami juga berhasil menyelamatkan 5 orang ibu hamil yang sedang menunggu kelahiran dari tempat penampungan mereka tersebut dan saat ini kelima orang ibu hamil tersebut sudah diserahkan ke dinas sosial Pemerintah Kabupaten Bogor untuk diberikan perlindungan dan penanganan sampai dengan yang bersangkutan melahirkan anaknya.” ujar Kapolres Bogor.

Baca juga   Kecelakaan Mobil Innova di Tol Pekanbaru - Dumai Akibat Pecah Ban

Sementara itu satu orang yang sudah di adopsi secara ilegal atau dijual oleh pelaku ke wilayah Lampung juga berhasil kita selamatkan dan saat ini anaknya tersebut diserahkan ke dinas sosial kabupaten Bogor.

“Saat ini tersangka sedang dalam proses penyidikan lebih lanjut oleh sat Reskrim Polres Bogor Polda Jabar dan kami akan terus melakukan pengembangan terhadap dugaan jaringan yang lainnya,” jelas Kapolres Bogor.

Kepada tersangka dipersangkakan dengan pasal 83 junto pasal 76 huruf F undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perubahan anak dengan ancaman pidana minimal 3 tahun penjara dan maksimal 15 tahun penjara dan denda minimal 60 juta maksimal 3 milyar rupiah. (*)

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Awali Panen, Ganjar Pranowo Petik 12 Daun Tembakau di Lereng Sindoro, Apa Maknanya?
PT Angkasa Pura/AP II berhasil mencapai penilaian sangat baik dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam kategori tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance/GCG). (Foto: AP II)

Peristiwa

AP II Dapat Nilai Sangat Baik dalam Tata Kelola Perusahaan dari BPKP
Bupati Klaten, Sri Mulyani beserta jajaran berziarah ke makam Kyai Melati. Foto: Kominfo Klaten

Peristiwa

Sakralnya Tradisi Ziarah Makam Jelang Hari Jadi ke-218 Kabupaten Klaten
Konsultasi Publik Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di Provinsi Jawa Tengah, di Balai Desa Tampir Kulon Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang, Rabu (19/1/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Tak Ada Potongan, Uang Ganti Rugi Tol Yogyakarta – Bawen Capai Triliunan Rupiah
Ditjen Diktiristek mengadakan sosialisasi terkait pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di 2022 di Gedung D Kemendikbudristek Jakarta. (Foto: Ditjen Diktiristek)

Peristiwa

Program Kampus Merdeka 2022 Buka Pendaftaran
Petugas saat mengevakuasi korban. Foto: Ist/selalu.id

Peristiwa

Duh, Siswi SMPN 1 Surabaya Nekat Loncat dari Lantai 2 Gedung Sekolah
BNPB bekerja sama dengan Universitas Tadulako (Untad) melakukan penanaman 5.000 bibit terumbu karang di kawasan Teluk Palu, Sulawesi Tengah. (Foto: BNPB)

Peristiwa

Pulihkan Ekosistem Pantai Pascatsunami BNPB Tanam 5.000 Bibit Terumbu Karang di Teluk Palu
Salah satu program kreatif yang dilakukan oleh tim mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 tahun 2021 ISI Surakarta di SMP Negeri 15 Surakarta, diantaranya dengan membidani lahirnya majalah sekolah yang bernama RETORIKA (Rekaman Tulisan Opini Kreatif Libelska). (Foto: Dok.ISI Surakarta)

Peristiwa

Tim Mahasiswa Kampus Mengajar ISI Surakarta di SMPN 15 Inisiasi Majalah Sekolah