Home / Peristiwa

Jumat, 29 April 2022 - 00:39 WIB

Polisi Gerebek Dua Rumah di Pajangan Bantul yang Dijadikan Tempat Membuat Mercon

Sejumlah barang bukti bahan pembuat mercon yang berhasil diamankan petugas. (Foto: Dok.POlres Bantul)

Sejumlah barang bukti bahan pembuat mercon yang berhasil diamankan petugas. (Foto: Dok.POlres Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Dua rumah yang digunakan untuk membuat mercon di Pajangan, Bantul digerebek Polisi.

Satu rumah berada di Padukuhan Gupak Warak, Kelurahan Sendangsari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul. Satu lagi di Padukuhan Gandekan, Kelurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan.

Sebanyak 1.720 selongsong mercon dan petasan siap ledak berhasil diamankan dalam penggerebekan di Gupak Warak. Sementara di Gandekan ribuan petasan disita petugas.

Wakapolres Bantul Kompol Sancoko Punjung Seksono mengatakan, penggereberekan ini bermula ketika petugas Polsek Pajangan membuka aplikasi TikTok. Di video TikTok itu memperlihatkan aktivitas pembuatan petasan di sebuah rumah kosong.

Polisi pun menyelidiki temuan itu dan mendatangi lokasi yang dimaksud. Polisi menemukan barang bukti petasan. Untuk para pelaku, petugas sampai saat ini masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Baca juga   Vihara Budha Prabha Gondomanan Akan Dijadikan Percontohan Rumah Ibadah Ramah Anak

Polisi menduga dari banyaknya barang bukti yang ditemukan, diduga petasan itu dibuat oleh sebuah sindikat dan akan diperjualbelikan.

“Ini berbahaya. Jika mereka bertemu orang yang mengajarkan yang salah, ilmu mereka bisa digunakan untuk hal-hal yang lain,” katanya didampingi Kapolsek Pajangan AKP Titik Esti Handayani S.I.Kom, dalam konferensi pers, Kamis (28/4/2022)

Si Padukuhan Gandekan, Kelurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Polsek Pajangan mengamankan empat orang remaja, dua di antaranya perempuan. Barang bukti yang disita 0,5 ons bubuk mercon dan 19 selongsong petasan.

Dalam penyelidikan, bubuk mercon didadapatkan dari seseorang berinisial AAP yang berada di Dusun Geblak, Kalurahan Bantul, Kapanewon Bantul.

“Setelah diinterogasi, barang-barang tersebut dibeli dari AAP,” katanya.

Di rumah AAP, polisi mengamankan sebanyak 52 selongsong mercon berdiameter tiga sentimeter, 1 selongsong mercon diameter 12,5 centimeter dan satu buah selongsong mercon diameter 5 sentimeter.

Baca juga   Menuju YIA Tangguh Gempa-Tsunami, AP I-BMKG Gelar Edukasi Mitigasi Bencana

Petugas juga menyita 4,1 gram bubuk mesiu, 3,5 gram bubuk arang hitam dan beberapa peralatan lainnya seperti sendok takar dan timbangan digital.

Kompol Sancoko menyebut meski masih remaja, mereka tergolong cerdik.

“Kalau tidak tahu mereka pasti pakai sendok aluminium, tapi kalau yang sudah tahu pakai sendok plastik. Karena bahan-bahan ini tidak boleh kena benturan besi atau benda keras lain,” jelasnya.

Polisi masih melakukan pendalaman terkait dua kasus ini. Jika terbukti maka pelaku akan dijerat Pasal 36 Perda Kabupaten Bantul Nomor 4 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban Umum, dengan ancaman penjara 1 bulan dan denda Rp10 juta. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Batang Wihaji mencukur rambut di dalah satu warga yang disambanginya. (Foto: MC Batang)

Peristiwa

Tilik Warga, Bupati Batang Cukur Rambut Bayar Rp2 Juta
Bupati Klaten Sri Mulyani, menyerahkan secara simbolis bantuan bagi UKM terdampak Covid-19 di Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DisdagkopUKM) Klaten, Rabu (29/12/2021). Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Pemkab Klaten Salurkan Rp2,9 Miliar bagi UKM Terdampak Covid-19
Kendaraan operasional yang selalu standby di kantor BPBD Kabupaten Magelang. (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

BPBD Magelang Siagakan SDM dan Infrastruktur Jalur Evakuasi Merapi
Ilustrasi (Foto: Garuda Indonesia)

Peristiwa

Dukung WSBK Mandalika, Garuda Hadirkan Paket Bundling Terbang ke Lombok

Peristiwa

139 KPM Ditetapkan sebagai Penerima BLT-DD Rahun 2022 di Kalurahan Sukoharjo
Kongres Anak Batang IV yang digelar Forum Anak Batang di Wisata Agro Selopajang Timur, Kecamatan Blado Kabupaten Batang Jawa Tengah, Sabtu (19/2/2022). (Foto:MC Batang)

Peristiwa

Kongres Anak Batang IV Soroti Perkawinan dan Pekerja Anak
Pelapos Basilius Agung Daru Wibowo dan Iptu Lili saat jumpa pers yang digelar di RM Pring Sewu, Jumat (4/2/2022). (Foto: Agoes Jumianto)

Peristiwa

Korban Penganiayaan Basilius Agung Kecewa, Kapolres dan Kasat Reskrim Tak Hadiri Jumpa Pers
Agenda sambangi pasar akan terus dilakukan Bupati Etik untuk memantau aktivitas perekonomian masyarakat khususnya di pasar tradisional di Sukoharjo. (Foto: Humas Sukoharjo)

Peristiwa

Tak Henti Imbau Warga Taat Prokes, Bupati Etik Rutin Sambangi Pasar