Home / Peristiwa

Rabu, 1 Juni 2022 - 22:01 WIB

Polisi Tangkap 7 Pelaku Klitih di Bintaran, Enam Orang Masih di Bawah Umur

Polsek Mergangsan gelar jumpa pers penangkapan pelaku klitih di Bintaran. Foto: Ist

Polsek Mergangsan gelar jumpa pers penangkapan pelaku klitih di Bintaran. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Polisi menangkap tujuh orang pelaku klitih di Bintaran, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta yang sudah melakukan pembacokan terhadap remaja berinisial KB (16) pada Sabtu (21/5/2022) malam lalu.

Dari tujuh pelaku yang ditangkap, enam orang diantaranya masih dibawah umur.

Kapolsek Mergangsan, Yogyakarta, Kompol Rachmadiwanto mengatakan, tujuh orang yang melakukan penganiayaan dengan menggunakan senjata tajam ini semuanya warga Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul.

“Dari tujuh orang, enam orang masih di bawah umur. Satu orang sudah usia dewasa,” terang Kompol Rachmadiwanto dalam jumpa pers, Rabu (1/6/2022).

Ketujuh pelaku klitih yang diamankan masing-masing berinisial ALR (16), AAB (17), DO (17), MRS (17), RFA (17), WW (16), dan DMR (21).

“Mereka terlibat dalam kasus pembacokan di Bintaran, Mergangsan, Yogyakarta, pada Sabtu 21 Mei 2022 malam,” imbuhnya.

Baca juga   384 Orang Dinyatakan Sembuh Covid-19 di Magelang

Selain mengamankan tujuh orang, polisi juga mengamankan barang bukti berupa celurit, empat sepeda motor, satu helm, jemper dan satu buah celana jeans milik masing-masing terduga pelaku.
Kronologi Pembacokan

Kapolsek menjelaskan, kronologi pembacokan bermula pada saat korban KB (16) terlibat kecelakaan dengan salah satu tersangka berinisial ALR (16). Kasus kecelakaan sudah diselesaikan secara kekeluargaan.

Namun, beberapa hari kemudian, korban menghubungi melalui WhatsApp kepada ALR. Intinya korban menantang kelompok tersangka untuk berkelahi tangan kosong. Kelompok tersangka menanggapi ajakan itu.

Selanjutnya pada Sabtu (21/5/2022) pukul 05.00 WIB, rombongan pelaku mendatangi Jalan Bintaran. Di lokasi tersebut sudah ditunggu kelompok korban.

Namun, karena kelompok pelaku datang dengan membawa senjata tajam. Kelompok korban ketakutan hingga akhirnya melarikan diri.
Saat melarikan diri, korban KB terjatuh. Di situ menjadi bulan-bulanan para tersangka.

Baca juga   Temanggung Data Anak yang Ortunya Meninggal Karena Covid-19

“Korban KB terkena bacok sebanyak dua kali di punggung dan pinggang. Setelah membacok para tersangka meninggalkan lokasi,” katanya.

Usai kejadian itu, orang tua korban lapor ke Polsek Mergangsan pada Senin (23/5/2022). Petugas menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan.

Dari penyelidikan akhirnya bisa menangkap tujuh tersangka di Muja-muju, Umbulharjo, Yogyakarta pada Selasa (24/5/2022).

Para tersangka dijerat Pasal 170 KUHP atau pasal 351 KUHP Juncto pasal 55 dan 56 KUHP subsider pasal 80 ayat 2 juncto pasal 76 C UU Nomor 35 Tahun 2014, tentang perlindungan anak dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. (*)

Share :

Baca Juga

Sebanyak 17 orang yang berstatus pelajar ditangkap setelah video konvoi bawa celurit viral. Dua diantara mereka ditetapkan sebagai tersangka. (Foto: Ist)

Peristiwa

Viral Konvoi Sok Jagoan Acungkan Celurit di Bantul, 17 Pelajar Ditangkap
Sejumlah barang bukti bahan pembuat mercon yang berhasil diamankan petugas. (Foto: Dok.POlres Bantul)

Peristiwa

Polisi Gerebek Dua Rumah di Pajangan Bantul yang Dijadikan Tempat Membuat Mercon
Tim BPBD Kabupaten Magelang lakukan uji cepat terkait retakan baru di Dusun Keranjang Lor, Desa Sidosari, Kecamatan Salaman. (Foto: BPBD Kab Magelang)

Peristiwa

Retakan Baru Muncul di Kranjang Lor, Warga Diimbau Waspada Saat Hujan
Pemerintah Kota Surakarta menerima bantuan tabung oksigen dengan total 200 tabung dari PT. Shopee Indonesia. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Pemkot Surakarta Terima Bantuan 200 Tabung Oksigen dari PT Shopee Indonesia
Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto mengecek tumpukan sampah yang sudah berlebih di TPS Ngringo, Kecamatan Jaten. (Foto:MC Karanganyar/Aditya)

Peristiwa

Ratusan Warga Ngringo Wadul Soal Sampah, Wakil Bupati Langsung Cek Lokasi dan Edukasi Warga
Kepala Bidang Penempatan, Pelatihan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Blora Sugeng Saptono. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Lima KK dari Kecamatan Randublatung Blora Tak Bisa Berangkat Transmigrasi, Karena Alasan Ini
Walikota Giran Rakabuming menyerahkan bantuan sembako kepada ASN yang pernah terpapar Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

ASN Surakarta yang Pernah Terpapar Covid-19 Dapat Bantuan Sembako
Inovasi penggunaan bumbung (bambu) untuk tempat uang pada transaksi jual beli, membawa sentra jajanan kuliner tradisional Pasar Brumbung meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI kategori penerapan protokol kesehatan. (Foto: MC Kab Rembang)

Peristiwa

Inovasi Bumbung Bawa Pasar Brumbung Raih Penghargaan