Home / Peristiwa

Kamis, 24 November 2022 - 17:33 WIB

Polisi Tangkap Ketua KNPB yang Diduga Dalang Kerusuhan di Dogiyai Papua

Kerusuhan yang terjadi di Kabupaten Dogiyai, Papua pada 12 November 2022 dipicu oleh insiden sebuah truk yang menabrak Noldi Goo, balita berusia lima tahun hingga meninggal dunia. Akibatnya warga marah dan melakukan pembakaran. Foto: Ist

Kerusuhan yang terjadi di Kabupaten Dogiyai, Papua pada 12 November 2022 dipicu oleh insiden sebuah truk yang menabrak Noldi Goo, balita berusia lima tahun hingga meninggal dunia. Akibatnya warga marah dan melakukan pembakaran. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Dogiyai – Personel gabungan berhasil menangkap terduga pelaku utama dibalik kerusuhan di Dogiyai, Papua Tengah.

Pelaku berinisial SG merupakan Ketua Komite Nasional Papua Barat (KPNB), wilayah Dogiyai yang terjadi pada, Sabtu (12/11/2022) lalu. 

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Drs Ahmad Mustofa Kamal, S.H., mengatakan SG ditangkap saat sedang mengisi bensin di SPBU Moanemani, Dogiyai, pada Selasa (22/11/2022) sekira pukul 10.25 WIT.

“Tadi pagi kami mengamankan Ketua KNPB Wilayah Dogiyai atas nama SG untuk dimintai keterangan terkait kasus laka lantas berujung kerusuhan,” jelas Kabid Humas dilansir dari tribratanews.polri.go.id, Kamis (24/11/2022).

Baca juga   Mensos Siapkan Apresiasi bagi Atlet Peparnas Berprestasi

Perwira menengah tersebut menerangkan penangkapan terhadap SG dilakukan usai aparat menerima informasi soal keberadaan yang bersangkutan.

Usai dilakukan penangkapan SG langsung dibawa ke Kabupaten Nabire untuk diperiksa. Langkah ini dilakukan guna menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Dogiyai tetap kondusif, jelas Kabid Humas.

“Saat ini SG sudah dibawa ke Nabire untuk dimintai keterangan lebih lanjut, dengan dikawal oleh aparat gabungan Polres Dogiyai dan Satgas Damai Cartenz,” jelas Kabid Humas.

Baca juga   Cek Pasar, Lima Komoditas Bahan Pokok Ini Jadi Perhatian Ganjar

Selanjutnya, Kabid Humas mengatakan pihaknya akan melakukan penegakan hukum terhadap pihak-pihak yang terlibat kekerasan di Dogiyai.

Sebagai informasi, kerusuhan terjadi di Kabupaten Dogiyai, Papua pada 12 November. Kerusuhan ini dipicu oleh insiden sebuah truk yang menabrak Noldi Goo, balita berusia lima tahun hingga meninggal dunia.

Akibatnya warga marah dan melakukan pembakaran, awal mula mereka membakar dua truk, termasuk truk yang menabrak korban. Namun, warga kemudian juga membakar rumah hingga bangunan perkantoran.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi bandara. Foto: Angkasa Pura II

Peristiwa

Coba Kelabuhi Petugas Bea Cukai, Penumpang di Bandara Soetta Dipidanakan
Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X ketika melantik 64 orang Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Pemda DIY, Jumat (3/12/2021) di Bangsal Kepatihan Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Wagub DIY Sri Paduka Paku Alam X Lantik Pejabat Eselon III dan IV
Ganjar Pranowo menyerahkan bantuan rehab rumah kepada Mbah Dasromi, warga Desa Tegal Arum Kecamatan Borobudur Magelang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Mbah Dasromi Bungah, Ganjar Datang Bawa Bantuan Rehab Rumah
Sri Sultan membatik sebelum resmi menutup gelaran Jogja International Batik Biennale (JIBB) sekaligus pencanangan Jogja Membatik Dunia. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Jogja Membatik Dunia, Bangkitnya UMKM Wastra Batik
Kapolda Jateng Irjen. Pol. Ahmad Luthfi. Foto: Humas Polda Jateng/Tribratanews

Peristiwa

Polda Jateng Catat Pelanggar ETLE di Wilayahnya Capai 636 Ribu dengan Denda Rp27 Milyar
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Polisi Amankan 57 Pemuda Diduga Hendak Tawuran Antarkelompok di Makassar
Gedung Perusahaan Umum Produksi Film Negara. (Foto: BUMN Info)

Peristiwa

Pemprov DKI Tetapkan 14 Objek sebagai Cagar Budaya
Pascaterbakar Rabu (2/2/2022) malam, pagi ini Kamis (3/2/2022) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali mengecek kondisi relokasi Pasar Johar, di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Sambil gowes, Ganjar mengelilingi blok F pasar tersebut dan menyapa sejumlah pedagang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Pagi-pagi, Ganjar Kembali Tinjau Relokasi Pasar Johar yang Terbakar