Home / Peristiwa

Kamis, 7 Juli 2022 - 00:13 WIB

Polisi Tetapkan 2 Tersangka Penyerangan di Jambusari, Picu Kerusuhan Babarsari

Polisi menetapkan 2 Tersangka penyerangan di Jambusari. Foto: Polda DIY

Polisi menetapkan 2 Tersangka penyerangan di Jambusari. Foto: Polda DIY

NYATANYA.COM, Sleman – Direktur Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta Komisaris Besar Polisi Ade Ary Syam Indradi mengatakan pihaknya telah menetapkan dua tersangka buntut kericuhan yang terjadi di kawasan Babarsari, Sleman, Yogyakarta.

Dua tersangka yang ditetapkan Polda DIY adalah AL alias L, dan R. Kedua tersangka ini terlibat dalam penyerangan di sebuah rumah di Perumahan Jambusari, Sleman, yang mengakibatkan sedikitnya tiga orang terluka.

Kericuhan di Jambusari pada Sabtu 2 Juli 2022, merupakan peristiwa lanjutan dari kericuhan di pusat karaoke Babarsari di hari yang sama.

“Khusus untuk tersangka AL alias L ini, kami terbitkan surat DPO (daftar pencarian orang),” kata Ade dalam keterangan pers Rabu 6 Juli 2022.

Dijelaskan Ade kedua tersangka belum ditangkap dan ditahan, lantaran dua-duanya masih dicari keberadaannya.

Soal hanya tersangka L yang diterbitkan surat DPO, Ade mengatakan karena alamat tersangka R saat ini belum diketahui.

Baca juga   Perketat PPKM, Pemkab Sragen Larang Hajatan dan Arisan

“Kami sudah berupaya satu kali mencari R di sebuah lokasi, kami harus memastikan alamatnya dulu,” kata Ade.

Sedangkan untuk tersangka L diterbitkan surat DPO karena polisi sudah mendapatkan alamat tinggal dan mendatangi rumah keluarganya, namun tersangka tidak ada.

“Kami berharap bagi siapapun yang mengetahui keberadaan AL alias L ini dapat menghubungi kami,” kata dia.

Meski telah menetapkan dua tersangka, kepolisian tak menutup kemungkinan adanya tersangka baru.

Kejadian di kawasan Jambusari merupakan buntut kericuhan di hari yang sama setelah sempat terjadi keributan kelompok warga antar daerah, yakni kelompok L dan K di pusat hiburan Glow, Babarsari, Sleman, pada Sabtu dinihari 2 Juli 2022.

Keributan awal di pusat karaoke itu dipicu ketika rombongan kelompok L yang saat itu menggunakan layanan karaoke, belum membayar tagihan.

Baca juga   Siswi SMAN 8 Yogya, Ghania Taufiqa Lolos Paskibraka Nasional Wakili DIY

Manajemen pusat karaoke itu lantas melaporkan tindakan itu ke bagian keamanan kelompok K.

Keributan dari tempat karaoke itu lantas berlanjut keluar. Ketika kelompok L yang diduga tak terima menyambangi sebuah rumah di Jambusari yang dianggap tempat tinggal kelompok K.

“Kejadian di Jambusari ini mengakibatkan satu orang mengalami luka di tangan, leher karena sabetan benda tajam, dan satu lagi di paha terkena busur panah,” kata Ade.

Dari penyerangan di Jambusari itu, pada Senin, 4 Juli 2022, puluhan orang mendatangi Polda DIY untuk meminta polisi segera menuntaskan kasus itu.

Merasa tak puas dengan jawaban polisi, massa lalu bergeser ke Babarsari karena mengira ada kediaman kelompok L di wilayah itu hinga akhirnya melakukan aksi perusakan dan pembakaran.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara menghadiri ngunduh mantu guru ngajinya, Minggu (5/6/2022). Foto: Ist

Peristiwa

Momen Presiden Jokowi dan Ibu Negara Hadiri Ngunduh Mantu Guru Ngajinya
Polsek Sedayu berhasil menggagalkan rencana aksi konvoi kelulusan sekolah pada Sabtu (4/6/2022) siang. Foto: Dok.Polres Bantul

Peristiwa

Polsek Sedayu Gagalkan Rencana Aksi Konvoi Kelulusan Sekolah, 51 Orang Diperiksa
Mahasiswa Universita PGRI Semarang memproduksi cairan pembersih tangan yang diperuntukkan bagi masyarakat. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Mahasiswa UPGRIS Produksi Hand Sanitizer untuk Aksi Sosial
Petugas kesehatan Puskesmas Dharmarini Temanggung saat melayani vaksinasi guru dan karyawan sekolah. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Guru di Temanggung Selesaikan Vaksinasi Tahap Kedua
Soleh kaget dapat ganti untuk fantastis atas lahan kebunnya di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo yang terdampak pembangunan bendungan Bener. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Warga Wadas Ini Tak Meyangka Tanahnya Diganti Untung Rp3,8 Miliar Padahal Belinya Cuma Segini
Kick Off Akselerasi Penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut Usia, Jumat (25/3/2022) di Ruang Yudhistira Balai Kota Yogyakarta. Kegiatan ini diharapkan sebagai titik awal dimulainya Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut Usia. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Yogya Diharapkan Jadi Pelopor Kota Ramah Lansia
Gadjahmada Airport Transporter electric atau Mobil GATe merupakan hasil riset kendaraan listrik kerja sama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Direktorat Peneliatian UGM. (Foto: Kemenhub)

Peristiwa

Mobil Listrik Made in Lokal Akan Digunakan di 2 Bandara dan dukung Event G20
Warga antusias mengikuti vaksinasi yang digelar Pemkot Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

‘Jogja Merdeka Vaksin’ Upaya Pemkot Lindungi Warganya