Home / Peristiwa

Selasa, 8 November 2022 - 13:28 WIB

Polres Magelang Naik Tipe Jadi Polresta Magelang

Polres Magelang resmi naik tipe menjadi Kepolisian Resor Kota (Polresta) Magelang. Foto: Humas/beritamagelang

Polres Magelang resmi naik tipe menjadi Kepolisian Resor Kota (Polresta) Magelang. Foto: Humas/beritamagelang

NYATANYA.COM, Magelang – Kepolisian Resor (Polres) Magelang kini telah resmi naik tipe menjadi Kepolisian Resor Kota (Polresta) Magelang.

Peresmian dilakukan langsung oleh Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi segenap Jajaran Forkompimda Kabupaten Magelang bertempat di halaman Polresta Magelang, Selasa (8/11/2022).

Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, peningkatan tipe Polres merupakan upaya institusi Polri dalam memenuhi dinamika dan ekspektasi masyarakat, dalam hal pelayanan kepolisian, untuk mewujudkan Polri Presisi di tengah masyarakat Jawa Tengah.

Secara yuridis formal Polres Magelang sudah dinaikan tipe menjadi Polresta. Tentu ini mengandung suatu konsekuensi bahwa dinamika masyarakat wilayah Magelang memang selayaknya ditingkatkan, dengan pertimbangan di wilayah tersebut ada destinasi nasional (Candi Borobudur) yang menjadi perhatian publik.

Yang kedua, lanjut Irjen Pol Ahmad Luthfi melihat dan menimbang terkait jumlah penduduk dan wilayah hukum Polresta Magelang yang terdiri hampir dari 353 Desa dan 20 Kecamatan.

Baca juga   “Art Borobudur Police Day 76”, Begini Cara Polres Magelang Sambut HUT Bhayangkara

“Konsekuensi yang lain karena tipenya akan naik, maka Kapolresnya akan menjadi Kombes, para Kasat itu menjadi Kompol, termasuk Polsek-Polsek akan kita tingkatkan,” kata Irjen Pol Ahmad Luthfi usai upacara pengukuhan peningkatan tipe Polres Magelang menjadi Polresta Magelang.

Dalam hal ini, Irjen Pol Ahmad Luthfi berharap kepada seluruh jajaran Polresta Magelang untuk lebih meningkatkan kinerja dan profesionalismenya dalam rangka menangkap aspirasi dan harapan masyarakat, sehingga kedepan Kamtibmas bisa tercipta untuk menghadapi kegiatan nasional maupun internasional di wilayah Kabupaten Magelang.

Menanggapi peningkatan tipe tersebut, Bupati Magelang Zaenal Arifin juga memberikan apresiasi dan siap memberikan dukungan sepenuhnya kepada jajaran Polresta Magelang.

Baca juga   Truk Penambang Pasir Terjebak Banjir Lahar Dingin di Sungai Gendol Cangkringan, Sopir Selamat

Ia berharap dengan adanya kenaikan tipe ini jajaran Polresta Magelang menjadi lebih presisi dan pelayanan kepada masyarakatnya jauh lebih baik lagi.

“Saya akan memberikan support penuh dengan jajaran Polresta Magelang untuk sinergitas itu tadi,” ungkap Zaenal.

Plt. Kapolresta Magelang AKBP Sajarod Zakun menambahkan, dengan kenaikan tipe tersebut maka akan ada konsekuensi penambahan jumlah personel di jajaran Polresta Magelang.

“Kalau sekarang jumlah riil personel kami ada di angka 983 personel. Sehingga kalau sesuai Daftar Satuan Personel (DSP) itu harusnya 1.200 personel. Kalau menjadi tipe C (Polresta Magelang) maka jumlah DSPnya seharusnya 1.500 personel, maka perlu adanya penambahan jumlah mendekati angka 1.500 ini,” bebernya.

(*/N3)

Share :

Baca Juga

Foto: dok. Puspenkum

Peristiwa

Fantastis! Kerugian Negara Akibat Korupsi Duta Palma Group Capai Rp104,1 Triliun
Foto Naskah Akademik berjudul "Serangan Umum 1 Maret 1949 sebagai Hari Nasional Penegakan Kedaulatan Negara" yang diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta pada 2022. (Foto: Dok/Istimewa)

Peristiwa

Termasuk Soeharto, Tokoh yang Terkait Serangan Umum 1 Maret 1949 Ada di Keppres
Foto: Humas Polda Jateng/ Tribratanews

Peristiwa

Ungkap 332 Kasus Curanmor, Kapolda Jateng: Silakan Masyarakat datang ke Polres Ambil Motornya, Gratis!
Deklarasi Open Defecation Free (ODF) di Kecamatan Watumalang. Foto: Diskominfo Kab Wonosobo

Peristiwa

Wujudkan Desa STBM, Kecamatan Watumalang Wonosobo Deklarasikan ODF
Pemkot Yogyakarta menyerahkan dana penyertaan modal bagi tiga perusahaan BUMD yakni Bank BPD DIY, BPR Bank Jogja, dan PDAM Tirtamarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Kembali Serahkan Penyertaan Modal kepada Tiga BUMD
Rekaman CCTV yang menunjukkan aksi bocah mencuri sandal di Kedinding Tengah, Surabaya, Minggu (17/7/2022). Foto: Ist/selalu.id

Peristiwa

Tiga Bocah di Surabaya Terekam CCTV Curi 3 Pasang Sandal Jepit Merek Fipper
Sri Nugroho, Sekretaris Umum Panitia Peringatan Hari Jadi Klaten Ke-217. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

HUT ke-217 Klaten Akan Diperingati Secara Ringkas dan Sederhana
Kantor ATR/BPN Temanggung melaksanakan kegiatan penyerahan sertipikat tanah untuk program PTSL tahun 2021 untuk Desa Mudal sebanyak 366 sertipikat dari 49.833 sertipikat seluruh Kabupaten Temanggung. (Foto:MC.TMG)

Peristiwa

Sebanyak 366 Sertipikat Tanah Program PTSL Diserahkan di Desa Mudal