Home / Peristiwa

Jumat, 14 Januari 2022 - 21:26 WIB

Polres Temanggung Tilang 85 Sepeda Motor yang Gunakan Knalpot Brong

Dalam lima hari terakhir atau Senin (10/1/2022) sampai dengan Jumat (14/1/2022) Polres Temanggung telah melakukan penilangan pada 85 kendaraan yang kesemuanya melanggar penggunaan knalpot tidak sesuai standar atau knalpot brong. (Foto: MC Tmg)

Dalam lima hari terakhir atau Senin (10/1/2022) sampai dengan Jumat (14/1/2022) Polres Temanggung telah melakukan penilangan pada 85 kendaraan yang kesemuanya melanggar penggunaan knalpot tidak sesuai standar atau knalpot brong. (Foto: MC Tmg)

NYATANYA.COM, Temanggung – Kapolres Temanggung AKBP Burhanuddin mengatakan, pemilik kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil untuk tidak mengganti knalpot standar dengan knalpot brong.

Sebab knalpot brong mengganggu pengguna jalan lain atau warga dan termasuk melanggar Undang-undang Lalu Lintas.

“Kami akan tegakkan aturan. Penggunaan knalpot brong menyalahi undang-undang, sehingga akan ditindak tegas. Kami akan menilang dan kendaraan ditahan di Polres Temanggung,” kata AKBP Burhanuddin, Jumat (14/1/2022).

Kapolres mengatakan, penertiban kendaraan knalpot brong ditegakkan, baik pada perseorangan atau kendaraan yang melaju berombongan.

“Tidak hanya sepeda motor, mobil pun jika menggunakan knalpot tidak sesuai standar juga akan ditindak tegas,” tegasnya.

Baca juga   Bergejala Covid Tapi Tidak Tes, Jadi Kendala Donor Plasma Konvalesen

Kapolres mengatakan, dalam lima hari terakhir atau Senin (10/1/2022) sampai dengan Jumat (14/1/2022) melakukan penilangan pada 85 kendaraan.

Terinci barang bukti yang amankan dari operasi itu berupa 34 STNK dan 51 kendaraan bermotor.

Sepeda motor terpaksa diamankan Polres Temanggung. Diantara kendaraan itu adalah sepeda motor trail dan sport serta modifikasi.

“Pada pemilik dapat mengambil kendaraan miliknya dengan syarat telah ada putusan pengadilan, menunjukkan surat kendaraan dan mengganti dengan knalpot standar,” jelas Kapolres.

Baca juga   Presidensi G20, Kesempatan UMKM Indonesia Tampil di Kancah Internasional

Diterangkan, operasi difokuskan pada pelanggaran lalu lintas penggunaan knalpot yang tidak sesuai standar atau knalpot brong.

“Knalpot brong ini mengganggu ketenangan dan kesehatan, karena bising,” katanya.

Pelanggaran yang dikenakan adalah Pasal 285 ayat 1 jo 106 ayat 3 pasal 106 ayat 3 jo pasal 48 ayat 2 dan 3 dengan hukuman 1 bulan dan denda paling banyak 250 ribu.

Kapolres mengatakan, pada warga untuk tertib berlalu lintas dengan menggunakan knalpot standar, karena knalpot brong membuat bising atau mengganggu pengendara lain.

“Surat-surat kendaraan juga harus dilengkapi,” pungkas Kapolres.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Satlantas Polres Blora membentuk Satgas Quick Response Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas untuk mengantisipasi meningkatnya mobilitas masyarakat menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. (Foto: MC Kab Blora/ Teguh)

Peristiwa

Jelang Nataru di Blora, Satgas Quick Response Penanganan Laka Lantas Dibentuk
PMI Kabupaten Sleman mendistribusikan bantuan air bersih untuk Masyarakat Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan sebanyak 15.000 Liter per hari. (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

PMI Sleman Distribusikan Air Bersih untuk Warga Terdampak Bajir Lahar Hujan Merapi
Musik dan Badut persembahan mahasiswa UIN Walisongo jadi hiburan pasien Covid-19 yang jalani isolasi. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

UIN Walisongo Hibur Warga Isolasi dengan Musik dan Badut
Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto meninjau pelaksanaan Tes Kompetensi Calon PPPK. (Foto: Diskominfo Kebumen)

Peristiwa

Ribuan Guru Honorer Ikuti Tes Kompetensi Calon PPPK
Pemerintah Kabupaten Temanggung memastikan anak-anak yang orang tuanya meninggal karena terpapar Covid-19 mendapat asuhan dan keterjaminan pendidikan masa depan. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Pastikan Pengasuhan dan Pendidikan, Pemkab Temanggung Data Anak Terdampak Covid
Pekerja saat menyelesaikan pemerahan susu sapi di peternakan Dukuh Kepalon Desa Karangkendal Kecamatan Tamansari. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Permintaan Susu Sapi di Boyolali Meningkat
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi (berbaju putih) saat mewakili Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hadir dalam Pembukaan GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2021 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/11/2021). ( Foto: Kemenhub)

Peristiwa

Melalui GIIAS 2021 Pemerintah Dorong Masyarakat Gunakan Kendaraan Listrik
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan sidak di Jalan Ruas Banjarnegara-Pekalongan, Kecamatan Kalibening, Banjarnegara, Rabu (19/1/2022). (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Sidak Ruas Banjarnegara-Pekalongan, Ganjar Ingatkan Petugas Jangan Lalai