Home / Peristiwa

Kamis, 29 September 2022 - 12:42 WIB

Polri Usut Dugaan Tindak Pidana Penggelapan dan Pencucian Uang Kasus Auto Trade Gold

Foto: Ist/Tribratanews

Foto: Ist/Tribratanews

NYATANYA.COM, Jakarta – Penyidik Dittipideksus Bareskrim Polri tengah mengusut dugaan penggelapan dan penipuan hingga tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan robot trading Auto Trade Gold (ATG).

Kasus tersebut saat ini dalam proses penyidikan oleh penyidik Polri berdasarkan laporan polisi nomor LP/B/0170/IV/2022/Bareskrim Polri tertanggal 11 April 2022.

“Kasus ini didasari laporan polisi dengan nomor LP/B/0170/IV/2022/Bareskrim Polri tertanggal 11 April 2022 tentang tindak pidana penggelapan, penipuan, perdagangan dan tppu atau tindak pidana pencucian uang, dan kasus ini masih terus dilakukan proses penyidikan,” jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dalam keterangannya di Polri TV, Rabu (28/9/2022).

Baca juga   Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, Koordinasi Seluruh Lini Diperkuat

Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, modus dalam kasus tersebut yakni ATG mengarahkan korban untuk membeli paket robot trading dengan menawarkan keuntungan 20 persen per bulan.

“Para korban mendaftar melalui website ATG dan membeli paket robot trading level 4 seharga 30 juta pada PT Sarana Digital Internasional, Pihak ATG menawarkan keuntungan sebanyak 20% per bulan kepada para membernya,” jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri ini.

Baca juga   Presiden: Februari 2022 Persiapan MotoGP Mandalika Selesai

Dalam kasus tersebut, Pasal yang dilanggar yaitu Pasal 372 dan 378 KUHP dengan ancaman penjara 4 tahun, dan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan, meliputi Pasal 105 dan Pasal 106 dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara dan denda maksimal 10 miliar. Kemudian Undang-Undang Nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). (*)

Share :

Baca Juga

Haidar Alwi dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Pemprov Kalteng bersama dengan Tim Ahli UGM tentang Percepatan Pembangunan Kalteng yang diselenggarakan di Kantor Gubernur Kalteng, Senin (21/2/2022). (Foto:mitradiskominfokalteng)

Peristiwa

Tim Ahli UGM Haidar Alwi: Provinsi Kalteng akan Jadi Provinsi yang Besar
Kepala BNPB Mayjen TNI Suharyanto (kanan) menyerahkan hadiah kepada seorang anak pengungsi yang turut serta dalam program trauma healing di Gor Sanaman Mantikei, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (21/11/2021). (Komunikasi Kebencanaan BNPB/Danung Arifin)

Peristiwa

Pastikan Penanganan Berjalan Baik, Kepala BNPB Kunjungi Posko Pengungsi Banjir Kalteng
Kalurahan COndongcatur kini memiliki mobil ambulans sendiri. Proses serah terima dari pihak penyedia kepada Pj Lurah Condongcatur, Sugiyanto dilakukan di Kantor Kalurahan Condongcatur, Selasa (26/10/2021). (Foto:MC Kab Sleman)

Peristiwa

Tanggap Keadaan Darurat, Condongcatur Sediakan Ambulans Kalurahan
Selain sebagai tuan rumah salah satu titik vaksinasi, PT TWC bersinergi dengan aparatus desa di Borobudur untuk melakukan pendataan warga yang akan melakukan vaksinasi. (Foto: Instagram @media_twc)

Peristiwa

Pulihkan Ekonomi Warga, Vaksinasi Tour de Borobudur Sasar 10 Ribu Warga di 20 Desa
Ibu hamil yang memenuhi kriteria untuk divaksinasi di Kabupaten Sukoharjo mencapai 2.300 orang. (Foto: Humas Sukoharjo)

Peristiwa

Sukoharjo Canangkan Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil
Gebyar Kangen Jogja yang digelar Gedung SMESCO Jakarta, diharapkan melahirkan bussines mathcing antara pelaku usaha UMKM dengan kalangan industri yang ada di Jakarta, seperti industri farmasi, perhotelan, dan pusat perdagangan besar. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Gelar Gebyar Kangen Jogja, UMKM Jogja Incar Buyer Tingkat Nasional
Pesawat Susi Air type Pilatus Porter PC-6. Foto: Dok susiair.com

Peristiwa

Pesawat Susi Air Kecelakaan di Timika, Seluruh Penumpang Dikabarkan Selamat
Para pedagang di pasar Batang ini juga mengikuti upacara bendera. (Foto:Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Wujud Nasionalisme, Pedagang Pasar Ini Gelar Upacara Bendera