Home / Olga

Selasa, 28 September 2021 - 11:25 WIB

PON Papua, Momentum Kebangkitan dari Pandemi Covid-19

(Foto:rayki/kemenpora.go.id)

(Foto:rayki/kemenpora.go.id)

NYATANTA.COM, Jayapura – Pelaksanaan PON XX di Provinsi Papua yang akan dibuka Presiden Joko Widodo pada Sabtu (2/9/2021) mendatang, menjadi momentum kebangkitan Indonesia dari pandemi Covid-19.

Keberhasilan PON Papua akan membuktikan bahwa masyarakat Papua tidak hanya bagian integral Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), namun mampu mempersatukan rakyat Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Bidang I Media dan Humas Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Tirto Prima Putra, di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Kabupaten Jayapura, Senin (27/9/2021).

“PON Papua akan membuat masyarakat di luar Papua tertarik mengenal, dan memahami kondisi di daerah ini yang sangat indah alamnya,” ungkap Tirto.

Menurut Alumni FISIP UI ini, ketertarikan tersebut menjadi dapat menjadi ajang promosi Papua sehingga pariwisatanya dan sektor lainnya, terdorong maju.

Selain itu, kata Tirto, perhelatan olahraga tersebut bukanlah hanya pertandingan olahraga tapi juga memiliki nilai kebangsaan dan nasionalisme.

Baca juga   Resmikan 7 Venue, Presiden Jokowi Buka PON XX Papua Pukul 19.35 WIT

Tirto menuturkan, Indonesia menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama pada 1948 di Solo dengan maksud menunjukkan eksistensi Indonesia sebagai negara berdaulat kepada dunia internasional.

“Kala itu Indonesia masih mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin merebut kembali pasca Jepang takluk dari sekutu pascaperang Dunia Kedua,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman, mengharapkan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua juga berperan dalam pengembangan sport tourism (wisata olahraga).

Menurut Marciano, Provinsi Papua memiliki potensi yang besar untuk sport tourism di tanah air.

Hal itu disampaikan Marciono kepada wartawan usai Tour Danau Sentani dengan Kapal Wisata Foi Moi milik Pemerintah Kabupaten Jayapura, di Pos Pengamat Angkatan Laut, Jalan Kolkhate Kampung Asei Besar, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Minggu (26/9/2021).

Baca juga   Kontingen PON DIY: Mangkat Bregas, Main Trengginas, Mborong Emas, Mulih Waras

“PON Papua ini bisa mendukung terhadap sport tourism, terlebih lagi seperti di Danau Sentani menpunyai potensi yang besar,” ujar Marciano.

Di sisi lain seperti dilansir papua.go.id, potensi pariwisata yang dimiliki Provinsi Papua hampir terlengkap di Indonesia.

Alam yang dimilikinya masih asli, budaya yang khas dan unik, minat khusus bahari yang tak kalah menarik dengan daerah lain diIndonesia bahkan mancanegara sekalipun.

Semuanya ini belum disentuh bahkan ditata untuk menjadi obyek dan daya tarik wisata unggulan bagi kunjungan wisatawan, terutama salju abadi di pegunungan tengah dan Taman Nasional Lorentz yang luasnya mencapai 2.505.600 hektar.

Kawasan ini merupakan kawasan konservasi terluas di Asia Tenggara, berada pada ketinggian 0-4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan tersebar di 4 Kabupaten, yaitu Kabupaten Jayawijaya, Mimika, Puncak Jaya dan Asmat. (*)

Share :

Baca Juga

Doa Siti Aisah dan keluarga mengantar sang putri Windy Cantika meraih sukses di Olimpaide 2020 Tokyo. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Olga

Barbel Semen, Doa dan Air Mata Siti Aisah Mengiringi Windy Cantika
Bentuk obor PON XX Papua sebagai perwujudan dari kebudayaan khas Papua yang bermakna kesetaraan, kemurnian dan kekuatan.(Foto: MC PON Klaster Mimika)

Olga

Dikirab di 5 Wilayah Adat, Obor Api PON Usung Kebudayaan Papua
Atlet binaraga Papua Oto Gidion Wantik memegang medali emas binaraga kelas 65 kilogram PON Papua di Auditorium Universitas Cenderawasih, Jayapura, Papua, Senin (4/10/2021). Oto Gidion Wantik meraih medali emas, medali perak diraih atlet binaraga DIY Bambang Sujatmoko dan medali perunggu diraih atlet binaraga Jawa Timur Kariyono. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH/tom)

Olga

Tuan Rumah PON Papua Mengukir Sejarah

Olga

Kejutan dari Papan Bawah Klasemen Sementara PON Papua
Pelari putri DKI Jakarta Odekta Elvina Naibaho (tengah), bersama pelari putri DKI Jakarta Tryaningsih (kiri) dan pelari Sulawesi Selatan Fitri (kanan) memperlihatkan medalinya saat pengalungan medali nomor lari 5.000 meter Putri PON Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (5/10/2021). Odekta Elvina meraih medali emas sementara Tryaningsih meraih medali perak dan Fitri meraih medali perunggu. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi/YU)

Olga

Klasemen Sementara PON XX, Jabar Gusur Tuan Rumah
Indah Lupita Sari tampil gemilang pada debut pertamanya di PON XX Papua di nomor jalan cepat putri 20 Km, yang digelar di Kuala Kencana, Sabtu (9/10/2021) dengan catatan waktu 1:54:13 detik. (Foto: Humas PPM/Fernando Rahawarin)

Olga

Atlet DIY Indah Lupita Sari Sabet Medali Emas Jalan Cepat Putri
Rio Waida lolos babak 16 besar dan akan berjibaku man-to-man menghadapi tuan rumah Kanoa Igarashi besok. (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

Olga

Nyaris Tersingkir, Rio Waida Lolos Babak 16 Besar
BMKG menyatakan komitmennya untuk mendukung penuh penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021. (Foto:rayki/kemenpora.go.id)

Olga

BMKG Komitmen Kawal Informasi Cuaca Seluruh Klaster Pertandingan PON XX