Home / News

Rabu, 29 September 2021 - 01:35 WIB

PON XX Papua 2021, Go Digital

Konferensi pers tentang PON dan Pertumbuhan Ekonomi Papua di Media Center Kominfo Klaster Kabupaten Jayapura. (Foto:MCKominfo)

Konferensi pers tentang PON dan Pertumbuhan Ekonomi Papua di Media Center Kominfo Klaster Kabupaten Jayapura. (Foto:MCKominfo)

NYATANYA.COM, Jayapura – BI terus mendorong penggunaan aplikasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk memfasilitasi transaksi pembayaran selama ajang PON Papua XX 2021.

Penggunaan QRIS itu bertujuan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 selama PON Papua sekaligus mendorong budaya transaksi non-tunai (cashless society).

“Penggunaan QRIS itu aman dari risiko penyebaran Covid-19 karena mengurangi kontak langsung antara konsumen dengan pelaku usaha atau merchant,” kata Dwi.

Sejak diperkenalkan pada tahun 2020 sudah terdapat sekitar 32 ribu pelaku usaha yang menggunakan QRIS di Provinsi Papua. BI bersama kalangan perbankan mendorong pelaku usaha kecil menengah atau UKM di Papua menggunakan QRIS sehingga jumlahnya mencapai 75 ribu merchant pada 2021. Sekitar 50 ribu merchant, berada di Kabupaten dan Kota Jayapura.

Baca juga   Tiba di Bandara Sentani, Ganjar Disambut Maskot PON dan Putra-putri Papua

Untuk meningkatkan penggunaan QRIS selama PON XX 2021, Pemimpin Divisi Bisnis UMK dan Konsumer Bank Papua, Abraham Krey menjelaskan pihaknya secara resmi meluncurkan aplikasi tersebut pada Rabu 29 September 2021 di Sentani. Pemanfaatan aplikasi pembayaran non tunai ini diharapkan membawa gaya hidup Papua semakin go digital.

Di samping itu, sebagai bank milik pemerintah daerah dan masyarakat yang ada di tanah Papua, Bank Papua memberikan bantuan CSR sebanyak Rp4 miliar yang telah diserahkan kepada sekretariat PB PON Papua berupa alat, perangkat dan pendukung olahraga.

Baca juga   Tiga Rekor Dunia, 11 Rekor Nasional Pecah di Cabor Angkat Besi PON XX Papua

“Ada empat klaster yang kami bantu di antaranya Klaster Merauke, Mimika, Kabupaten Jayapura, dan Kota Jayapura,” jelas Sekretaris Perusahaan Bank Papua, Erna M Kapisa.

Untuk meningkatkan branding PON XX Papua 2021, Bank Papua juga telah mencetak 20.000 kartu ATM dengan tema PON XX Papua secara edisi terbatas di seluruh cabang Bank Papua. (*)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Santer Isu Pemotongan Dana Bansos, Ini Jawaban Dinsos Klaten
Penyemprotan dilakukan seksi pencegahan dan pengendalian penyakit menular di lokasi penderita DBD. (Foto: MC Temanggung)

News

Masuk Musim Hujan, 5 Kasus DBD ditemukan di Temanggung
Pemkot Yogyakarta memfasilitasi kelompok rentan administrasi kependudukan (adminduk) untuk memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

News

Di Yogya Transpuan Difasilitasi Bikin KTP-el
Cara Pemkot Solo melakukan percepatan vaksinasi menggunakan layanan bus keliling. (Foto: nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Bisa Ditiru Nih, Vaksinasi dengan Bus Keliling di Solo
Pos Aju dibentuk untukpercepatan penanganan jenazah pasien Covid-19 di Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

Kelompok Pemuda yang Lempari Mobil Jenazah Covid-19 di Klaten, Kini Tobat Jadi Relawan
Bupati Afif Nurhidayat di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Wonosobo. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

News

Waspada! Nama Bupati Wonosobo Dicatut untuk Jual Beli Motor
Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

News

Cegah Penularan Covid-19, Sri Sultan Tegaskan Masyarakat Ketatkan Protokol Kesehatan
Upaya jemput bola dari desa ke desa oleh tim vaksinator dari Puskesmas di Temanggung dinilai efektif percepat vaksinasi. (Foto: Diskominfo Temanggung)

News

Gencarkan Vaksinasi, Temanggung Lakukan Jemput Bola