Home / Olga

Kamis, 7 Oktober 2021 - 11:47 WIB

PON XX Papua Lahirkan Tujuh Rekor Baru

Atlet asal Sumatera Selatan, Rio Maholtra yang memecahkan rekor lari gawang 110 meter putra di PON XX Papua. (Foto:PB PON XX Papua/Rommy Pujianto)

Atlet asal Sumatera Selatan, Rio Maholtra yang memecahkan rekor lari gawang 110 meter putra di PON XX Papua. (Foto:PB PON XX Papua/Rommy Pujianto)

NYATANYA.COM, Mimika – Pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua telah berjalan selama 15 hari, terhitung sejak 22 September 2021. Tercatat, selama kurun waktu tersebut, sudah ada tujuh rekor baru yang tercipta.

Tujuh rekor baru itu tercipta di dua disiplin olahraga, yakni atletik dan selam kolam. Dari arena atletik, Rio Maholtra asal Sumatera Selatan mencatatkan rekor baru dari nomor lari gawang jarak 110 meter putra dengan catatan waktu 14,11 detik di Mimika Sport Complex (MSC), Selasa (5/10/21).

“Catatan waktunya itu mengalahkan rekor milik Eli Zakaria dari Jawa Timur yang diraih pada PON XVI 2004 di Sumatera Selatan dengan waktu 14,16 detik,” seperti yang dikutip InfoPublik, Rabu (6/10/2021).

Masih di arena yang sama, Rabu (6/10/21), Tyas Murtiningsih dari Jawa Barat memecahkan rekor lari 100 meter putri dengan catatan waktu 11,67 detik, di babak pertama nomor 100 meter putri PON XX.

Baca juga   Ganjar Lepas 7 Atlet Jateng ke Paralimpiade Tokyo 2020

Rekor itu mengalahkan rekor milik sprinter asal Maluku, Irene Joseph dengan catatan waktu 11,73 detik yang dicatatkan pada PON XV di Jawa Timur tahun 2000.

Atlet Bali, Maria Natalia Londa juga berhasil memecahkan rekor PON atas namanya sendiri sekaligus meraih medali emas untuk nomor lompat jangkit PON XX Papua di venue atletik MSC, Rabu (6/10/2021).

Maria memecahkan rekor dengan jauh lompatan 13.60 meter, dimana rekor sebelumnya dengan jauh lompatan 13.52 meter. Sedangkan di kolam akuatik, atlet selam kolam putri Jawa Timur, Vania Elvira Elent Rahmadani juga mengukir rekor baru di nomor 400 meter surface putri dengan menorehkan catatan waktu 3 menit 29,07 detik.

Catatan waktu yang diraih pada Selasa (5/10/21) itu lebih cepat dari rekor milik kompatriotnya, Angeline Soegianto yang pernah dibuat pada PON XIX di Jawa Barat tahun 2016 dengan waktu 3 menit 30,16 detik.

Baca juga   Indonesia Akan Bangun Trainning Camp Olahraga Berstandar Internasional

Catatan waktu 22,90 detik yang diraih oleh Margaretha Herawati (Papua) dan Dheya Nazhira Nuramalia (Jawa Barat) di final selam kolam nomor 50 meter bifins putri, Rabu (6/10/21) juga diklaim sebagai rekor baru di ajang PON.

Sementara dihari yang sama, di nomor 50 meter surface putri, Angeline Soegianto asal Jawa Timur mencatatkan rekor barunya dengan waktu 19,54 detik.

Rekor itu mengalahkan catatan waktunya sendiri di PON XVII Kalimantan Timur tahun 2008. Wahyu Anggoro Tamtomo di nomor 50 meter surface putra juga membukukan rekor baru dengan catatan waktu 15,77 detik. (*)

Sumber InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Menpora Amali saat menghadiri acara Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2021 di Studio Outdoor Indosiar, Jakarta, Selasa (17/8/2021) malam. (Foto:egan/kemenpora.go.id)

Olga

Menpora Amali Apresiasi ke-68 Paskibraka Usai Tugas Mulia
Ketua Umum Sub PB PON Klaster Merauke, Romanus Mbaraka didampingi Forkopimda Kabupaten Merauke secara resmi membuka PON XX Papua 2021 Klaster Merauke. (Foto:MCMerauke)

Olga

Diawali Cabor Wushu, PON XX Papua Klaster Merauke Resmi Dibuka
Leani Ratri Oktila. (Foto:putra/kemenpora.go.id)

Olga

Leani Ratri Oktila Puji Presiden dan Menpora Setarakan Atlet Paralimpiade
Keberhasilan Saptoyogo menyumbangkan medali perunggu bagi Indonesia sekaligus merupakan medali kedua bagi kontingen Merah-Putih di Paralimpiade 2020. (Foto:npcindonesia/kemenpora)

Olga

Diluar Dugaan, Saptoyogo Raih Medali Perunggu Paralimpiade Tokyo 2020
Atlet angkat Siti Mahmudah optimistis bisa mengangkat 120 kilogram, untuk memecahkan angkatan yang ia torehkan pada ajang Peparnas sebelumnya, 116 kilogram. (Foto: Diskominfo Jateng)

Olga

Siti Mahmudah Bertekad Raih Emas pada Peparnas XVI Papua
Hary Susanto/Leani Ratri Oktila berhasil meraih medali emas usai mengalahkan pasangan Perancis Lucaz Mazur/Faustine Noel. (Foto: dok/npcindonesia/kemenpora.go.id)

Olga

Pasangan Hary Susanto/Leani Ratri Persembahkan Emas Kedua Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020
Gregoria Mariska Tunjung berhasil melaju ke babak berikutnya sebagai juara grup M . (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

Olga

Juara Grup M, Gregoria Tantang Ratchanok Intanon di 16 Besar
Stadion outdoor di Mimika Sport Complex (MSC), tempat atlet-atlet PON akan memperebutkan medali-medali atletik. (Foto:Twitter ponxx2020papua)

Olga

Ini Stadion Atletik Mimika yang Jadi Kebanggaan Masyarakat Papua