Home / Olga

Selasa, 12 Oktober 2021 - 06:32 WIB

PON XX Papua, Pengabdian Terakhir Priscillia Gunawan

Priscillia Gunawan. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Priscillia Gunawan. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

NYATANYA.COM, Surabaya – Priscillia Gunawan sempat mengutaran niat untuk pensiun dari olahraga selam setelah merebut emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat.

Lima tahun berselang, Priscillia beraksi kembali. Dia tampil membela Jawa Timur (Jatim) di kancah PON XX 2021 di Papua. Pricillia meraih perak di nomor 6.000 meter finswimming laut putri.

Priscillia merupakan nama yang disegani di olahraga selam. Dia sudah berulang kali memperkuat Jatim di PON maupun Kejuaraan Nasional. Tak terhitung berapa medali emas yang dipersembahkan untuk kontingen Jatim.

Meski usianya sudah 36 tahun, kemampuannya tak kalah dibandingkan dengan atlet yang usianya jauh lebih muda. Itulah sebabnya Priscillia masih dipercaya Pengprov POSSI Jatim hingga saat ini.

Baca juga   Laga Pembuka Tinju Tampilkan 3 Atlet Putri Papua

“Dia sebenarnya sempat vakum setelah PON Jabar. Sebab Priscillia merasa sudah waktunya gantung fin. Cuma dari kami tetap meminta untuk mendampingi adik-adiknya yang bertanding di Papua,” kata Ketua Pengprov POSSI Jatim, Mirza Muttaqien di Papua, Senin (11/10/2021)

Semula, Priscillia masuk Puslatda selam Jatim sebagai sparing partner. Bahkan dia tidak ditarget untuk turun di PON Papua. Akan tetapi, kualitas yang tidak luntur membuat Priscillia diplot untuk tampil di nomor laut PON Papua. Sementara atlet selam senior lainnya, Angeline Soegianto tampil di nomor kolam.

Priscillia tampil di nomor 6.000 meter finswimming laut putri. Dalam lomba yang digelar di Teluk Yos Sudarso Kota Jayapura itu, Priscillia merebut perak.

Baca juga   BMKG Komitmen Kawal Informasi Cuaca Seluruh Klaster Pertandingan PON XX

Dia menorehkan catatan waktu 1 jam 19 menit 13,27 detik. Hanya terpaut satu detik Annisa Fabiola (Papua) yang merebut emas di nomor ini.

Sempat terjadi insiden menjelang finis. Tangan Annisa terlihat menahan Priscillia. Panitia sebenarnya melihat insiden ini. Mereka sempat berunding.

Akan tetapi, hasil akhir tidak bisa diubah. Annisa meraih emas dan Priscillia mendapatkan perak. Besar kemungkinan, inilah pengabdian terakhir Priscillia untuk Jatim.

“Menurut Priscillia memang demikian. Dia akan pensiun setelah PON Papua. Kami akan berbicara lagi dengan Priscillia setelah PON Papua,” ucap Mirza. (*)

Share :

Baca Juga

Menteri PUPR menyerahkan medali kepada para kontingen yang berhasil meraih pada final cabor Dayung di PON XX Papua. (Foto: Kementerian PUPR)

Olga

Venue Dayung PON Papua Diharap Cetak Atlet Kelas Dunia
Atlet cabang olahraga atletik Syamsuddin Massa mengikuti latihan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Lapangan Universitas Negeri Makassar (UNM), Sulawesi Selatan, Senin (20/9/2021). Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan mengikutsertakan sebanyak tiga atlet dari sejumlah nomor cabang olahraga atletik pada PON Papua. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/rwa)

Olga

Hari Ini Cabor Atletik Mulai Digelar di Mimika Sport Complex
Peresmian Media Center Kominfo Klaster Merauke ditandai dengan pemukulan alat musik khas Papua, Tifa oleh Bupati Merauke, Romanus Mbaraka. (Foto: Jhon/InfoPublik)

Olga

Media Center Kominfo PON XX Klaster Merauke Resmi Beroperasi
David Jacobs sukses mempersembahkan medali perunggu di Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto:dok npcindonesia/kemenpora)

Olga

Giliran David Jacobs Sumbangkan Medali Perunggu untuk Indonesia
KONI gelar vaksinasi untuk pelaku olahraga di Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Olga

Pemkot Yogyakarta Vaksinasi Pelaku Olahraga
Ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu melaju ke perempat final cabang bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020. (Foto:nyatanya.com/noc indonesia)

Olga

Greysia/Apriyani Melaju ke Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020
Menpora RI Zainudin Amali melaunching Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) 2022 Sumatera Selatan. (Foto:raiky/kemenpora.go.id)

Olga

Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional Digelar di Sumsel Juli 2022
Menpora Zainudin Amali menyerahkan medali cabang olahraga senam artistik di Istora Papua Bangkit, Jayapura. (Foto:rayki/kemenpora.go.id)

Olga

Menpora Amali Minta Fasilitas Istora Papua Dimaksimalkan