Home / Peristiwa

Rabu, 16 November 2022 - 12:18 WIB

Ponirah Sumringah, Rumahnya yang Rata dengan Tanah Dibantu Ganjar Bangun Rumah Baru

Foto: Humas Jateng

Foto: Humas Jateng

NYATANYA.COM, Kebumen – Ponirah tak bisa menyembunyikan keharuannya menerima bantuan untuk membangun rumah baru. Sebab rumah yang ditinggalinya bersama sang istri, rata dengan tanah setelah terkena longsor pada Minggu (6/11/2022) lalu.

Momen itu terjadi saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau titik longsor di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Selasa (15/11/2022).

Ganjar didampingi Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto saat tinjauan di sana.

“Lho ini rata, ada berapa rumah tadinya? Tapi nggak ada korban ya,” ucap Ganjar.

Beberapa pejabat desa yang mendampingi Ganjar menyebut tak ada korban pada musibah longsor saat itu. Hanya satu rumah yang rata dengan tanah karena terkena longsor. Ternyata Ponirah dan istrinya ada di lokasi.

Foto: Humas Jateng

“Mas iku ceritane piye, terus sampeyan pan gawe omah neng kene? (mas ceritanya gimana, Anda mau bikin rumah di sini?),” kata Ganjar, menunjuk lahan miring di seberang sisa rumahnya.

“Punyanya di sini pak,” kata istri Ponirah.

Ganjar tertegun dengan kondisi lahan yang hendak ditempati oleh pasangan Ponirah. Sebab, letaknya tak jauh dari titik longsor sebelumnya. Bahkan kontur lahan barunya berada di tebing.

Baca juga   Permudah Akses Keuangan UMKM, Ganjar Luncurkan Srikandi

“Ini saya sarankan mas, mbak, jangan di sini bangun rumahnya lagi. Nanti biar dibantu ini ada pak kades. Bangun rumahnya di tempat yang lebih aman,” tutur Ganjar.

Bujukan dari Gubernur Jateng dua periode itu pun berhasil. Pasutri itu setuju dibangunkan rumah di titik lokasi yang baru. Kelegaan hati pasutri ini, disambut riuh tepuk tangan bupati hingga perangkat desa setempat.

“Nah ini, Anda nggak usah khawatir. Sudah ada yang mau bantu. Nanti dari desa juga ada. Mas Pon sudah manut saja, nanti dibangunkan rumah yang bagus,” kata Ganjar.

Ponirah dan istrinya yang sumringah tampak menyeka air mata. Ganjar menyerahkan bantuan sebesar Rp15 juta yang berasal dari filantropi. Selain itu, Ponirah juga mendapat bantuan dari desa sebesar Rp10 juta.

“Alhamdulillah tadi kita ajak bicara, dirayu dikit gitu, jadi korbannya mau untuk mereka nanti membuat rumah di tempat yang lebih aman,” ucap Ganjar usai tinjauan.

Baca juga   Berkah Musim Kemarau, Petani Menoreh Panen Raya Jagung

Ganjar mengatakan, bantuan tersebut dipasrahkan kepada kepala desa setempat. Bupati Kebumen bertindak sebagai koordinator dan mengawal progresnya.

Ganjar mengapresiasi seluruh komponen masyarakat yang terlibat dan responsif pada musibah ini. Harapannya ke depan, Ganjar ingin agar edukasi masyarakat lebih diutamakan agar tanggap bencana.

“Minimal mengantisipasi agar selamat gitulah kalau terjadi bencana, itu saja dan tadi alhamdulilah mau ya, dan karena mau ya nanti kita eksekusi secepatnya,” tegasnya.

Sementara itu, musibah longsor menimpa sejumlah desa di Kecamatan Ayah, Kebumen. Tepatnya di sekitar objek wisata Pantai Menganti yang kontur daerahnya memang perbukitan.

Ganjar juga mengimbau sejumlah daerah rawan banjir dan longsor lain, seperti Kebumen, Purworejo, Banjarnegara, Temanggung, Wonosobo, ke Barat itu sampai Purbalingga Banyumas, bahkan hingga Cilacap.

“Ini areanya memang pegunungan. Ini area yang memang betul-betul rawan. Maka kita mesti siaga penuh,” tandasnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi. Foto: Ist/InfoPublik

Peristiwa

Ini Langkah Pencegahan PMK yang Menyerang Hewan Ternak
Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyerahkan bantuan rehabilitasi jaringan tersier melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3AGAI). Foto: Diskominfo Sukoharjo

Peristiwa

52 Desa di Sukoharjo Terima Bantuan Rehabilitasi Jaringan Tersier
Gereja Katholik St Petrus dan Paulus Temanggung menerapkan sistem QR code dalam perayaan Natal, Jumat (24/12/2021). (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Perketat Pengamanan Natal, Gereja di Temanggung Terapkan QR Code
Menko PMK Muhadjir Effendy berkunjung ke Katedral untuk meminta saran dan masukan Kardinal Ignatius Suharyo atau Romo Haryo terkait kebijakan khusus saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. (Foto: Kemenko PMK)

Peristiwa

Menko PMK ke Katedral, Kumpulkan Saran untuk Kebijakan Nataru
Simulasi evakuasi mandiri warga Desa Kemiren Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang saat peringatan HKB 26 April 2022. (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Semua Warga Kemiren Srumbung Pukul Kentongan, Menyelamatkan Diri dari ‘Bencana’ Gunung Merapi
Foto: Humas Polda Metro Jaya/ Tribratanews

Peristiwa

Polisi Ungkap Kasus Eksploitasi Seksual di Apartemen Jakbar, 8 Anak Jadi Korban
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Kegiatan DAK Air Minum, Sanitasi, dan Hibah Air Limbah Setempat 2022, Kabupaten Wonosobo. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

Peristiwa

Wonosobo Bakal Bangun 2.542 Sambungan Akses Air Bersih Warga di 2023
Alumni 1990 SMA Negeri I (SMANSA) Wonogiri, Jawa Tengah mengadakan acara reuni, Rabu (4/5/2022). Foto: Ist

Peristiwa

Vakum 2 Tahun, Alumni 1990 SMAN I Wonogiri Adakan Reuni