Home / Peristiwa

Rabu, 3 November 2021 - 17:11 WIB

Potensi Industri Kreatif Hampir Sama, Dekranasda Jepara Belajar ke Bantul

Ketua Dekranasda Kabupaten Jepara Hesti Nugroho dan Ketua Dekranasda Bantul Emi Masruroh Halim bertukar cideramata. (Foto: Diskominfo Jepara)

Ketua Dekranasda Kabupaten Jepara Hesti Nugroho dan Ketua Dekranasda Bantul Emi Masruroh Halim bertukar cideramata. (Foto: Diskominfo Jepara)

NYATANYA.COM, Bantul – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Jepara siap menjalin kerja sama dengan Kabupaten Bantul, dalam pengembangan industri kreatif yang ada di kedua kabupaten tersebut.

“Kami ingin belajar dan sharing terkait perkembangan industri kreatif di Kabupaten Bantul. Kalau diperlukan, kami siap menjalin kerja sama lebih lanjut,” kata Ketua Dekranasda Kabupaten Jepara Hesti Nugroho, saat kunjungan ke kantor Dekranasda Kabupaten Bantul, Selasa (2/11/2021).

Disampaikan, Jepara mempunyai potensi industri kreatif yang hampir sama dengan Kabupaten Bantul. Namun, saat ini masih perlu didorong, agar lebih berkembang dan semakin maju.

Baca juga   Bersama Lawan Berita Hoaks Vaksinasi Covid-19

“Selain ukir yang memang sudah diakui oleh dunia, kami juga ada tenun troso, batik, kerajinan monel, dan juga gerabah sebagaimana di Kabupaten Bantul. Ini yang akan kita dorong,” kata Hesti.

Ditambahkan, Kabupaten Bantul juga dikenal sebagai salah satu daerah pengrajin batik tulis di Daerah Istimewa Yogyakarta, salah satunya Kampung Batik Giriloyo. Pihaknya juga menginginkan kesuksesan yang sama untuk batik Jepara.

Ketua Dekranasda Bantul Emi Masruroh Halim menyampaikan, saat ini Kabupaten Bantul tengah konsen mengembangkan kerajinan batik. Selain Giriloyo yang merupakan sentra batik tulis, juga batik Pandak yang lebih kontemporer, dan sentra batik Nitik Kembangsongo.

Baca juga   Stok Vaksin Ditambah, Jateng Terus Percepat Vaksinasi

“Ini sudah mulai kita kembangkan, semoga Jepara juga dapat mengembangkan sentra batik juga,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Bantul, Agus Sulistiyono juga mengakui kemiripan Jepara dan Bantul. Keduanya merupakan kota wisata yang didukung dengan budaya, kerajinan, dan industri kreatifnya.

“Kalau saat ini Jepara yang datang ke sini, kami juga ingin belajar ke Jepara. Mudah-mudahan tahun depan kita bisa kerja sama dan ke sana,” katanya. (*)

Share :

Baca Juga

Sejumlah relawan membungkus nasi di posko dapur umum korban letusan Gunung Semeru di Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Posko dapur umum tersebut menyiapkan 1.500 bungkus nasi untuk tiga kali makan bagi korban terdampak erupsi Gunung Semeru. (ANTARA FOTO/Seno/hp)

Peristiwa

PLN Siapkan 9 Genset di Daerah terdampak Erupsi Semeru
Gerakan “Kids Take Over” merupakan rangkaian peringatan Hari Anak se dunia yang jatuh pada 20 November. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

50 Anak Jateng “Rebut” Kursi Gubernur, Bupati dan Wali Kota
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Namanya Dicatut Akun FB Palsu, Gus Yasin Imbau Masyarakat Hati-hati
wakil Presiden Ma’ruf Amin saat meninjau lokasi pembangunan hunian sementara di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (14/1/2022). (Foto: MC Kab. Lumajang)

Peristiwa

Huntara Smart Village bagi Terdampak Erupsi Semeru Ditarget Siap Huni Lebaran
Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo melaunching Aplikasi Pemilihan OSIS (Pemilos) bersama KPU dan Balai Pendidikan Menengah. (Foto: MC.Kab.Kulon Progo)

Peristiwa

Ajarkan Demokrasi Sejak Dini, Pemkab Kulon Progo Launching Aplikasi Pemilos
Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Presiden menjelaskan tiga rencana guna menangani banjir di wilayah tersebut. (Foto: BPMI/Istimewa)

Peristiwa

Presiden: Tiga Rencana Penanganan Banjir di Kabupaten Sintang
Kepala Satpol PP Kabupaten Demak Muh Ridhodhin melalui Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Kabupaten Demak, Aryo Soebajoe mengatakan, sebanyak 2.252 batang rokok polosan atau tidak bercukai disita dalam operasi kali ini. (Foto: Kominfo/ist)

Peristiwa

Satpol PP Sita 2.252 Batang Rokok Polosan dalam Operasi di Demak
Bupati Boyolali, M. Said Hidayat saat melihat vaksinasi siswa di SMP N 1 Boyolali, Jumat (23/07/2021). (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Pemkab Boyolali Kebut Vaksinasi 33 Ribu Siswa SMP