Home / News

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:07 WIB

PPDB Online SMA dan SMK Negeri 2022/2023 di DIY Dibuka, Ini Ketentuan dan Linknya

Foto: Ist

Foto: Ist

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Memasuki tahun ajaran 2022/2023 Pemerintah Provinsi DIY melalui Dinas Pendidikan Provins melaksakan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA dan SMK Negeri di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

PPDB bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara usia sekolah khususnya di DIY agar memperoleh layanan pendidikan yang berkualitas.

Daya tampung sekolah yang terbatas untuk dapat menerima jumlah peserta didik baru yang terdaftar, maka perlu diadakan sistem seleksi PPDB yang objektif, transparan, akuntabel, tidak diskriminatif, dan kompetitif.

Sistem PPDB online dilakukan untuk menjamin terselenggaranya proses PPDB dapat berjalan secara objektif, transparan, akuntabel, tidak diskriminatif, dan kompetitif serta menjamin akses layanan pendidikan di DIY dapat menjangkau ke semua lapisan masyarakat, dapat dilaksanakan dengan mudah, terjangkau dan berkualitas.

Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya menjelaskan aturan PPDB SMA/SMK masih mengikuti Permendikbud tahun 2021. Saat ini DIY sedang proses penerbitan petunjuk teknis (juknis) PPDB yang akan ditandatangani Gubernur DIY.

Secara umum aturan yang akan diterbitkan itu masih seperti PPDB 2021 dengan berbasis zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua dan prestasi.

Baca juga   Presiden Pimpin Penyatuan Tanah dan Air dari Seluruh Nusantara di Titik Nol IKN

“Ini baru usulan kami ke Bapak Gubernur jadi belum keputusan. Persentasenya untuk zonasi 55 persen, afirmasi untuk siswa kurang mampu 20 persen, perpindahan tugas orang tua lima persen dan 20 persen jalur prestasi,” katanya belum lama ini.

Didik memastikan persentase itu sama dengan tahun sebelumnya termasuk untuk zonasi tidak ada pengurangan. Akan tetapi jika jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan tugas orangtua tidak terpenuhi maka kuota tersebut dialihkan untuk zonasi.

“Secara otomatis sistem akan mengalokasikan ke zonasi ketika jalur lain tidak terpenuhi,” ucapnya.

Adapun syarat bagi siswa kurang mampu yang akan mendaftar melalui jalur afirmasi saat ini cukup mudah karena dikhususkan bagi siswa dari keluarga yang terdaftar di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kemensos.

Data siswa pendaftar akan dicocokkan dengan data DTKS untuk memastikan bahwa siswa tersebut memang berasal dari keluarga miskin.

“Nanti petugas kami tinggal kroscek sistem saja karena ini data yang dipakai DTKS misalnya menyertakan bukti, nanti akan terlihat di DTKS,” katanya.

Baca juga   204 Warga Magelang Sembuh dari Covid-19

Didik mengatakan jika zonasi tidak bisa menampung semua pendaftar dalam suatu sekolah karena ketidakseimbangan antara jumlah bangku dengan jumlah pendaftar sehingga masih ada alat seleksi lain pada jalur zonasi berupa nilai gabungan.

Dia mengatakan nilai gabungan merupakan nilai gabungan rapor lima semester ditambah nilai ASPD serta ditambah dengan akreditasi sekolah meski porsinya kecil.

“Akreditasi sekolah ini untuk membantu melinearisasi nilai rapor. Misalnya, ada sekolah yang akreditasinya tidak bagus tetapi guru memberikan nilai rapornya tinggi di sisi lain ada sekolah yang akreditasinya bagus tetapi mungkin nilai rapor tidak terlalu tinggi, nah ini yang perlu dilinearkan,” katanya.

PPDB Online SMA dan SMK Negeri di DIY 2022/2023 terdiri dari beberapa jalur yaitu Zonasi DIY, Afirmasi, Perpindahan Tugas dan Prestasi. Jalur PPDB SMK Negeri Provinsi Yogyakarta terdiri dari Zonasi DIY, Afirmasi, Perpindahan Tugas dan Prestasi.

untuk keterangan lebih lanjut bisa klik ke website Siap PPDB Online Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di https://yogyaprov.siap-ppdb.com/.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

(nyatanya.com/@unpad)

News

Ketua Uji Klinis Vaksin Sinovac Bio Farma Dr Novilia Sjafri Meninggal Dunia
Tersangka beserta barang bukti dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolda Jatim. Foto: selalu.id

News

Polda Jatim Ungkap Kasus BBM Ilegal dan Elpiji, 92 Tersangka Diamankan
PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PELNI (Persero) siap mengoperasikan seluruh kapal penumpang yang dimiliki untuk melayani angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Perusahaan memastikan kesiapan operasional kapal demi kelancaran angkutan Nataru 2021/2022. (Foto: PELNI)

News

Seluruh Kapal PELNI Siap Layani Angkutan Nataru 2021/2022
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Gempa Bumi Pacitan M 4,8 Juga Dirasakan Warga Yogyakarta
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto:nyatanya.com/YouTube Kemenag RI)

News

Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Adha 1442 H, 20 Juli 2021
Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo dan jajarannya saat jumpa pers. (Foto: Diskominfo Pemalang)

News

Pemalang Level 2, Bupati Imbau Masyarakat Tetap Patuhi 3M
Foto: Mugi/Humas Kemendes PDTT

News

Mendes PDTT Minta Evaluasi Kondisi Gedung Kemendes PDTT yang Terbakar
Bupati Klaten, Sri Mulyani meninjau langsung kegiatan PTM yang digelar di SMAN 2 Klaten dan SMKN 2 Klaten. (Foto: Humas Kab.Bantul)

News

Jangan Kendor Prokes, PTM di Klaten Dipantau Ketat