Home / News

Kamis, 30 Mei 2024 - 21:50 WIB

PPIH Arab Saudi Matangkan Skema Safari Wukuf Lansia Nonmandiri

Petugas Penyelemggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mematangkan skema pelaksanaan Safari Wukuf bagi jemaah lansia non mandiri. (Foto: Istimewa/Humas Kemenag)

Petugas Penyelemggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mematangkan skema pelaksanaan Safari Wukuf bagi jemaah lansia non mandiri. (Foto: Istimewa/Humas Kemenag)

NYATANYA.COM, Jeddah – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mematangkan skema pelaksanaan Safari Wukuf bagi jemaah lansia nonmandiri.

Wukuf merupakan rukun haji yang tidak boleh dilewatkan. Wukuf juga sering kali disebut sebagai inti dari ibadah haji.

Safari Wukuf itu diberikan kepada jemaah haji yang sakit, atau yang dalam perawatan serta bisa dibawa dengan ambulans atau bus kesehatan.

Ada dua penyelenggaraan safari wukuf. Pertama, safari wukuf jemaah sakit yang dilakukan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

Kedua, safari wukuf jemaah lansia nonmandiri yang difasilitasi oleh Bidang Layanan Lansia dan Disabilitas.

“Hari ini kita bahas skema safari wukuf lansia nonmandiri. Ini adalah kali kedua. Sehingga, sejumlah evaluasi tahun lalu kita lalukan agar penyelenggaraan tahun ini lebih baik,” ujar Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrulllah Jasam, di Jeddah, Rabu (29/5/2024).

Rapat pematangan skema Safari Wukuf Lansia Non Mandiri digelar secara hybrid dan dipusatkan di Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah.

Rapat dipimpin Ketua PPIH Arab Saudi Nasrullah Jasam, dihadiri Kepala Bidang Lansia dan Disabilitas Slamet ST, Kabid Siskohat Hasan Affandi, Kabid Layanan Pemulangan Noer Aliya Fitra, Kabid Pengawas PIHK Suviyanto, serta Sekretaris PPIH Amir Hamzah.

Baca juga   Foto: Prosesi Puncak Haji 2022

Hadir secara daring, Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, Kepala Pusat Kesehatan Haji Liliek, Kabid Kesehatan Haji Indro Murwoko, Kabid Akomodasi Zainal Muttaqin, Kabid Transportasi Mujib Roni, Kabid Katering Sutikno, Kabid Bimbingan Ibadah Z Nasution, dan tim Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah.

“Tahun ini, PPIH akan siapkan satu hotel transit khusus bagi peserta Safari Wukuf Jemaah Haji Lansia Non Mandiri. Sehingga jemaah tidak terpencar-pencar seperti tahun lalu. Lokasinya kita dekatkan dengan KKHI Makkah untuk memudahkan pengawasan,” sebut Nasrullah.

Menurutnya, hotel transit bagi jemaah Safari Wukuf Lansia Non Mandiri akan disiapkan dari 7 – 15 Zulhijjah 1445 H.

Proses evakuasi jemaah dari sektor pemondokan jemaah ke hotel transit dilakukan sejak 7 Zukhijjah.

Tanggal 9 Zulhijjah siang, jemaah akan bergerak ke Arafah untuk wukuf sejenak, lalu kembali ke hotel transit,” sebut Nasrullah.

“Nanti ada tim bimbingan ibadah yang akan memantau pelaksanaan manasik jemaah safari wukuf lansia non mandiri,” sambungnya.

Baca juga   Bus Trans Jateng Pangkas Biaya Transportasi Buruh di Jateng, Tahun Depan Buka Rute Solo-Wonogiri

“Kita juga siapkan mekanisme layanan transportasi dan katering bagi jemaah safari wukuf lansia non mandiri,” katanya lagi.

Kepala Bidang Layanan Lansia dan Disabilitas Slamet ST menambahkan, tahun ini pihaknya mengalokasikan layanan safari wukuf bagi 300 jemaah lansia.

“Kami akan siapkan 10 tenaga medis dari Petugas Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji), 10 petugas bimbingan ibadah, 36 petugas pada bidang layanan lansia dan disabilitas,” jelasnya.

Dijelaskan Slamet, pihaknya akan mendiskusikan dengan pihak KKHI Makkah. Dari situ dilakukan proses pendataan awal dan diharapkan sudah terhimpun pada 1 Zulhijjah 1445 H.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Indonesia Liliek Marhaendro menyambut baik proses pendataan dan pengecekan kesehatan yang dilakukan sejak awal. Basisnya dari usulan kloter.

“Kita akan melakukan pengecekan kesehatan. Jadi kloter mengusulkan jemaah untuk dilakukan Medicak Check Up (MCU) untuk dinilai kelayakan safari wukuf,” jelas Liliek.

“Jadi yang menentukan kelayakan adalah KKHI melalui proses MCU. Data jemaah yang diusulkan untuk dinilai kelayakannya ini sangat dibutuhkan. Kalau bisa 1 Zulhijjah sudah ada data awal,” tandasnya. (N1)

Sumber: infopublik.id

Share :

Baca Juga

Proses Verifikasi Keanggotaan menggunakan Teknologi Informasi. Foto: Ist

News

Mengejutkan! PSI DIY Lolos Verifikasi Keanggotaan 100%
Presiden Jokowi dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara dalam acara yang diselenggarakan di Baruga Keraton Kesultanan Buton, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (27/9/2022). Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Dianugerahi Gelar Laki-laki Berperilaku Mulia oleh Kesultanan Buton
Jalur arteri pantura di Cirebon, Jawa Barat, pada arus balik H+6 atau Minggu (8/5/2022) terus dipadati oleh para pemudik, khususnya para pemudik yang mengarah ke Jakarta. (Foto: InfoPublik)

News

Arus Balik, Arteri Pantura Cirebon Terus Dipadati Pemudik
Ilustrasi. (Foto: Istimewa/InfoPublik/Kominfo)

News

Temui Titik Terang, Pemerintah Tegaskan akan Ungkap Kasus Satelit Orbit 123 BT
(Foto: Kemenkes)

News

Vaksinasi Lengkap Terbukti Cegah Gejala Berat Hingga Kematian Akibat Covid-19
Ilustrasi kedatangan vaksin. (Foto: Ryiadhy Budhy Nugraha/InfoPublik)

News

Besok, Pasokan Vaksin Covid-19 Sebanyak 4.677.430 Dosis Tiba di Tanah Air
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi. (Foto: humas/beritamagelang)

News

Kasus Aktif Covid-19 di Magelang Mencapai 2.012 Orang, Tersebar di 21 Kecamatan
Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Serahkan BLT BBM bagi Peserta Program PKH di Maluku Tenggara