Home / Peristiwa

Jumat, 16 Juli 2021 - 12:38 WIB

PPKM Darurat Berdampak, Penjualan Hewan Kurban Turun Hingga 50 Persen

Pasar hewan Jelok Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Pasar hewan Jelok Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

NYATANYA.COM, Boyolali – Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat berdampak bagi perekonomian rakyat. Tak seperti tahun kemarin, Hari Raya Idul Adha tahun ini dirasa sangat berbeda, karena para pedagang hewan kurban juga turut terdampak akibat kebijakan PPKM Darurat.

Ditemui di pasar hewan Jelok Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali, Kamis (15/7/2021), Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Hewan Suroso menjelaskan bahwa peningkatan hewan kurban di pasar hewan jelok pada tahun ini hanya 20 persen, tidak seperti tahun lalu dimana peningkatan bisa mencapai 25 persen. Jika pada hari biasa, hewan ternak yang ada di pasar hewan Jelok hanya sekitar 800, kini menjelang hari raya Idul Adha meningkat hingga 1000.

Baca juga   Gowes Pagi, Ganjar Borong Dagangan PKL dan Bagikan Makanan

“Ini pengaruh dari PPKM, ya mungkin agak sedikit terasa. Karena apa, banyak penyekatan dan juga untuk ke luar kota khususnya ke Jakarta, Bandung, ini ada beberapa yang dibatalkan,” terangnya.

Selain itu, Suroso mengatakan jika ada beberapa pedagang hewan kurban yang terpapar Covid-19 sehingga harus melaksanakan isolasi mandiri. Disinggung mengenai penerapan protokol kesehatan di pasar hewan tersebut, pihaknya mengaku memang kesulitan untuk menjaga jarak. Hal tersebut dikarenakan oleh masih adanya pembangunan untuk perluasan area pasar, sehingga masih terkonsentrasi satu tempat.

“Sehingga untuk jaga jarak memang agak sulit, namun untuk pemakaian masker kita selalu mengingatkan,” ujar Suroso.

Baca juga   Pemkab Bantul Gelar Vaksinasi Bagi Penyandang Disabilitas

Sementara itu, salah satu pedagang hewan kurban yang ditemui di lokasi, Taufik Ismail mengaku penjualannya berkurang drastis dengan adanya PPKM ini.

“Untuk penjualan kita sangat drastis turunnya, bisa hampir 50 persen dibanding tahun-tahun sebelumnya. Alhamdulillah ini sekitar 100 ekor, kalau tahun kemarin bisa 250 sampai 300 ekor,” ungkapnya.

Taufik adalah salah satu pedagang hewan kurban yang biasa berjualan hingga Bandung, Jakarta dan Banten ini mengalami pembatalan pesanan hewan kurban..

“Saya khususnya sapi yang gede-gede untuk para pejabat khususnya banyak yang dibatalin pengaruh PPKM ini,” katanya. (*)

Share :

Baca Juga

Krisna Septian SH Kuasa Hukum Jamil berharap pelaku segera ditangkap. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Antisipasi Pelaku Pengancaman Kabur, Kuasa Hukum Jamil Desak Polisi Tangkap Terlapor
Lomba kampung juara diselenggarakan sebagai upaya mewujudkan kampung yang bersih, indah, hijau, tertib, dan berkelanjutan. (Foto: Diskominfo Demak)

Peristiwa

Kampung Pesona Pujatim Raih Juara I Lomba Kampung Juara 2021
Bantuan yang diserahkan merupakan bagian dukungan Baznas dalam penanganan Covid-19 yang dampaknya masih dirasakan masyarakat Klaten. (Foto: Humas Pemkab Klaten)

Peristiwa

Baznas Klaten Serahkan Bantuan Logistik Penanganan Covid-19
Setiap pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah setidaknya memperoleh bantuan logistik selama 10 hari. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pelaku ‘Gandeng Gendong’ Cukupi Kebutuhan Permakanan Pasien Isoman Kota Yogya
Ganjar Pranowo ngobrol dengan mahasiswa yang borong dagangan PKL di Tembalang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Ganjar Pergoki Mahasiswa yang Borong Dagangan PKL Tembalang
Ghifari Putra Setyawan menerima bantuan dari Presiden Jokowi yang diserahkan Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, S.I.P., M.I.Pol (Dandim 0726/Sukoharjo) dan Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, S.I.K., M.PICT., M.Krim. (Foto: Humas Sukoharjo)

Peristiwa

Yatim Piatu Covid-19, Ghifari Dapat Bantuan dari Presiden Jokowi
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memberikan penghargaan secara simbolis kepada relawan dedikasinya dalam mendukung percepatan penanganan Covid-19. (Foto: Kominfo Kebumen)

Peristiwa

200 Relawan Pemulasaran Jenazah Covid-19 dapat Penghargaan dari Bupati Kebumen
Ganjar Pranowo melihat langsung KRI dr Soeharso sandar di Semarang. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Jateng Dapat Pasokan Oksigen dari KRI dr Soeharso