Home / News

Senin, 6 September 2021 - 22:29 WIB

PPKM Diperpanjang Lagi, DIY Turun ke Level 3

(Ilustrasi: nyatanya.com/Foto: Agoes Jumianto)

(Ilustrasi: nyatanya.com/Foto: Agoes Jumianto)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah mengumumkan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1, 2, 3, dan 4 di Jawa-Bali hingga 13 September 2021.

Ada sejumlah daerah yang mengalami penurunan level PPKM salah satunya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). DIY turun dari PPKM level 4 ke level 3. Sementara Bali masih tetap berada di level 4.

“DIY berhasil turun ke level 3. Sementara Bali kami perkirakan butuh waktu 1 minggu lagi untuk turun ke level 3 dari level 4 akibat perawatan pasien di rumah sakit yang masih tinggi,” kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (6/9/2021).

Baca juga   Menggoreng Isu

Menteri Luhut mengatakan saat ini kondisi Covid-19 di Indonesia terus mengalami perbaikan. Hal itu ditandai dengan semakin sedikitnya daerah yang mengalami penurunan level PPKM.

“Situasi Covid-19 di Jawa-Bali terus mengalami perbaikan yang cukup berarti. Hal itu ditandai semakin sedikitnya kota/kabupaten berada di level 4,” ujar Luhut.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji saat mengikuti diskusi bersama Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) secara daring, Minggu (5/9/2021) menyampaikan harapan terbaiknya agar DIY bisa segera turun level.

Bukan tanpa alasan Aji mengharapkan PPKM segera turun level. Perekonomian utama di DIY ditopang oleh dua hal yaitu pendidikan dan pariwisata. Dengan adanya pandemi ini, bahkan jauh sebelum PPKM level 4 di tetapkan, DIY telah mengalami kesulitan mengingat mahasiswa tidak aktif berkuliah secara tatap muka. Pun dengan pariwisata yang juga terpaksa harus collaps.

Baca juga   Tingkat Keterisian RS Covid-19 Naik, Disiplin Prokes Kunci Cegah Penularan

“Sumber utama ekonomi di DIY adalah pariwisata dan pendidikan. Dua unsur ini adalah kerumunan yang menghidupkan DIY. Jika dua unsur ini tidak ada, bisa dipastikan ekonomi DIY terpuruk. Masyakat terpapar atau lapar, adalah dua hal yang memang sangat sulit kita hindari,” ujar Aji. (Aja)

Share :

Baca Juga

Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman mengadakan Pembinaan Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik Tingkat Menengah pada Selasa (21/6/2022). Foto: Ist

News

Tingkatkan Kompetensi Guru Agama Katolik, Membumikan Moderasi Beragama
Vaksin AstraZeneca tersebut tiba pukul 15:53 WIB di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, diangkut menggunakan maskapai Emirates dengan nomor penerbangan EK356. (Foto: Taofuk Rauf/InfoPublik)

News

Stok Kembali Bertambah, 1.065.400 Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Bandara Soetta
Foto: dok.Puspenkum

News

Kejagung Periksa Tiga Saksi Korupsi SKEBP Rajungan PT Surveyor, Ini Identitasnya
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah. (Foto:InfoPublik)

News

Menaker Wajibkan Perusahaan Bayar Penuh THR Paling Lambat 7 Hari Sebelum Lebaran
Presiden Joko Widodo. (Foto: BPMI Setpres)

News

Presiden Minta Jajarannya Berikan Pelayanan Maksimal kepada Pemudik
Pasukan gabungan dari Angkasa Pura, TNI, Polri dan Dishub mengikuti apel gelar pasukan di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (19/12/2022). Apel pasukan gabungan tersebut untuk mengamankan arus mudik libur Natal dan Tahun Baru menggunakan pesawat terbang di bandara tersebut dan petugas juga mendirikan posko terpadu yang dilengkapi berbagai informasi untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan pemudik. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/aww.

News

Tiga Hari Lagi Polisi Gelar Operasi Lilin Serentak di Seluruh Wilayah, Amankan Nataru
Dirjen IKP Kominfo, Usman Kansong. (Foto: Tangkapan layar YouTube)

News

Dirjen IKP Kominfo: Banyak Orang Tak Peduli Hak Cipta Jurnalistik di Medsos
Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih meninjau pengaspalan jalan di Sindet - Plencing, Wukirsari, Jetis Bantul yang merupakan bagian dari percepatan pembangunan infrastruktur di wilayahnya. (Foto: Humas Bantul)

News

Pulihkan Ekonomi Terdampak Covid-19 , Pemkab Bantul Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur Pedesaan