Home / News

Selasa, 2 Agustus 2022 - 11:04 WIB

PPKM Diperpanjang sampai 5 September 2022, Seluruh Daerah Berada di Level 1

Foto: ANTARA

Foto: ANTARA

NYATANYA.COM, Jakarta – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyampaikan kondisi seluruh daerah baik di dalam maupun luar Jawa dan Bali, statusnya tetap berada pada level 1 selama masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Penetapan level 1 di seluruh Indonesia tentunya juga berdasarkan pertimbangan dari sejumlah pakar dengan mempertimbangkan kondisi faktual di lapangan,” kata Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Safrizal ZA, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (2/8/2022).

Menurut Safrizal, kenaikan jumlah kasus Covid-19 memang terjadi, namun hal penting yang secara paralel harus dilihat adalah terkait dengan tingkat keterisian rumah sakit (Bed Occupation Rate/ BOR) yang masih rendah.

“Hal itu menunjukkan fatality rate dari virus Covid-19 saat ini terkendali sehingga masyarakat tidak perlu panik tetapi tetap menjaga disiplin protokol kesehatan, khususnya di tempat tertutup dan tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan,” katanya.

Pemerintah memutuskan untuk kembali memperpanjang pelaksanaan PPKM di daerah di tengah pandemi yang terus diupayakan terkendali.

Langkah kebijakan itu tetap diperlukan untuk mengantisipasi adanya potensi naiknya kasus Covid-19 di Indonesia.

Baca juga   Kasus Sembuh Harian Covid-19 Bertambah 3.865 Orang

Pengaturan tersebut dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 38 Tahun 2022 untuk pelaksanaan PPKM di Jawa dan Bali yang berlaku mulai 2-15 Agustus 2022.

Serta, Inmendagri Nomor 39 Tahun 2022 untuk PPKM di luar Jawa dan Bali yang berlaku mulai 2 Agustus sampai dengan 5 September 2022.

Safrizal mengatakan, pelaksanaan PPKM kembali diperpanjang mengingat adanya peningkatan kasus Covid-19 pada beberapa minggu terakhir.

“Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat, PPKM kembali diperpanjang mengingat kondisi belakangan ini kasus aktif menunjukkan peningkatan dikarenakan sub-varian baru dari Omicron yang dikenal dengan istilah BA.4 dan BA.5. Walaupun begitu, pelaksanaan PPKM di seluruh daerah tetap menunjukkan penanganan pandemi yang terus terkendali,” katanya.

Selain itu, pada pengaturan Inmendagri kali ini ada beberapa perubahan di antaranya terkait dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 7 Tahun 2022 soal panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Kemudian, penambahan pintu masuk bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) juga dilakukan terhadap enam bandar udara yaitu Bandar Udara Sultan Iskandar Muda, Bandar Udara Minangkabau, Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II, Bandar Udara Adi Sumarno, Bandar Udara Syamsudin Noor, dan Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan.

Baca juga   Tiba di Tanah Air, Vaksin Pfizer 879.840 Dosis Langsung Dikirim ke 6 Daerah Ini

Lebih lanjut, penggalakan program vaksinasi khususnya meningkatkan capaian pemberian dosis ketiga (booster) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya agar pandemi dapat terus terkendali.

“Diminta kepada para kepala daerah untuk terus melakukan dukungan percepatan pelaksanaan booster secara proaktif, terfokus, dan terkoordinir sebagai wujud aksi preventif terhadap varian baru yang muncul,” ucapnya.

Penguatan kerja sama antara jajaran forum komunikasi pimpinam daerah (forkopimda), pemerintah daerah maupun aparat kewilayahan untuk terus mengintensifkan pemantauan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di area-area publik.

“Sehingga masyarakat tetap waspada dan memperhatikan disiplin prokes, mengingat sesaat lagi akan banyak kegiatan-kegiatan perayaan HUT RI atau 17-an yang selama dua tahun belakangan ini tidak dapat diselenggarakan,” ujarnya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Pemkot bekerjasama dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Yogyakarta menyelenggarakan rangkaian peringatan Hari Kartini tahun 2022. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Hari Kartini Ajak Perempuan Yogya Terus Berkarya
Presiden Joko Widodo. Foto: BPMI Setpres

News

Ternyata Ini Alasan Presiden Pilih Heru Budi Jadi Pj Gubernur DKI
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi. (Foto: humas/beritamagelang)

News

Kasus Aktif Covid-19 di Magelang Mencapai 2.012 Orang, Tersebar di 21 Kecamatan
Seorang anggota Polisi di Surabaya sedang memakai bodycam. (Foto:selalu.id)

News

Jangan Ngeyel Jika Melanggar Lalu Lintas, Polisi di Surabaya Dibekali Bodycam
Jalan Margo Utomo Yogyakarta yang biasane ramai, sekarang mulai disekat untuk untuk mengurangi mobilitas warga. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

News

Positif Covid-19 di DIY Tambah 1.386 Kasus, Sembuh 779 Orang
Presiden Joko Widodo. (Foto: Istimewa)

News

ASN Sumringah, Presiden Jokowi Sudah Tandatangani Perpres THR dan Gaji ke-13
(Foto: Diskominfo Wonosobo)

News

Harga Minyak Goreng Belum Stabil, Pemkab Wonosobo Kembali Gelar Operasi Pasar
DPRD Kota Yogyakarta menggelar rapat paripurna pembukaan masa sidang tahun 2022 pada Jumat (3/6/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

DPRD Kota Yogyakarta Buka Masa Sidang, Belasan Raperda Menunggu Disahkan