Home / News

Rabu, 22 September 2021 - 16:10 WIB

PPKM Kembali Diperpanjang, Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Pemerintah kembali melanjutkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 hingga 4 Oktober 2021 di Kota Yogyakarta. Sejumlah ruas jalan juga masih ditutup. (Foto: Agoes Jumianto)

Pemerintah kembali melanjutkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 hingga 4 Oktober 2021 di Kota Yogyakarta. Sejumlah ruas jalan juga masih ditutup. (Foto: Agoes Jumianto)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah kembali melanjutkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 hingga 4 Oktober 2021 di Kota Yogyakarta. Hal yang berbeda pada PPKM Level 3 ini ada pelonggaran yakni anak di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk pusat perbelanjaan atau mal. Meski demikian, Wakil Walikota (Wawali) Yogyakarta Heroe Poerwadi mengajak masyarakat untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan (prokes).

“Meskipun anak-anak di bawah 12 tahun sudah diperbolehkan masuk mal, harapan kami semua harus menjaga protokol kesehatan. Terutama menyangkut tentang melindungi semua,” kata Heroe, Rabu (22/9/2021).

Berdasarkan aturan PPKM Level 3 yang terbaru, mal atau pusat perbelanjaan di Kota Yogyakarta dan tiga wilayah lain di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Kota Bandung, dan Kota Surabaya, sudah diizinkan menerima anak berusia kurang dari 12 tahun. Namun anak harus didampingi dan diawasi orang tua saat anak mengunjungi mal.

Pihaknya berharap pelonggaran-pelonggaran aturan PPKM Level 3 bisa menggeliatkan aktivitas ekonomi semakin meningkat. Seperti pelonggaran diperbolehkan anak di bawah 12 tahun masuk mal diharapkan bisa meningkatkan aktivitas ekonomi. Namun tetap mengedepankan aspek kehati-hatian orang tua saat mengajak anak di bawah 12 tahun ke mal.

Baca juga   Ganjar Ziarah ke Makam Soegiarin, Jurnalis yang Viralkan Kemerdekaan Indonesia

“Kami harap adanya pelonggaran di berbagai aktivitas tetap jangan sampai mengabaikan aspek kehati-hatian. Jangan sampai sembrono karena kami harap tidak ada lagi peningkatan kasus Covid-19 di masa depan,” paparnya.

Heroe menyatakan Asosiasi Pengusaha Pusat Perbelanjaan sudah melakukan berbagai upaya untuk menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya dengan wajib menyediakan QR Code untuk dipindai aplikasi Peduli Lindungi.

Berdasarkan laporan Kementerian Perdagangan, lanjutnya, tingkat kepatuhan dan kelengkapan fasilitas protokol kesehatan di pusat perbelanjaan di Kota Yogyakarta yakni hampir atas 95-97.

Menurutnya dengan pemberlakuan kembali PPKM Level 4 selama dua minggu tidak terlalu berpengaruh dibandingkan sebelumnya saat diterapkan tiap minggu. Mengingat Pemkot Yogyakarta setiap hari melakukan evaluasi tentang pertumbuhan kasus maupun terkait semua elemen yang mempengaruhi.

Baca juga   Ganjar dan Airlangga Pimpin Tradisi Grebeg Apem Yaaqowiyyu

“Alhamdulillah dalam seminggu terakhir ini peningkatan kasus di Kota Yogyakarta cenderung turun terus. Bahkan kasus harian sudah di bawah 15 selama seminggu ini dan peningkatan pasien sembuh semakin besar. Artinya tingkat sebaran atau penularan di Kota Yogyakarta sudah agak turun,” terang Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta itu.

Heroe menyampaikan tingkat kematian pasien Covid-19 di Kota Yogyakarta juga semakin turun berkisar 1 sampai 2. Tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di rumah sakit di Kota Yogyakarta juga semakin turun berkisar kurang dari 15 persen. Sedangkan vaksinasi Covid-19 juga terus ditingkatkan di Kota Yogyakarta.

“Cuma memang di masa seperti ini kita tidak boleh mengabaikan tentang potensi-potensi sebaran. Yang penting ketika dilonggarkan tidak euphoria dan mengabaikan protokol kesehatan,” tandas Heroe. (*)

Share :

Baca Juga

Terhitung Rabu (1/9/2021), pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas dan bertahap di Kabupaten Kebumen dimulai. (Foto: Diskominfo Kebumen)

News

Turun Level 3, PTM di Kebumen Dimulai secara Bertahap
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

PPKM Darurat, Mobilitas DIY Turun di Atas 10%
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020 untuk kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (Foto:Dok Humas Pemkot Yogya)

News

Kota Yogyakarta Kembali Raih Anugerah Parahita Ekapraya 2020
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Warga Boyolali Dilarang Gelar Hajatan, yang Sudah Terlanjur Dapat Izin Dicabut
Sebagai vaksinator, Bupati Yuni mengapresiasi warga lansia Desa Slendro karena punya semangat tinggi untuk divaksin. (Foto: Diskominfo Sragen)

News

Bupati Sragen Turun Langsung Vaksinasi Lansia
Foto ilustrasi pelaksanaan vaksinasi yang digelar di Kabupaten Batang. (Foto:MC Kab Batang)

News

Kembali Level 3, Batang Genjot Vaksinasi 1 Persen per Hari
Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah Iwanuddin Iskandar. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

PTUN Tolak Gugatan Warga Wadas, Pemprov Jateng Rangkul Semua Masyarakat
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mendampingi Menkomarvest Luhut Binsar Pandjaitan, soft launching Kereta Bandara Yogyakarta International Airport. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Kereta Bandara YIA Beroperasi, Yogya-YIA Hanya 40 Menit