Home / News

Selasa, 15 Maret 2022 - 10:24 WIB

PPKM Kembali Diperpanjang, Wilayah Level 3 di Jawa-Bali Menurun Signifikan

Ilustrasi: nyatanya.com

Ilustrasi: nyatanya.com

NYATANYA.COM, Jakarta – Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali pada 15-21 Maret 2022.

Perpanjangan PPKM di Jawa-Bali hingga 21 Maret 2022 ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri atau Inmendagri Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa-Bali.

Dalam Inmendagri tersebut, jumlah wilayah yang menerapkan pemberlakuan PPKM level 3 menurun secara signifikan.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Bina Adwil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Safrizal, melalui pesan elektroniknya, Senin (14/3/2022).

“Terjadi penurunan jumlah daerah yang berada di level 3 yang semula berjumlah 84 daerah menjadi 66 daerah (untuk Jawa-Bali),” kata Safrizal.

Baca juga   Hingga 2 Agustus Kasus Covid-19 Tambah 5.827, Meninggal 24 Orang

Kemudian wilayah dengan level 2 jadi bertambah yang semula 37 daerah menjadi 55 daerah. Sedangkan untuk daerah level 4 belum mengalami perubahan dari Inmendagri Nomor 15 Tahun 2022, yaitu tetap 7 daerah.

“Begitu juga halnya dengan level 1 hingga saat ini belum ada daerah di wilayah Jawa dan Bali yang masuk ke level 1,” kata Safrizal.

Safrizal menuturkan, Mendagri M.Tito Karnavian memang kembali mengevaluasi pelaksanaa PPKM di seluruh Indonesia.

Dari evaluasi, kata Safrizal, menunjukkan penanggulangan Covid-19 di Indonesia memperlihatkan tren yang terus membaik dengan adanya penurunan jumlah kasus harian, serta menggeliatnya roda perekonomian di berbagai wilayah melalui kebijakan relaksasi yang diterapkan oleh pemerintah.

Baca juga   Catatan Akhir Tahun: Covid-19 di Jateng Berhasil Ditekan, Sekolah Dibuka dan Perekonomian Menggeliat

Menurut Safrizal, untuk wilayah di luar Jawa dan Bali, perpanjangan PPKM diatur dalam Inmendagri Nomor 17 Tahun 2022 yang akan berlaku efektif 15-28 Maret 2022.

“Di luar Jawa dan Bali saat ini juga menunjukkan kondisi yang lebih baik dimana sudah banyak daerah kabupaten/kota yang turun dari level 3 menjadi Level 2,” kata Safrizal.

Lebih lanjut, Safrizal mengungkapkan jumlah daerah yang berada di level 3 mengalami penurunan yang sangat signifikan dari 320 daerah menjadi 200 daerah.

Hal tersebut diikuti dengan naiknya jumlah daerah yang berada di level 2 dari 63 daerah menjadi 168 daerah, dan level 1 dari yang sebelumnya 3 daerah menjadi 18 daerah.

(N1)

Share :

Baca Juga

Pemkot Yogyakarta dan Pemkot Surakarta melakukan penandatanganan kerja sama mengembangkan kawasan aglomerasi, untuk pengembangan berbasis pariwisata, ekonomi, dan sport. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Genjot Ekonomi Kedua Kota, Walikota Yogya dan Surakarta Teken Kerja Sama
Ilustrasi. Foto: Ist/InfoPublik

News

Ada Aplikasi Sipudi dan Sidopi-Go, Izin Operasi Drone bisa Lewat Aplikasi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau Kelurahan Mangkang Wetan yang terkena banjir dari luapan Kali Beringin, Semarang, Selasa (8/11/2022). Foto: Humas Jateng

News

Cegah Banjir Mangkang Wetan, Ganjar Minta BBWS Bikin Tanggul Sementara
Foto ilustrasi. Calon penumpang pesawat melakukan lapor diri sebelum keberangkatannya di area Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (21/9/2021). (ANTARA FOTO/Fauzan/aww)

News

Covid-19 Mengganas, Pemerintah Kembali Lakukan Pembatasan Masuk ke Indonesia
Penampakan aktivitas Gunung Merapi Rabu (23/6/2021) pukul 21.40 WIB.(Foto:nyatanya.com/BPPTKG)

News

Baru Saja, Gunung Merapi 2 Kali Luncurkan Awan Panas
Petugas kesehatan melakukan tes usap Antigen Covid-19 kepada pedagang pasar saat kegiatan pengawasan penerapan protokol kesehatan di Pasar Badung, Denpasar, Bali, Jumat (14/1/2022). Kegiatan itu dilakukan untuk memastikan protokol kesehatan tetap diterapkan dengan ketat di pasar tradisional sebagai pencegahan penyebaran Covid-19 khususnya varian Omicron. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa)

News

Karakteristik Omicron Berbeda, Pemerintah Sesuaikan Strategi Penanganan
Ilustrasi anak. Foto: Kemenkes

News

Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak Meningkat, Nggak Usah Panik Ketahui Gejalanya Sejak Dini
Ilustrasi laut selatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto: Agoes Jumianto

News

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Banjir ROB Pantai Selatan Jabar, Jateng dan Yogyakarta