Home / Wisata

Kamis, 29 Juli 2021 - 22:22 WIB

PPKM Level 3, Wisata Nepal Van Java Dipercantik

Ditutupnya tempat wisata selama PPKM Level 3, dimanfaatkan pengelola Nepal Van Java berbenah dan tambah fasilitas. (Foto: instagram nepal_van_java)

Ditutupnya tempat wisata selama PPKM Level 3, dimanfaatkan pengelola Nepal Van Java berbenah dan tambah fasilitas. (Foto: instagram nepal_van_java)

NYATANYA.COM, Magelang – Momentum Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di Kabupaten Magelang dimanfaatkan pengelola destinasi wisata Nepal Van Java untuk berbenah menambah fasilitas dan pengembangan taman.

Semenjak Kabupaten Magelang menjadi zona merah, seluruh destinasi wisata di Kabupaten Magelang ditutup sementara, termasuk Nepal Van Java yang berada di lereng Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik ini.

Ditambah sekarang PPKM darurat dan dilanjutkan PPKM level 3. Destinasi wisata Nepal Van Java juga masih ditutup sementara.

Baca juga   Wisata Edukasi Lereng Menoreh Gelar Simulasi Pembukaan Kembali

Kepala Dusun Butuh, Lilik Setiyawan mengatakan, penutupan saat PPKM ini dimanfaatkan untuk melakukan pembenahan dan penertiban fasilitas yang ada. Hal ini seperti melakukan penambahan fasilitas tempat sampah, pengembangan taman dan lainnya.

“Pengembangan di Taman Depok yaitu pemasangan Gunungan Wayang dan tulisan aksara Jawa Dusun Butuh dengan tujuan untuk lebih menonjolkan sisi identitas budaya Jawa,” kata Lilik, Kamis (29/7/2021).

Ia menambahkan, selain itu, pembenahan dilakukan untuk menambah daya tarik. Karena keberadaan destinasi wisata Nepal Van Java bukan hanya pemandangan, namun juga akan menampilkan sisi budaya. Nantinya jika situasinya sudah membaik dan diberikan izin akan ditampilkan kesenian asli Dusun Butuh untuk menghibur wisatawan.

Baca juga   Paguyuban Jemparingan Hantu Maut 1948, Rayakat HUT dengan Gladhen Gagrak Mataram

“Sambil menunggu keadaan membaik dan tentunya perizinan kami akan menampilkan juga kesenian yang ada di Dusun Butuh yaitu Dayakan, Kuda lumping, Jathilan, Kubro siswo dan Topeng Ireng sebagai suguhan untuk wisatawan di setiap bulan,” tuturnya seperti diberitakan Humas Kabupaten Magelang. (*)

Share :

Baca Juga

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti membagikan gelang vaksin bagi pelaku usaha wisata di Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Pemkot Yogya Bagikan Gelang Vaksin bagi Pelaku Usaha Wisata
Wisata Taman Senja Ngelo siap memanjakan wisatawan dengan aneka fasilitas seperti live music, aneka menu makanan, spot selphie, deretan gazebo hingga perahu mesin menyusuri Sungai Opak. (Foto: Humas Kab Bantul)

Wisata

Wisata Taman Ngelo, Tawarkan Susur Sungai Malam dengan Perahu Motor
Taman Rekreasi Mendut lokasi dibangunnya Kampung Mataram Kuno. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Eks Taman Rekreasi Mendut Bakal Dibangun Kampung Mataram Kuno
Ganjar Pranowo motoran saat melakukan kunjungan kerja ke Karanganyar bersama grupnya, Bandiyem Group Motoran. (Foto: Humas Jateng)

Wisata

Motoran ke Karanganyar, Ganjar Sambangi Desa Wisata Kemuning yang Berkembang Pesat
Masjid Agung Darussalam, Kabupaten Cilacap. (Foto: Diskominfo Jateng)

Wisata

Menilik Masjid Agung Darussalam Cilacap, Dibangun Keturunan Sunan Kalijaga 2 Abad Lalu
Wahana nonton bioskop secara Drive-in di Junkyard Borobudur. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Pertama di Magelang, Drive in Cinema, Nonton Film dari Dalam Mobil
Rumah Tenun Magelang di Tonoboyo, Bandongan ini hadir sebagai destinasi yang unik karena terdapat perpaduan antara ekowisata, wisata alam dan eduwisata. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Rumah Tenun, Destinasi Eduwisata Baru di Magelang
Para juara Duta Museum 2022 Kabupaten Rembang. (Foto: Kominfo Rembang)

Wisata

Duta Museum Diminta Optimalkan Teknologi untuk Tarik Wisatawan