Home / Wisata

Kamis, 29 Juli 2021 - 22:22 WIB

PPKM Level 3, Wisata Nepal Van Java Dipercantik

Ditutupnya tempat wisata selama PPKM Level 3, dimanfaatkan pengelola Nepal Van Java berbenah dan tambah fasilitas. (Foto: instagram nepal_van_java)

Ditutupnya tempat wisata selama PPKM Level 3, dimanfaatkan pengelola Nepal Van Java berbenah dan tambah fasilitas. (Foto: instagram nepal_van_java)

NYATANYA.COM, Magelang – Momentum Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di Kabupaten Magelang dimanfaatkan pengelola destinasi wisata Nepal Van Java untuk berbenah menambah fasilitas dan pengembangan taman.

Semenjak Kabupaten Magelang menjadi zona merah, seluruh destinasi wisata di Kabupaten Magelang ditutup sementara, termasuk Nepal Van Java yang berada di lereng Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik ini.

Ditambah sekarang PPKM darurat dan dilanjutkan PPKM level 3. Destinasi wisata Nepal Van Java juga masih ditutup sementara.

Baca juga   Masih Banyak Wisatawan Belum Instal Aplikasi PeduliLindungi

Kepala Dusun Butuh, Lilik Setiyawan mengatakan, penutupan saat PPKM ini dimanfaatkan untuk melakukan pembenahan dan penertiban fasilitas yang ada. Hal ini seperti melakukan penambahan fasilitas tempat sampah, pengembangan taman dan lainnya.

“Pengembangan di Taman Depok yaitu pemasangan Gunungan Wayang dan tulisan aksara Jawa Dusun Butuh dengan tujuan untuk lebih menonjolkan sisi identitas budaya Jawa,” kata Lilik, Kamis (29/7/2021).

Ia menambahkan, selain itu, pembenahan dilakukan untuk menambah daya tarik. Karena keberadaan destinasi wisata Nepal Van Java bukan hanya pemandangan, namun juga akan menampilkan sisi budaya. Nantinya jika situasinya sudah membaik dan diberikan izin akan ditampilkan kesenian asli Dusun Butuh untuk menghibur wisatawan.

Baca juga   Pemkot Magelang Gelar “Wisata Vaksin” di Taman Kyai Langgeng

“Sambil menunggu keadaan membaik dan tentunya perizinan kami akan menampilkan juga kesenian yang ada di Dusun Butuh yaitu Dayakan, Kuda lumping, Jathilan, Kubro siswo dan Topeng Ireng sebagai suguhan untuk wisatawan di setiap bulan,” tuturnya seperti diberitakan Humas Kabupaten Magelang. (*)

Share :

Baca Juga

Destinasi wisata baru bernama Talang Londo mengusung tema air dengan wahana perahu dan kano yang melintas memanfaatkan aliran Sungai Manggis tersebut semakin diminati pengunjung. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Talang Londo, Destinasi Wisata Air Baru di Kabupaten Magelang
Foto: ANTARA

Wisata

Imigrasi Batam: 35 Ribu WNI ke Luar Negeri Gunakan Kapal Feri
Pemberian penghargaan kepada para juara pemilihan duta wisata Kabupaten Kendal Sinang dan Sinok 2021. (Foto: Diskominfo Kendal)

Wisata

Sinok dan Sinang 2021 Didorong Terlibat dalam Pembangunan di Kendal
Gus Yasin saat mengunjungi uji coba pembukaan destinasi Taman Wisata Candi Borobudur, Jumat (17/9/2021). (Foto: Humas Jateng)

Wisata

Kunjungi Candi Borobudur, Gus Yasin Minta Umat Beragama Saling Menghormati
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Sabtu (12/2/2022) di Pendopo Kemantren Kotagede. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Kotagede Akan Kembangkan Spot Wisata Bantaran Sungai
Pemerintah Kabupaten Temanggung meluncurkan Eduwisata Sedadap di Desa Kwadungan Gunung, Kecamatan Kledung, Rabu (9/2/2022). (Foto: MC Temanggung)

Wisata

Eduwisata Sedadap, Satu Lagi Destinasi Wisata Anyar di Temanggung yang Layak Dikunjungi
Peresmian zona Menara Eiffel Taman Pintar dilakukan oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat, Sisruwadi bersama Duta Besar Republik Perancis untuk Republik Indonesia, Olivier Chambard, Kamis (2/12/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Taman Pintar Hadirkan Zona Baru, Jelajah Menara Eiffel
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming meninjau progres proyek revitalisasi koridor Ngarsopuro Solo. Foto: Humas Pemkot Yogya

Wisata

Ingin Seperti Malioboro, Proyek Revitalisasi Koridor Ngarsopuro Solo Rampung Akhir Tahun Ini