Home / Wisata

Kamis, 29 Juli 2021 - 22:22 WIB

PPKM Level 3, Wisata Nepal Van Java Dipercantik

Ditutupnya tempat wisata selama PPKM Level 3, dimanfaatkan pengelola Nepal Van Java berbenah dan tambah fasilitas. (Foto: instagram nepal_van_java)

Ditutupnya tempat wisata selama PPKM Level 3, dimanfaatkan pengelola Nepal Van Java berbenah dan tambah fasilitas. (Foto: instagram nepal_van_java)

NYATANYA.COM, Magelang – Momentum Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di Kabupaten Magelang dimanfaatkan pengelola destinasi wisata Nepal Van Java untuk berbenah menambah fasilitas dan pengembangan taman.

Semenjak Kabupaten Magelang menjadi zona merah, seluruh destinasi wisata di Kabupaten Magelang ditutup sementara, termasuk Nepal Van Java yang berada di lereng Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik ini.

Ditambah sekarang PPKM darurat dan dilanjutkan PPKM level 3. Destinasi wisata Nepal Van Java juga masih ditutup sementara.

Baca juga   Asyiknya Menikmati Malam di Borobudur dengan Campervan

Kepala Dusun Butuh, Lilik Setiyawan mengatakan, penutupan saat PPKM ini dimanfaatkan untuk melakukan pembenahan dan penertiban fasilitas yang ada. Hal ini seperti melakukan penambahan fasilitas tempat sampah, pengembangan taman dan lainnya.

“Pengembangan di Taman Depok yaitu pemasangan Gunungan Wayang dan tulisan aksara Jawa Dusun Butuh dengan tujuan untuk lebih menonjolkan sisi identitas budaya Jawa,” kata Lilik, Kamis (29/7/2021).

Ia menambahkan, selain itu, pembenahan dilakukan untuk menambah daya tarik. Karena keberadaan destinasi wisata Nepal Van Java bukan hanya pemandangan, namun juga akan menampilkan sisi budaya. Nantinya jika situasinya sudah membaik dan diberikan izin akan ditampilkan kesenian asli Dusun Butuh untuk menghibur wisatawan.

Baca juga   Sinok dan Sinang 2021 Didorong Terlibat dalam Pembangunan di Kendal

“Sambil menunggu keadaan membaik dan tentunya perizinan kami akan menampilkan juga kesenian yang ada di Dusun Butuh yaitu Dayakan, Kuda lumping, Jathilan, Kubro siswo dan Topeng Ireng sebagai suguhan untuk wisatawan di setiap bulan,” tuturnya seperti diberitakan Humas Kabupaten Magelang. (*)

Share :

Baca Juga

Indah Juanita, Direktur Utama BOB (kedua dari kiri) dan Direktur Damri, Setia N Milatia Moemin usai bertemu di kantor BOB. Foto: nyatanya.com/Instagram Borobudur

Wisata

DAMRI Dukung Aksesibilitas Pengembangan Destinasi Super Prioritas Borobudur
Proses skrining dilakukan dengan mengambil sampling darah peserta yang kemudian dilakukan uji rapid antibodi untuk mendeteksi keberadaan antibodi spesifik di dalam darah yang dapat melawan penyakit tertentu. (Foto:@media_twc)

Wisata

PT TWC Skrining Penyakit HIV Pelaku Wisata di Borobudur
Sandiaga Uno melihat sentra kerajinan di wilayah Breksi. Foto: nyatanya.com/istimewa

Wisata

Pandemi Covid-19, Jumlah Wisatawan ke Tebing Breksi Turun Drastis
Candi Prambanan. (Foto: nyatanya.com/Instagram @media_twc)

Wisata

Wisata Candi Prambanan Kembali Ditutup Sampai 5 Juli 2021
Sambanggo, jadi program andalan Pemkab majukan pariwisata di Kulonprogo. (Foto:Humas Kulonprogo)

Wisata

Sambanggo, Andalan Kulonprogo Tata Pariwisata di Tengah Pandemi
GKR Bendara. (Foto:kratonjogja.id)

Wisata

Pameran Jamuan Keraton Yogyakarta ‘Bojakrama’ Resmi Ditutup
Gus Yasin saat mengunjungi uji coba pembukaan destinasi Taman Wisata Candi Borobudur, Jumat (17/9/2021). (Foto: Humas Jateng)

Wisata

Kunjungi Candi Borobudur, Gus Yasin Minta Umat Beragama Saling Menghormati
Para pendaki lokal bersiap menuju ke puncak gunung Sumbing dari basecamp Butuh Kaliangkrik. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

17 Agustus, Puluhan Pendaki Lakukan Tradisi Naik Gunung Sumbing