Home / Peristiwa

Sabtu, 24 Juli 2021 - 12:56 WIB

PPKM Level 4, Warung Makan Boleh Buka Sampai Pukul 9 Malam

Suasana Kota Pekalongan selama PPKM Level 4. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Suasana Kota Pekalongan selama PPKM Level 4. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

NYATANYA.COM, Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan memperbolehkan para pemilik warung makan untuk beroperasi hingga pukul 21.00 WIB. Selain warung makan, para pedagang kaki lima, binatu, toko kelontong, dan usaha kecil lainnya boleh buka dengan pembatasan waktu yang sama, serta kapasitas pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas ruangan.

Informasi tersebut disampaikan Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, melalui Instruksi Walikota Pekalongan Nomor 7 tahun 2021, tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Covid-19 di Kota Pekalongan. Menurutnya, aturan tersebut merupakan tindak lanjut dari ketentuan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi terkait perpanjangan PPKM Darurat hingga 25 Juli 2021.

“Warung makan, kafe, rumah makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka, maupun di pusat berbelanjaan, atau mal, dan pada lokasi tersendiri dibatasi jam operasional sampai pukul 21.00 WIB, dengan protokol kesehatan secara ketat, dan waktu makan untuk setiap pengunjung maksimal 30 menit,”, beber wali kota dalam keterangan resminya yang dirilis, Sabtu (24/7/2021).

Baca juga   Gerbang Tol dan 20 Ruas Jalan di Boyolali Kembali Dibuka

Selain pelonggaran aktivitas usaha mikro dan kecil, imbuhnya, jam operasional supermarket, pasar tradisional, dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi hingga pukul 20.00 WIB, dengan kapasitas pengunjung 50 persen. Sementara, pusat perbelanjaan alias mal tetap ditutup penuh, kecuali akses keluar masuk restoran dan swalayan.

Khusus sektor kritikal, Aaf menjelaskan, pelaksanaan kerja dapat dilakukan secara penuh alias 100 persen dari jumlah karyawan. Bahkan, apotek dan toko obat didorong untuk membuka layanan selama 24 jam.

Ditambahkan, beberapa sektor diizinkan untuk beraktivitas dengan kapasitas maksimal 50 persen dari jumlah karyawannya, yakni sektor pasar modal, teknologi informasi dan komunikasi, dan perhotelan non penanganan karantina, serta industri orientasi ekspor yang dibuktikan dengan contoh dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) selama 12 (dua belas) bulan.

Museum Batik Pekalongan masih ditutup selama PPKM Level 4. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

“Pelaksanaan kegiatan pada sektor esensial seperti keuangan dan perbankan hanya meliputi asuransi, bank, pegadaian, dana pensiun, dan lembaga pembiayaan dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen staf, untuk lokasi yang berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat, serta 25 persen untuk pelayanan administrasi perkantoran,” ungkap Wali Kota Aaf.

Baca juga   Rusun UNY Tempat Isolasi Terpusat Khusus Pasien Bergejala Ringan

Seluruh fasilitas publik, kecuali terkait dengan sektor kesehatan, juga masih ditutup sementara. Penyelenggaraan kegiatan seni budaya, termasuk resepsi pernikahan juga masih ditiadakan, baik saat PPKM Darurat, maupun PPKM Level 4 saat ini.

Meskipun demikian, transportasi umum diperbolehkan untuk beroperasi dengan pengaturan kapasitas maksimal 70 persen dan wajib menerapkan protokol kesehatan.

Tak hanya tempat ibadah dan mal yang dinyatakan tertutup bagi masyarakat, seluruh sestinasi wisata di wilayah Kota Pekalongan juga masih ditutup hingga status PPKM Level 4 dicabut. Informasi tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dinparbudpora) setempat, Sutarno. Penutupan sementara diberlakukan hingga 25 Juli 2021 sembari menunggu perkembangan kondisi terkini. (*)

Share :

Baca Juga

Wali Kota Salatiga Yuliyanto menyaksikan penandatangan berkas kelengkapan pencairan Hibah Bidang Keagamaan. (Foto: Diskominfo Salatiga)

Peristiwa

Pemkot Salatiga Cairkan Dana Hibah Keagamaan Rp439 Juta
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menerima kunjungan dari panitia penyelenggara Pesparawi Nasional 2022. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

DIY Siap Gelar Pesparawi Nasional 2022
Ulang tahun di hari Kemerdekaan RI, Atlas mendapat berkah hadiah sepeda motor dari Ganjar Pranowo. (Foto:Humas Jateng)

Peristiwa

Ultah di Hari Kemerdekaan, Pasien Covid-19 Ini Dapat Motor dari Ganjar
Joso Wiyono terharu dikunjungi Wakil Bupati dan memberinya bantuan kursi roda. (Foto:Diskominfo Karanganyar)

Peristiwa

Dapat bantuan Kursi Roda, Joso ‘Mbrebes Mili’ Ucapkan Terima Kasih
Bupati Klaten Sri Mulyani menyapa para tukang becak dan memberikan bantuan paket sembako. (Foto: Humas Klaten)

Peristiwa

Sapa Tukang Becak, Bupati Klaten Bantu Paket Sembako
Tetty Kurniawati, Direktur RSUD Temanggung. (Foto: Diskominfo Kab Temanggung)

Peristiwa

Pasien Covid-19 Turun, Sejumlah Bangsal Isolasi di RSUD Temanggung Ditutup
Jumpa pers serbuan vaksin untuk PKL di Karanganyar. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab. Karanganyar)

Peristiwa

Serbuan 1.000 Vaksin Kembali Digelar, Kali Ini Menyasar PKL Karanganyar
Paguyuban Pinsar Petelur Nasional Kabupaten Magelang memberikan bantuan sebanyak 650 kg telur bagi tenaga kesehatan. (Foto: Humas Kab. Magelang)

Peristiwa

Tambah Imun Nakes, PPN Magelang Bantu 650 Kg Telur