Home / News

Senin, 31 Januari 2022 - 16:50 WIB

PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang Sampai 14 Februari 2022

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: InfoPublik)

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: InfoPublik)

NYATANYA.COM, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, menyatakan pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa dan Bali.

“Ke depan di luar Jawa & Bali itu ada perpanjangan, yaitu 1 sampai dengan 14 Februari berdasarkan level asesmen pandemi baik itu terkait transmisi komunitas atau tingkat penularan, tingkat kematian, rawat inap, respons 3T. Tentu masih memperhatikan vaksinasi dosis yang di bawah 50 persen,” kata Airlangga di Jakarta, Senin (31/1/2022).

Airlangga menjelaskan bahwa PPKM tanggal 1-14 Februari mendatang, jumlah kabupaten/kota menurun dari jumlah yang level 1 ada 164 kabupaten/kota, level 2 ada 219 kabupaten/kota, dan level 3 ada 3 kabupaten/kota yaitu di Jayawijaya, Yapen, dan Kota Jayapura.

Sementara itu, Airlangga mengatakan bahwa kasus positif Covid-19 di luar Jawa-Bali meningkat ke 499 dengan transmisi lokal sebanyak 496 dan kasus berdasarkan PPLN 3 orang. Tingkat kematian per 30 Januari 2022 adalah 2 orang dan kasus aktifnya adalah 3.326 dari 61.713 kasus aktif.

“Proporsi kasus aktif di luar Jawa-Bali adalah 5,4%,” ungkap Airlangga.

Baca juga   BNPB Pastikan Pencegahan Covid-19 Ditegakkan di Gelaran MotoGP Mandalika

Namun, pihaknya juga waspada karena dilihat dari kasus reproduksi efektif Covid-19 di Sumatera naik menjadi 1,02, Kalimantan naik menjadi 1,01, Maluku 1,08, provinsi Papua 1,05, Nusa Tenggara 1,03, dan Sulawesi 1.

“Ini sudah dilihat dari data di Kementerian Kesehatan di beberapa provinsi seperti Sumut, Kaltim, Sulut, Sulsel, Jayapura, terlihat kasus Omicron-nya sudah masuk dari transmisi lokal, namun kalau kita ketahui bahwa dari tingkat bed occupancy rate (BOR)-nya di luar Jawa-Bali 7 persen, sementara secara nasional 13,89 persen,” ujar Airlangga.

Untuk Sumut angkanya 5 persen, Kaltim 2 persen, Sulut 1 persen, Sulsel 1 persen, dan Papua 2 persen. Ke depan, di luar Jawa Bali akan ada perpanjangan PPKM mulai 1 Februari hingga 14 Februari 2022 berdasarkan level asesmen pandemi, baik itu terkait dengan transmisi komunitas atau tingkat penularan, tingkat kematian, dan juga rawat inap, dan respons terkait 3T.

“Tentu masih memperhatikan vaksinasi dosis yang masih di bawah 50 persen dan terima kasih kepada TNI Polri bahwa di Maluku sudah meningkat 67,7 persen, Papua Barat 47,6 persen, namun di Papua masih 27,4 persen,” jelasnya.

Baca juga   Hari Pertama PPKM Darurat Positif Covid-19 DIY Meroket, Tambah 1.358 Kasus

Airlangga mengungkapkan waktu karantina pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) diputuskan menjadi 5 hari bagi yang sudah vaksin 2 kali. Sedangkan untuk waktu 7 hari bagi WNI yang belum divaksinasi lengkap.

“Tentunya terkait dengan kebijakan isolasi mandiri, diusulkan 5 hari untuk pasien tanpa gejala dan khusus untuk Batam-Bintan-Karimun, PPLN akan masuk dengan regulasi yang sudah ditetapkan oleh Satgas Covid-19,” ujar Ailangga.

Dia menyebutkan, ini juga mengikuti aturan SK Gubernur Riau perihal Kawasan Pariwisata bersama skema daripada travel bubble-nya dan Dirjen Imigrasi soal Bebas Visa Kunjungan Khusus Wisata dalam rangka travel bubble di kawasan Batam-Bintan dari Singapura.

“Dan tentu dipersiapkan kapal feri yang akan ditingkatkan jumlahnya menjadi 2 di awal bulan Februari baik ke kawasan Nongsa dan Lagoi, dan mungkin setelah travel bubble diputuskan hari ini 5 hari, mereka bisa bergerak ke wilayah lain di Indonesia,” kata Airlangga.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo. (Foto: BPMI Setpres)

News

Presiden Jokowi Dipercaya Jadi Anggota GCRG, Bersama 5 Pemimpin Dunia Ini
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo terus menginstruksikan agar proses vaksinasi dipercepat, guna memperoleh kekebalan kelompok atau herd immunity. Sejauh ini sudah 16.172.525 orang di Jawa Tengah telah divaksin Covid-19. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

16 Juta Orang di Jateng Telah Divaksin Covid-19, Ganjar Terus Instruksikan Percepatan
Foto: Istimewa

News

Momentum Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Perkuat Persatuan Bangsa
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada rapat terbatas dengan Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan secara daring, Rabu (21/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

News

Pemprov DIY Sediakan Shelter Isoter untuk OTG
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang meninjau langsung vaksinasi yang digelar Baznas untuk Kyai dan Santri di MTs Pamulangan. (Foto: MC Sleman)

News

Baznas Sleman Gelar Vaksinasi untuk 1.000 Kyai dan Santri
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Terus Bertambah
Salah tembok rumah yang retak akibat gempa bumi di Pasaman Barat pada Jumat (25/2/2022). (Foto: BNPB/Istimewa)

News

Update, Korban Meninggal Akibat Gempa Sumbar Menjadi 7 Orang
Presiden RI, Ir. Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR RI 2021, Senin (16/8/2021) dari Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, DKI Jakarta. (Foto:Humas Pemda DIY)

News

Presiden Jokowi: Pandemi Ujian sekaligus Momentum Mawas Diri