Home / News

Minggu, 16 Januari 2022 - 20:28 WIB

PPKM Luar Jawa dan Bali Diperpanjang Sampai 31 Januari 2022

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube Setpres)

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube Setpres)

NYATANYA.COM, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, mengatakan pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Pulau Jawa dan Bali hingga 31 Januari 2022.

“Perpanjangan dilakukan untuk 14 hari kedepan 18 sampai 31 Januari 2022,” kata Airlangga saat memberikan Keterangan Pers Menteri terkait Hasil Rapat Terbatas (Ratas) Evaluasi PPKM pada Minggu (16/1/2022).

Menko Airlangga yang juga menjabat Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) menjelaskan bahwa jumlah kabupaten dan kota yang menerapkan PPKM level 1 atau level yang paling longgar meningkat dari 227 menjadi 238 kabupaten dan kota.

Baca juga   Antisipasi Anjloknya Harga Cabai, Temanggung Siapkan Lumbung Pangan Hortikultura

Kemudian, lanjut Airlangga, PPKM level 2 turun dari 148 menjadi 138, PPKM level 3 tersisa 10, dan tidak ada lagi kabupaten dan kota yang menerapkan PPKM level 4.

Menko Airlangga menyatakan, masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) mengingat penyebaran Covid-19, terutama varian baru Omicron, masih perlu diwaspadai.

Airlangga juga menyoroti kenaikan kasus Covid-19 yang mencapai 1.054 kasus konfirmasi harian pada Sabtu (15/1/2022). Dari total kasus harian itu, daerah luar Pulau Jawa Bali hanya berkontribusi dengan 66 kasus.

Sedangkan pada kasus kematian yang berjumlah empat secara nasional pada hari itu, dua di antaranya terjadi di daerah luar Jawa Bali.

Baca juga   Hari Ini 2500 Pelajar di DIY Terima Vaksinasi Covid-19

Kendati demikian, Airlangga tetap meminta masyarakat di daerah luar Jawa Bali untuk mewaspadai penyebaran virus corona varian Omicron. Sebab, lonjakan kasus akan terus terjadi hingga mencapai puncaknya dalam 40 hari ke depan.

Airlangga menambahkan, pemerintah saat ini tengah mempersiapkan penggunaan vaksin Merah Putih dan vaksin lainnya yang berproduksi dalam negeri.

“Ini akan disiapkan untuk (digunakan) pertengahan tahun ini atau semester dua 2022,” jelas Airlangga.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Waspada! Covid-19 Varian Delta Cenderung Serang Anak-anak
Foto: Ist/InfoPublik

News

Aturan Baru! Penumpang KA Jarak Jauh Wajib Sudah Vaksin Booster
Presiden Jokowi beserta rombongan terbatas meninjau langsung Persemaian Mentawir, di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/03/2022). (Foto:BPMI Setpres/Laily Rachev)

News

Presiden: Mengawali Pembangunan IKN dengan Merehabilitasi Hutan
Foto: InfoPublik.id

News

Pengguna KRL Meningkat, KAI Commuter Tambah Operasional Perjalanan
Gala Sky Akhirnya Bertemu Pengasuhnya. (Foto: Instagram Tom Liwafa)

News

Putra Mendiang Vanessa Angel, Gala Sky Akhirnya Bertemu Pengasuhnya
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Di Magelang 64 Orang Sembuh dari Covid-19
Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) tersebut dipindahkan dari lahan milik masyarakat seperti areal persawahan, perkebunan, hingga tepi jalan umum ke Monumen Juang. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

Disparbudpora Klaten Selamatkan 11 Objek Diduga Cagar Budaya
Menko Luhut turut mengunjungi PT SGMW (Wuling Motor Indonesia) di Karawang, Jawa Barat untuk mengetahui perkembangan produksi mobil listrik. (Foto:infopublik)

News

Menko Marves Tinjau Progres Pengembangan Inovasi Transportasi Indonesia