Home / News

Rabu, 28 Juli 2021 - 09:21 WIB

PPKM Minimalisir Paparan Covid-19 di Wilayah Industri di DIY

Ilustrasi:nyatanya.com

Ilustrasi:nyatanya.com

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pelaksanaan PPKM memberikan dampak positif bagi pengurangan tingkat paparan Covid-19 pada lingkungan industri di DIY. Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, dalam Rakor Evaluasi PPKM di wilayah industri secara daring, Senin (26/7/2021)

Rakor yang dihadiri Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, didampingi Asekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Tri Saktiyana dari Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta itu, Luhut menjelaskan kawasan industri berisiko tinggi dalam penyebaran virus Covid-19, terutama varian delta yang memiliki tingkat penularan lebih tinggi.

Baca juga   Positif Covid-19, Gibran Rakabuming: Saya Masih Kerja 24 Jam untuk Warga Solo

Di wilayah industri, selama masa PPKM telah menunjukkan penurunan mobilitas masyarakat yang berdampak langsung pada penurunan kasus Covid-19. Untuk mencapai penurunan kasus yang diharapkan agar industri bisa berjalan dengan normal, diperlukan standar yang mengatur protokol kesehatan di wilayah industri.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang menyatakan bahwa hanya perusahaan yang memiliki IOMKI (Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri) yang bisa melaksanakan kegiatan operasional.

“Prinsipnya hanya perusahaan yang memiliki IOMKI yang bisa melakukan kegiatan operasional dan ini hanya diberikan kepada perusahaan manufaktur dan pendukungnya,” ungkapnya.

Baca juga   Gunung Merapi Semburkan Awan Panas Tadi Pagi

Agus menyampaikan langkah-langkah pencegahan untuk diterapkan di wilayah industri. Di antaranya yaitu melakukan skrining pegawai sebelum masuk kerja, melarang masuk pekerja yang sakit dan memiliki catatan berpergian selama 14 hari, menyediakan tempat kerja bersirkulasi baik dan dilengkapi dengan sarana cuci tangan, pembatasan jumlah staf, menyediakan suplemen, melaksanakan vaksinasi untuk seluruh karyawan, dan melakukan sosialisasi hidup sehat. (*)

Share :

Baca Juga

Salah satu rumah tidak layak huni yang diperbaiki menjadi layak huni. Tahun 2020 lalu Pemprov Jateng sudah merenovasi 75.230 unit RTLH. (Foto: Humas Jateng)

News

Pacu Penuntasan RTLH, Pemprov Jateng Akan Tingkatkan Dana Bankeupemdes
Ilustrasi:nyatanya.com

News

Makin Tingginya Kasus Covid-19, Tempat Keramaian di Yogya Tutup
(nyatanya.com)

News

Purworejo Terbaik Terapkan PPKM Darurat se-Jateng
Salah satu upaya yang dilakukan Pemprov Jateng untuk percepatan vaksinasi dengan mengoperasikan "Vaccine Mobile". (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Baru 30 Persen, 8,7 Juta Orang di Jateng Telah Divaksin
Menteri Luhut Binsar Pandjaitan kunjungi Malioboro dan bertemu sejumlah PKL. (Foto: dokumentasi Kodim Yogya)

News

Luhut Binsar Pandjaitan Sambangi Malioboro
(ilustrasi: nyatanya.com)

News

Belasan Karyawan Bandara YIA Positif Corona, Aktivitas Tak Terdampak
Ilustrasi:nyatanya.com/Kominfo

News

Alokasi Vaksin Terbatas, Dinkes Klaten Tunda Vaksinasi Umum
Kepala Sekolah SD N 2 Genengsari Kecamatan Wonosamodro Wahid Sri Wahyono menujukan jendela yang pecah. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

News

SD Negeri 2 Gunungsari Dirusak Orang Tak Dikenal, 37 Kaca Jendela Hancur