Home / Peristiwa

Jumat, 5 November 2021 - 12:40 WIB

Prambanan UMKM Java Festival 2021, Bangkitkan Ekonomi Mikro

Salah satu atraksi di pembukaan Prambanan UMKM Java Festival (Pujafest) 2021. (Foto: Diskominfo Klaten)

Salah satu atraksi di pembukaan Prambanan UMKM Java Festival (Pujafest) 2021. (Foto: Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Sebanyak 78 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengikuti Prambanan UMKM Java Festival (Pujafest) 2021, di Lapangan Siwa Candi Prambanan, Kamis (4/11/2021).

Ketua Panitia Java Festival, Bayu Pramudya menyampaikan, kegiatan itu dilaksanakan guna mengembalikan gairah perekonomian, terutama UMKM DIY dan Jateng. Sehingga, dapat bangkit kembali seusai terdampak pandemi Covid-19.

“Pameran Pujafest 2021 digelar selama empat hari (4-7/11/2021), diikuti oleh 105 stand yang terdiri dari berbagai instansi daerah maupun UKM. Tetapi yang menjadi bintang kali ini, yakni UKM sebanyak 78 peserta (Jateng dan DIY) ikut berpartisipasi,” ujarnya.

Pujafest 2021 merupakan upaya kerja sama oleh Kementerian Perindustrian RI, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, termasuk Pemerintah Kabupaten Klaten, dan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

Baca juga   Wujudkan Kota Tanpa Kumuh, Bappeda Temanggung Gelar Coffee Morning Low Carbon Life Style

Anggota DPR RI Komisi VI Singgih Januratmoko, Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharja, Corporate Secretary PT TWC Emilia Eny Utari, Deputi Regional Manager BTN Kantor Wilayah 6 Jawa Tengah-Yogyakarta Edwar Melvin Purba, Wakil Regional CEO Regional Office & Semarang PT Bank Syariah Indonesia Nashori, Pimpinan BNI 46 Klaten Umi Renani melakukan seremonial pembukaan pelepasan sejumlah burung dara, Kamis (4/11/2021).

Pujafest 2021 digelar guna mengembalikan gairah perekonomian, terutama UMKM DIY dan Jateng. Sehingga, dapat bangkit kembali seusai terdampak pandemi Covid-19. (Foto: Instagram @media_twc)

Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya mengapresiasi kegiatan positif tersebut sebagai upaya mengelola potensi UMKM di wilayah DIY dan Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Klaten.

“Agar dua wilayah ini (UMKM DIY dan Jateng) perlu didukung semakin maju dan berkembang. UMKM memiliki posisi penting, bukan saja penyerapan tenaga kerja dan kesejahteraan masyarakat di daerah, dalam banyak hal mereka menjadi perekat dan menstabilkan masalah kesenjangan sosial,” ujar Yoga Hardaya.

Baca juga   Pramuka Didorong Berperan Hadapi Pandemi Covid-19

Corporate Secretary PT TWC Emilia Eny Utari mengatakan bahwa keberadaan destinasi wisata didukung oleh produk UMKMnya. “Kami meyakini, tanpa ada UMKM maka destinasi wisata tidak akan tumbuh dan berkembang dengan baik maka kami sangat mendukung kegiatan ini,” terangnya sebagaimana dikutip dari Instagram resmi TWC.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharja mengatakan bahwa acara ini membuktikan adanya sinergitas antara UMKM dengan destinasi wisata untuk bangkit bersama mempercepat roda perekonomian nasional.

“UMKM bersama destinasi wisata menunjukkan resiliensinya di saat pandemi. Tetap tumbuh dan bergerak. Ini merupakan satu pencapaian bisa hadir disini untuk melihat sinergitas antara UMKM dengan sektor pariwisata,” terangnya.

(*/Aja)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi, vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun di Temanggung disambut baik para orang tua dan pihak sekolah. Sejak dimulai vaksinasi pada tanggal 14 Desember 2021 , tidak ada pihak orang tua, maupun guru yang melakukan penolakan. (Foto: MC.Temanggung)

Peristiwa

Temanggung Kebut Vaksinasi Dosis Pertama untuk Anak Usia 6 – 11 Tahun
GPH Wijoyo Kusumo ngidung ngusir bencana. (Foto: Rakhmat Supriyono)

Peristiwa

Kenduren Tutup Suro Doa untuk Negeri
Foto: Mitra Diskominfo Kalteng/Sw/toeb

Peristiwa

Belasan Rumah di Desa Pulau Mambulau Terbakar, 58 Jiwa Terdampak
Sejumlah rumah di Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terendam banjir. Hal itu disebabkan hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Lumajang mengakibatkan meluapnya sungai Bondoyudo ke rumah warga, Minggu (19/12/2021). (Foto: MC Kab. Lumajang)

Peristiwa

Sungai Bondoyudo Meluap, Sejumlah Rumah Warga di Lumajang Kebanjiran
RSUD Temanggung mengenalkan layanan RSUD Ramah (Registrasi Aman dan Mudah dari Rumah), yaitu layanan pendaftaran melalui sistem online untuk memudahkan pasien mendaftar tanpa antrean. (Foto: MC Kab.TMG)

Peristiwa

RSUD Ramah, Layanan Pendaftaran Pasien Tanpa Antre di RSUD Temanggung
Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi Provinsi Sumatra Barat melakukan Studi Tiru tentang Program Ladamanis dan Dana Penanganan Bencana Alam Erupsi Merapi di PMI Kabupaten Sleman, Senin (24/1/2022). (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

PMI Bukittinggi Pelajari Program Ladamanis dan Penanganan Bencana di PMI Sleman
Eko Suwanto melantik Satgas Srikandi. (Foto: istimewa)

Peristiwa

Siap Menangkan Ganjar, Ketua DPC PDIP Yogyakarta Lantik Srikandi Satgas PDI Perjuangan
Pada tahun 2021 pembayaran PBB di Kota Yogyakarta dapat melampaui target yang telah ditetapkan, yaitu sebesar Rp 97M dari target penerimaan sebesar Rp 92M atau 105% dari target yang ditetapkan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Kota Yogya Lampaui Target Pembayaran PBB P2 Tahun 2021