Home / Wisata

Selasa, 21 September 2021 - 11:08 WIB

Praon Cawan Sedayu, Jadi Rintisan Wisata Budaya

Destinasi wisata Praon Cawan Argodadi Sedayu, jadi rintisan wisata budaya yang dikembangkan Pemkab Bantul. (Foto: Humas Bantul)

Destinasi wisata Praon Cawan Argodadi Sedayu, jadi rintisan wisata budaya yang dikembangkan Pemkab Bantul. (Foto: Humas Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Untuk meningkatkan daya tarik wisata, Wakil Bupati Bantul, Joko B Purnomo mengikuti proses produksi video untuk program tayangan Sabadesa TVRI Jogja di lokasi wisata Praon Cawan, Argodadi, Sedayu, Bantul, Senin (20/9/2021).

Kegiatan yang dipandu oleh Angger Suwongso tersebut mengangkat tema tentang wisata budaya yang sedang dikembangkan di Praon Cawan. Menurut Wakil Bupati, Praon Cawan merupakan salah satu lokasi budaya yang sejak zaman mataram digunakan sebagai salah satu jalur lalu lintas air.

“Praon Cawan menurut seesepuh itu ada sejarahnya, dahulu digunakan untuk lalu lintas air sejak zaman mataram, yang dimana berbatasan dengan wilayah Kulon Progo. Baik masyarakat dari Bantul ke Kulon Progo maupun sebaliknya melintasi sungai Progo ini. Dari sejarah tersebut dibawa ke sini dijadikan wisata budaya sebagai bagian dari nguri-uri sejarah yang ada,” kata Wakil Bupati.

Baca juga   Ganjar Minta Wisata Karimunjawa Diujicobakan Terbatas
Lokasinya yang menarik, dan potensi yang ada di wilayah ini menjadi alasan Pemkab Bantul mengembangkan Praon Cawan menjadi salah satu rintisan wisata budaya. (Foto: Humas Bantul)

Terkait budaya yang tengah mulai dikembangkan dan menyambung dengan topik rintisan desa budaya bahwa Bantul siap dengan salah satu bentuk kesiapannya dengan terbitnya Perbub nomor 136.

Menurut Wakil Bupati dari Perbub tersebut kalurahan yang telah menyandang predikat desa rintisan budaya maka Pemerintah Kabupaten akan melakukan pendampingan dan pengawalan dalam pengembangan kalurahan tersebut selama 3 tahun.

Baca juga   Borobudur Travel Pattern, Terobosan Baru Paket Wisata Edukatif

“Dan untuk yang kedua hasil dari Perbub tersebut adalah, kalurahan yang sudah menyandang predikat Desa Rintisan Budaya maka akan difasilitasi seperangkat gamelan yang bisa digunakan dalam pengembangan budaya yang terkait dengan alat musik gamelan,” kata Wakil Bupati.

Selain itu Wakil Bupati mengatakan pengembangan Desa Rintisan Budaya dapat dikembangkan melalui potensi-potensi budaya, potensi adat istiadat, potensi seniman sehingga nantinya ada proses edukasi dalam pelestarian keberlangsungan budaya.

“Jadi untuk proses pelestarian keberlangsungan budaya itu juga diperlukan tata kelola budaya, edukasi tidak hanya terpaku dalam proses pentas budaya saja,” kata Joko Purnomo. (*)

Share :

Baca Juga

Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan di Desa Wisata Sambirejo (Tebing Breksi), Jumat (8/10/2021) dalam rangka penganugerahaan Desa Wisata tahun 2021. (Foto:Humas Sleman)

Wisata

Sandiaga Uno Canangkan Tebing Breksi sebagai 50 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2021
Proses skrining dilakukan dengan mengambil sampling darah peserta yang kemudian dilakukan uji rapid antibodi untuk mendeteksi keberadaan antibodi spesifik di dalam darah yang dapat melawan penyakit tertentu. (Foto:@media_twc)

Wisata

PT TWC Skrining Penyakit HIV Pelaku Wisata di Borobudur
Grafis: nyatanya.com

Wisata

Jogja International Batik Biennale Kembali Digelar
Seluruh obwis di Kabupaten Klaten sudah mulai dibuka kembali pada Sabtu, 9 Oktober 2021. (Foto:MC Kab Klaten)

Wisata

Piknik Lurr, Semua Obwis di Klaten Sudah Dibuka Kembali
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menandatangani porasasti Desa Wisata Karanganyar di Balkondes Karanganyar, Selasa (12/10/2021). (Foto:humas/beritamagelang)

Wisata

Desa Wisata Karanganyar Borobudur Masuk 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia
Studio Alam Gamplong sebagai salah satu destinasi wisata di DIY juga dinilai sebagai lokasi yang tepat dan indah untuk pelaksanaan vaksinasi wisata. (Foto: Humas Pemda DIY)

Wisata

Vaksinasi Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Studio Alam Gamplong
Ganjar Pranowo dan istri menikmati suguhan makanan khas Pulau Parang, Pong Blosok. (Foto: Humas Jateng)

Wisata

Pong Blosok, Makanan Khas Pulau Parang yang Bikin Ganjar Penasaran
Pertemuan PT TWC dengan dengan para mitra usaha TMII di Balai Panjang Museum Indonesia, TMII. (Foto:media_twc)

Wisata

PT TWC Ajak Mitra Usaha TMII Terapkan GCG