Home / News

Kamis, 16 Desember 2021 - 17:41 WIB

Presiden: Bersama-sama Sekuat Tenaga Cegah Varian Omicron Meluas

Presiden Joko Widodo. (Foto: BPMI)

Presiden Joko Widodo. (Foto: BPMI)

NYATANYA.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengajak, seluruh elemen masyarakat berusaha optimal dalam mengatasi penularan virus Covid-19 varian Omicron yang telah masuk ke tanah air. Sehingga, tidak menyebar ke berbagai wilayah di tanah air dalam beberapa waktu ke depan.

Penyebaran wabah global Covid-19 varian Omicron memang suatu hal yang tak terelakkan. Sebab, sudah merambah ke berbagai negara di belahan dunia lainnya, hingga pada saat virus Covid-19 jenis di atas, telah sampai ke nusantara.

“Sekarang yang harus kita lakukan adalah bersama-sama berupaya sekuat tenaga agar varian Omicron tidak meluas,” ujar Presiden Joko Widodo melalui siaran virtual yang ditayangkan pada Kamis (16/12/2021).

Menurutnya, kunci dalam mengatasi hal tersebut adalah seluruh elemen masyarakat secara bersama-bersama melakukan penanganan pandemi sesuai dengan instruksi pemerintah. Dengan demikian, varian jenis di atas, tidak akan mampu menyebar luas ke berbagai daerah di tanah air.

Baca juga   Tertinggi di DIY, Pemkot Yogya Targetkan Vaksinasi Booster Covid-19 100 Persen

“Jangan sampai terjadi penularan lokal kita harus berupaya menjaga situasi di Indonesia,” katanya.

Dengan begitu, laju kasus positif di tanah air tetap dapat diredam secara efektif. Mengingat, saat ini kondisi pandemi di tanah air sedang dalam kategori yang sangat baik, yakni menurun drastis dibandingkan beberapa waktu yang lalu.

“Kita pertahankan jumlah kasus aktif agar tetap rendah tingkat penularan. Kita awasi agar bertahan dibawah satu jangan sampai itu melonjak lagi,” imbuhnya.

Dalam menyikapi hal itu secara konkret, Presiden mengimbau, agar seluruh masyarakat tetap waspada dalam menghadapi penyebaran wabah global ini. Tetap hadapi hal ini, dengan hati-hati dalam setiap waktu.

Wabah Covid-19 varian di atas, saat ini belum terbukti memiliki efek yang berbahaya bagi nyawa penderitanya.

“Waspada penting tapi jangan perkembangan ini membuat kita panik,” tuturnya.

Salah satu penyebabnya, adalah disinyalir vaksinasi Covid-19 yang diberikan secara lengkap oleh pemangku kepentingan terkait menjadi pencegah hal di atas. Ini sangat ampuh dalam meminimalisir dampak penyebaran Covid-19.

Baca juga   Libatkan Wilayah, Ini Langkah Pemkot Yogya Percepat Vaksinasi Booster Lansia

Ampuhnya hal itu, tentunya seluruh masyarakat harus segera melakukan vaksinasi yang tersedia di wilayahnya. Lakukan vaksinasi secara lengkap sesuai dengan dosis yang ditentukan oleh pemerintah.

“Saya meminta semua warga yang belum mendapatkan dua kali vaksin. Apalagi yang sama sekali belum di vaksin segeralah mendatangi fasilitas fasilitas kesehatan,” katanya.

Selain itu, seluruh masyarakat juga harus tetap taat protokol kesehatan (prokes). Karena, dengan melakukan hal itu akan membuat masyarakat terhindar dari ancaman virus Covid-19 yang tengah melanda saat ini.

Lalu, dalam beberapa ke depan, seluruh masyarakat dapat mengurangi kegiatan perjalan dinas ke luar negeri. Atau pun mengunjungi negara lain dimanapun. Mengingat, wabah ini masih senantiasa mengancam tanah air.

“Terakhir, untuk pemerintah daerah dan minta agar testing, tracing, tracking digencarkan,” pungkasnya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Mendagri M.Tito Karnavian menghadiri rapat kerja di DPR RI, Rabu (21/9/2022. Foto: ANTARA

News

Mendagri: PPATK Temukan Kejanggalan Transaksi Keuangan Gubernur Papua

News

Sistem Satu Arah Selesai, Lalin Tol Jakarta – Cikampek Kembali Beroperasi Normal
Wagub Jateng Taj Yasin saat menerimakan penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2022 dari Mendagri RI Tito Karnavian. Foto: Humas Jateng

News

IGA Award 2022 Kategori Provinsi Terinovatif untuk Provinsi yang Dipimpin Ganjar
Dirut PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, menyatakan stok bahan bakar minyak (BBM) aman di semua provinsi, dan penyalurannya pun sudah melebihi kuota. (Foto: ANTARA)

News

Dirut Pertamina: Stok BBM Aman di Seluruh Provinsi
Ditreskrimsus Polda jatim akhirnya menetapkan Gus Samsudin sebagai tersangka penistaan agama usai dijemput paksa. (Foto: Istimewa/YouTube/RFR Raka)

News

Dijemput Paksa, Gus Samsudin Ditetapkan Tersangka Dugaan Penistaan Agama
RAK (18) asal Rusunawa Gunungsari Surabaya yang tabrak polisi dan wartawan yang sedang bertugas meliput Operasi Zebra Semeru 2023 ditetapkan jadi tersangka. (Foto: Istimewa)

News

Pemuda Mabuk Tabrak Polisi dan Wartawan saat Operasi Zebra di Surabaya Ditetapkan Tersangka
Sahabat Batman foto bersama usai syukuran 'Minggatnya Joker'. Foto: Ist

News

Syukuran Geden Minggatnya Joker, Maaf! Ini Bukan Panggung Sandiwara
Wapres Ma'ruf Amin. Foto: BPMI Setwapres

News

Wapres: Perayaan Natal Adalah Momentum Menebar Cinta Kasih