Home / Olga

Senin, 15 November 2021 - 09:16 WIB

Presiden Jokowi Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games Gantikan Vietnam

Presiden Joko Widodo saat menyaksikan pertandingan final para bulu tangkis Peparnas di GOR Cendrawasih Jayapura pada gelaran Peparnas XVI. (Foto: InfoPublik)

Presiden Joko Widodo saat menyaksikan pertandingan final para bulu tangkis Peparnas di GOR Cendrawasih Jayapura pada gelaran Peparnas XVI. (Foto: InfoPublik)

NYATANYA.COM, Jakarta – Spekulasi mengenai pelaksanaan ASEAN Para Games (APG) ke-11 yang dijadwalkan bakal digelar di Vietnam pada tahun depan perlahan mulai menemui titik terang.

ASEAN Para Sports Federation (APSF) telah mengirim surat resmi kepada National Paralympic Committee (NPC) Indonesia perihal nasib APG.

Untuk memperjelas nasib APG 2022, Vietnam Paralympic Associaton (VPA) Vietnam telah mengirim surat resmi yang ditujukan kepada Presiden APSF, Osoth Bhavilai, dan negara-negara anggota APSF termasuk Indonesia.

Dalam surat tertanggal 11 November 2021 yang ditandatangani oleh Presiden NPC Vietnam/ VPA, Huynh Vinh Ai, berisikan penjelasan tentang pelaksanaan ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022. Vietnam memutuskan untuk membatalkan pelaksanaan APG 2022 karena tingginya gelombang keempat penyebaran Covid-19 di Vietnam.

Baca juga   Indonesia Memperjuangkan Aspirasi Negara Berkembang di G20

Selain masih tingginya kasus aktif Covid-19 di Vietnam, VPA juga melihat kasus Covid-19 di negara-negara anggota APSF juga masih tinggi sehingga memutuskan untuk tidak menjadi tuan rumah APG 2022.

Melihat situasi yang kini terus berkembang dan tidak bersedianya Vietnam menggelar APG 2022, muncul rencana dari NPC Indonesia untuk menjadi tuan rumah.

Peluang Indonesia untuk menggelar APG 2022 sedikit terbuka karena hal itu telah sempat dibicarakan oleh Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Baca juga   Menggunakan Garuda Indonesia GIA-1, Jokowi Tiba di Italia Hadiri KTT G20

“Saya telah membicarakan keinginan kita kepada Presiden Joko Widodo saat menemani beliau menyaksikan pertandingan final para bulu tangkis Peparnas di GOR Cendrawasih Jayapura, kemarin,” kata Senny Marbun.

“Secara lisan Presiden sangat mendukung rencana Indonesia menjadi tuan rumah APG 2022 menggantikan Vietnam,” tambah Senny.

Senny menambahkan, untuk proses selanjutnya menjadi tuan rumah APG 2022 akan menunggu surat dukungan dari Presiden atau pemerintah.

“Intinya kita siap untuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 jika nantinya ditunjuk oleh Federasi Para Sports Asia Tenggara,” tandas Senny.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo melepas 7 Atlet Jateng ke Paralimpiade Tokyo 2020 secara daring. (Foto: Humas Jateng)

Olga

Ganjar Lepas 7 Atlet Jateng ke Paralimpiade Tokyo 2020
Menpora Zainudin Amali di acara Webinar Nasional Hybird DBON 2021, Rabu (1/12/2021), di Grand Inna Sanur, Denpasar, Bali. (Foto:Bagus/kemenpora.go.id)

Olga

Menpora Amali Minta Media Terus Sosialisasikan DBON pada Masyarakat
Anggun Cipta Sasmi bersama Addie MS dalam kunjungannya ke SLB Negeri Pembina Provinsi Papua. (Foto:PB.PEPARNAS16PAPUA/Ronaldy Irfak)

Olga

Penyanyi Anggun dan Addie MS Kunjungi SLB Pembina Jayapura
Presiden Joko Widodo menyaksikan pertandingan Judo dalam ajang Peparnas XVI Papua yang diselenggarakan di Gedung Olahraga (GOR) Trikora, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (13/11/2021). (Foto: Ryiadhy BN/ InfoPublik)

Olga

Presiden: Selamat Papua Juara Umum Peparnas XVI
Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka 2021 yang berasal dari 34 provinsi, menjalani latihan gabungan pertama bersama Paspampres. (Foto:rayki/kemenpora.go.id)

Olga

Capaska 2021 Jalani Latihan Gabungan Bersama Paspampres
Pelari Jawa Barat Pebrianto berlari pada final nomor 100 meter putra klasifikasi T42 Peparnas Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (9/11/2021). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nym)

Olga

Lima Rekornas Atletik Pecah di Hari Kelima Peparnas Papua
PS Mataram Manggala Utama GL Zoo meraih juara pertama setelah mengalahkkan PS Budi Oetomo Muda (BOM) pada turnamen sepakbola piala Walikota tahun 2021. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Olga

Kalahkan PS BOM, PS Mataram Manggala Utama GL Zoo Juarai Turnamen Piala Walikota
Pebalap Orelac Racing Verd Natura Raffaele De Rosa (tengah) bersama pebalap Ten Kate Racing Yamaha Dominique Aegerter (kiri) dan pebalap VFT Racing Federico Caricasulo (kanan) melakukan selebrasi kemenangan di atas podium balap World Super Sport (WSSP) di Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (20/11/2021). Raffaele De Rosa (Orelac Racing Verdnatura) berhasil memimpin jalannya race pertama WSSP Mandalika 2021 disusul posisi kedua pebalap Dominique Aegerter (Ten Kate Racing Yamaha) dan di posisi ketiga pebalap Federico Caricasulo (VFT Racing). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc/) - Sumber: InfoPublik.id

Olga

Foto Pemenang Race Pertama WSSP Mandalika