Home / News

Sabtu, 12 Februari 2022 - 00:58 WIB

Presiden Jokowi: Indonesia Terdepan dalam Perlindungan Laut Dunia

Presiden Joko Widodo ketika memberikan sambutan secara virtual di One Ocean Summit pada Jumat (11/2/2022). (Foto: BPMI/Setpres)

Presiden Joko Widodo ketika memberikan sambutan secara virtual di One Ocean Summit pada Jumat (11/2/2022). (Foto: BPMI/Setpres)

NYATANYA.COM, Jakarta – Indonesia bangga menjadi negara yang terdepan dalam perlindungan laut di dunia. Karena, keberadaan laut yang sehat akan menjadi kunci dalam keberhasilan setiap pembangunan di seluruh wilayah tanah air.

“Indonesia bangga menjadi salah satu negara terdepan dunia dalam hal perlindungan laut,” kata Presiden Joko Widodo ketika memberikan sambutan secara virtual di One Ocean Summit pada Jumat (11/2/2022).

Tindak lanjut dari komitmen perlindungan laut yang dilakukan oleh pemerintah, lanjut Presiden, Indonesia menargetkan melakukan program konservasi perairan laut pada 2030 seluas 32.5 juta hektare.

Terkait dengan hal itu, pada 2021, perkembangan program tersebut cukup memuaskan yakni sudah mencapai 28.1 juta hektare atau setara 86,5 persen dari target.

Baca juga   Indonesia Memperjuangkan Aspirasi Negara Berkembang di G20

“Kami optimis komitmen kami di tahun 2030 bisa terpenuhi,” kata Presiden.

Indonesia juga menargetkan mengurangi sampah plastik laut hingga mencapai 70 persen pada 2025 mendatang. Upaya tersebut, telah dimulai dalam beberapa waktu belakangan serentak di seluruh wilayah Indonesia.

“Mulai dari rencana aksi penanganan sampah plastik laut,” tutur Kepala Negara.

Lalu, pemerintah juga tengah berkomitmen dalam rehabilitasi wilayah ekosistem mangrove. Yang akan membuat aneka hayati yang berada di sekitar wilayah pesisir pantai dapat menjadi lebih lestari di masa mendatang.

Target dari rehabilitasi itu, pada 2024 dapat mencapai seluas 600 ribu wilayah mangrove yang melaksanakan program itu di seluruh pelosok tanah air.

Baca juga   Presiden Lantik 12 Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh

“Kami mentargetkan rehabilitasi mangrove. Kami yakin semua upaya ini, berdampak pada kelestarian lingkungan laut dan pembangunan berkelanjutan,” imbuh Presiden.

Terakhir, di masa pandemi beberapa waktu lalu, pemerintah telah menerbitkan kebijakan strategis dalam melindungi ekosistem laut. Dengan menggunakan berbagai medium yang ada, sehingga dapat melindungi sepenuhnya aneka hayati yang berada di laut.

Kebijakan strategis itu antara lain, penangkapan ikan terukur yang berbasis kuota, sistem pengawasan terintegrasi berbasis teknologi, serta pengembangan kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal.

“Semuanya dilakukan untuk pengentasan kemiskinan dan kelestarian ekosistem,” pungkas Presiden Jokowi.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Bupati Grobogan Sri Sumarni saat meninjau pelaksanaan vaksinasi yang digelar bekerjasama dengan PT Semen Grobogan. (Foto: MC Kab Grobogan)

News

Genjot Vaksinasi, Grobogan Gandeng Perusahaan Semen
Awan Panas Guguran (APG) Gunungapi Semeru terpantau dari CCTV Pos Pantau PVBMG pukul 06.30 WIB, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022). Foto: CCTV Pos pantau PVMBG

News

Mulai Pukul 12.00 WIB, Status Gunung Semeru Dinaikkan ke Level Awas
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Hari Ini 1.383 Warga DIY Sembuh Covid-19, Meninggal 15 Orang
Dari kiri: Marsudi Waliyono, H Wisnu Aji Suryo Prabowo, Mardiharto dan Joni Santoso menunjukkan SP3 Polda DIY. (Foto: istimewa)

News

Mardiharto Tak Bersalah, Polda DIY Terbitkan SP3
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen, Senin (6/12/2021) melepas tim relawan dan bantuan logistik untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Jateng Kirim Logistik dan Relawan, Bantu Pengungsi Erupsi Gunung Semeru
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo menuju Provinsi Jambi dalam rangka kunjungan kerja pada Kamis (7/4/2022). Foto: BPMI SETPRES

News

Presiden Jokowi Kunjungan Kerja ke Jambi, Ini Sejumlah Agendanya
Desain tempat peristirahatan terakhir Eril yang dirancang sang ayah, Ridwan Kamil. Foto: Instagram @ ridwankamil

News

Siapkan Makam Istimewa untuk Eril, Begini Gambar Desain yang Dirancang Ridwan Kamil
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Hari ini 39 Pasien Covid-19 di Magelang Sembuh