Home / News

Rabu, 15 Juni 2022 - 15:54 WIB

Presiden Jokowi Reshuffle 2 Menteri dan Tiga Wamen Kabinet Indonesia Maju, Semua dari Elite Parpol

Presiden Jokowi melantik 2 menteri dan 3 wakil menteri Kabibent Indonesia Maju. Foto: BPMI Setpres

Presiden Jokowi melantik 2 menteri dan 3 wakil menteri Kabibent Indonesia Maju. Foto: BPMI Setpres

NYATANYA.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

Presiden melantik dua menteri dan tiga wakil menteri (Wamen) baru dalam Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (15/6/2022).

Menteri yang dilantik antara lain Zulkifli Hasan (Zulhas) menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan Muhammad Lutfi yang sebelumnya menjabat.

Kemudian, melantik Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggantikan Sofyan Djalil yang sebelumnya menjabat.

Sedangkan, posisi Wamen yang dilantik oleh Presiden Jokowi adalah Raja Juli Antono yang ditunjuk menjadi Wamen Kementerian ATR/ Wakil Kepala BPN menggantikan Surya Tjandra.

Baca juga   Bentrok Penonton Pentas Musik di Seven Sky Lippo Plaza Yogya, Ini Masalahnya Hingga Sri Sultan Angkat Bicara

Posisi Wamen selanjutnya yang dilantik adalah Wempi Wetipo yang ditunjuk menjadi Wamen di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang sebelumnya menjadi Wamen di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kemudian, Presiden melantik Afriansyah Noor menjadi Wamen di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

Perombakan atau reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo pada hari ini, Rabu (15/6/2022), disesaki oleh elite partai politik.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai bahwa reshuffle kali ini tidak terlepas dari upaya Jokowi menjaga atau bahkan meningkatkan stabilitas politik menjelang Pemilu 2024.

Baca juga   Menuju KTT G20, Bali Menggeliat Lagi

Dari lima orang menteri dan wakil menteri yang dilantik, satu di antaranya adalan ketum parpol yakni Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Amanat Nasional.

Sementara dua lainnya merupakan elite parpol di luar parlemen. Keduanya yaitu Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni, serta Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Foto: Dok.AP II

News

Angkasa Pura II Catat Kebangkitan Lalu Lintas Penerbangan, Lima Sinyal Ini Jadi Ukuran
Pemerintah telah resmi menambahkan regimen vaksin lanjutan atau booster Covid-19, yakni vaksin Sinopharm. Dengan demikian ada enam jenis regimen vaksin booster yang digunakan di Indonesia. Namun begitu vaksin lanjutan yang digunakan berdasarkan ketersediaan disetiap daerah. (Foto: Kemenkes)

News

Ini Enam Jenis Vaksin Booster yang Digunakan Indonesia, Berikut Ketentuannya
nyatanya.com

News

Pemkab Purworejo Luncurkan Aplikasi ‘Jalan Aman’
Gelaran Tugu Jogja Expo (TJE) yang rencananya berlangsung mulai 8 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023, pada Jumat (16/12/2022) secara resmi telah dihentikan karena tak kantongi izin. Foto: tangkapan layar Instagram @jogjaku

News

Resmi! Gelaran Tugu Jogja Expo Dihentikan karena Tak Kantongi Izin
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Hari Ini 2.942 Warga DIY Sembuh Covid-19
Kongres Sampah II diselenggarakan di Paseban Candi Kembar–CandiPlaosan, di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Foto: Diskominfo Jateng

News

Ribuan Orang Ikuti Kongres Sampah di Candi Plaosan, Kira-kira Apa yang Dibahas Ya?
Bupati Karanganyar Juliyatmono. (Foto:Istimewa)

News

Nyaleg DPR RI, Bupati Karanganyar Mengundurkan Diri
Rekayasa lalu lintas one way kembali diberlakukan di ruas tol Jasa Marga. (Foto: Jasa Marga)

News

Km 47 Tol Jakarta-Cikampek-Km 414 GT Kalikangkung Tol Batang-Semarang Berlaku Satu Arah