Home / News

Selasa, 23 November 2021 - 17:55 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe di Gowa

Presiden RI Joko Widodo meresmikan Bendungan Karalloe, yang terletak di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (23/11/2021). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Presiden RI Joko Widodo meresmikan Bendungan Karalloe, yang terletak di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (23/11/2021). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

NYATANYA.COM, Gowa – Presiden RI Joko Widodo meresmikan Bendungan Karalloe, yang terletak di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (23/11/2021).

“Bendungan Karalloe yang dibangun menghabiskan anggaran Rp1,27 triliun hari ini alhamdulillah telah selesai dan siap untuk kita resmikan,” kata Presiden Joko Widodo sebagaimana dikutip dari laman setkab.goid.

Bendungan berkapasitas 40,53 juta meter kubik ini mampu mengairi hingga 7 ribu hektare lahan pertanian di Kabupaten Jeneponto dan diharapkan dapat meningkatkan intensitas tanam sekaligus kesejahteraan para petani.

Baca juga   Pertama di Dunia, Indonesia Bangun Industri Baterai Listrik Terintegrasi

“Petani yang sebelumnya dulu hanya panen padi sekali, palawija sekali, nanti insyaallah bisa dua kali panen padi dan sekali palawija sehingga bisa meningkatkan pendapatan (income), kesejahteraan bagi para petani,” ucap Kepala Negara.

Selain memberikan manfaat di sektor pertanian, kehadiran Bendungan Karalloe juga dapat mengurangi banjir hingga 49 persen.

“Kita ingat, baru saja 2019 di Jeneponto terjadi banjir besar. Dengan adanya Bendungan Karalloe ini akan bisa dikurangi 49 persen banjir yang ada,” ujar Presiden.

Baca juga   Presiden Jokowi: Indonesia Terdepan dalam Perlindungan Laut Dunia

Selain itu, bendungan ini juga memiliki potensi air baku sebesar 440 liter per detik serta dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik berkapasitas 4,5 megawatt yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Ini juga akan memberikan dampak yang baik karena airnya di-manage dari Bendungan Karalloe ini, dan juga (memberikan) kemanfaatan bagi pembangkit listrik, air baku, yang semuanya nanti diperuntukkan bagi masyarakat,” tandas Presiden.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Kasus Sembuh Covid-19 di DIY Bertambah, Hari Ini 1.110 Orang
Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas guguran pada Senin (28/3/2022) pukul 15.09 WIB. (Foto: BPPTKG)

News

Gunung Merapi Semburkan Awan Panas Sejauh 2.500 Meter ke Arah Barat Daya
Presiden Joko Widodo. Foto: Tangkapan Layar BPMI Setpres

News

Presiden Jokowi Serahkan Anugerah 5 Tokoh Gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara
Foto: menpan.go.id

News

Menpan-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia
Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid. (Foto: Diskominfo Pekalongan)

News

Turun Level 2, Pemulihan Ekonomi Jadi Fokus Pemkot Pekalongan
Jalan Margo Utomo Yogyakarta yang biasane ramai, sekarang mulai disekat untuk untuk mengurangi mobilitas warga. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

News

Positif Covid-19 di DIY Tambah 1.386 Kasus, Sembuh 779 Orang
Panas sinar matahari tidak mengendurkan semangat para warga, untuk mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM). Foto: Diskominfo Jateng

News

Penyaluran BLT BBM di Kabupaten Semarang dan Rembang Dimulai
Foto: Nyatanya.com/istimewa

News

Waspada Gempa Susulan, Gempa Blitar Dirasakan Warga Yogyakarta