Home / News

Jumat, 1 Juli 2022 - 14:33 WIB

Presiden Jokowi: Saya Siap Menjadi Jembatan Komunikasi Rusia dan Ukraina

Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto: BPMI Setpres

Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto: BPMI Setpres

NYATANYA.COM, Moskow – Indonesia siap menjadi jembatan komunikasi antara Rusia dan Ukraina. Sehingga, dapat mewujudkan perdamaian antara kedua negara yang tengah berkonflik semenjak beberapa bulan yang lalu.

Melalui lawatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Rusia dan Ukraina, menandai kesiapan Indonesia menjadi jembatan komunikasi antara keduanya.

“Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut,” kata Presiden Jokowi dalam pernyataan pers bersama dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022).

Baca juga   Presiden Lantik 12 Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh

Menurut Presiden, penyelesaian yang mengedepankan ruang dialog akan terus dibuka oleh Indonesia. Dengan itu, tentu harapannya penyelesaian konflik melalui damai dapat dicapai oleh kedua negara di masa mendatang.

“Penyelesaian damai penting untuk terus di kedepankan dan juga ruang-ruang dialog terus dibuka,” ujar Presiden.

Latar belakang Indonesia melakukan hal tersebut, sesuai dengan konstitusi Indonesia yang menjadikan memprioritaskan politik yang berkaitan pada isu perdamaian dan kemanusiaan.

Jadi, Indonesia berusaha optimal berkontribusi dalam menciptakan perdamaian dunia.

“Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Agar, terciptanya perdamaian dunia. Dalam konteks inilah, saya melakukan kunjungan ke Kyiv dan ke Moskow,” tutur Presiden Jokowi.

Baca juga   KBRI Hanoi Pulangkan 13 ABK Indonesia yang Ditahan Otoritas Vietnam

Diketahui, Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Kamis (30/6/2022).

Presiden Jokowi tiba di Istana Kremlin sekitar pukul 15.30 waktu setempat dan langsung melakukan pertemuan tete-a-tete dengan Presiden Putin di Ruang Upacara Kenegaraan Istana Kremlin.

Usai pertemuan, kedua pemimpin direncanakan menggelar keterangan pers bersama di ruang Ekaterina Istana Kremlin.

(TA/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Longsor di Kragilan Pakis, berdampak rumah nyaris roboh. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Rumah Rusak Akibat Bencana, Warga Bisa Ajukan Proposal Bantuan ke Dinsos
Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah membangun 35 ribu jamban gratis bagi warganya. Dengan program bansos stimulan jamban tersebut, diperkirakan 94,47 persen kepala keluarga (KK) di Jateng telah terbebas dari buang air besar sembarangan. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Bansos 35 Ribu Jamban, 94,47 Persen KK di Jateng Tak Lagi BAB Sembarangan
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti melakukan peninjauan posko Tugu, Malioboro, Keraton (Gumaton), Kamis (23/12/2021). Selain melakukan peninjauan, Walikota Yogya beserta Forkopimda akan melakukan pembatasan arah Margo Utomo, dimana pengendara motor dan becak dilarang melewati rel kereta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Motor dan Becak Dilarang Melintas, Rel Kereta Posko Gumaton Hanya untuk Pejalan Kaki
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyatakan, dia menghormati masyarakat Desa Wadas yang masih menolak bekerja sama dalam proses pengadaan tanah quarry (galian) untuk proyek Bendungan Bener. (Foto: Humas Jateng)

News

Soal Pembangunan Bendungan Bener, Ganjar Hormati Warga yang Masih Tolak dan Siap Dialog dengan Komnas HAM
Foto: Istimewa

News

Ada Pelonggaran, Pergerakan Penumpang Transportasi Terus Meningkat
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww

News

Foto: Dampak Gempa di Pasaman Barat
Presiden Joko Widodo. (Foto: BPMI)

News

Presiden: Bersama-sama Sekuat Tenaga Cegah Varian Omicron Meluas
Pemkot Yogyakarta melalui OPD terkait seperti Dinas Perdagangan (Disdag), Dinas Pertanian dan Pangan (DPP), Satpol PP Kota Yogya melakukan pemantauan kesejumlah toko modern dan swalayan untuk memastikan keamananan bahan pangan menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2021. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Pastikan Keamanan Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru