Home / Wisata

Kamis, 14 Oktober 2021 - 22:14 WIB

Presiden: Labuan Bajo Siap Gelar Ajang Internasional

Presiden Joko Widodo meresmikan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Puncak Waringin, Kawasan Batu Cermin, dan delapan ruas jalan di Labuan Bajo. (Foto:Mckabmanggaraibarat)

Presiden Joko Widodo meresmikan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Puncak Waringin, Kawasan Batu Cermin, dan delapan ruas jalan di Labuan Bajo. (Foto:Mckabmanggaraibarat)

NYATANYA.COM, Manggarai Barat – Dalam kunjungan kerjanya ke Labuan Bajo Manggarai Barat NTT, selain meresmikan Terminal Multi Purpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo, Presiden Joko Widodo juga meresmikan penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Puncak Waringin, Kawasan Batu Cermin, dan delapan ruas jalan di Labuan Bajo.

Peresmian ketiga KSPN tersebut dilakukan secara serentak di Puncak Waringin Labuan Bajo yang ditandai dengan penandatangan tiga prasasti oleh Presiden, Kamis, (14/10/2021).

“Alhamdulillah pembangunan berbagai infrastruktur untuk mendukung pariwisata di Labuan Bajo telah selesai dan Labuan Bajo telah siap untuk menyambut kedatangan para wisatawan,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Setelah dilakukan penataan secara besar-besaran oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Perhubungan, Presiden melihat wajah Labuan Bajo telah berubah total. Infrastruktur di Labuan Bajo telah lengkap, seperti bandara yang tahun depan akan dikembangkan landasan pacu dan terminalnya.

Baca juga   Sejarah! Leani Ratri/Khalimatus Raih Medali Emas Pertama Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

“Kemudian kita juga melihat hotel, pusat suvenir, (creative hub), amfiteater, plaza, citywalk dan ruang-ruang publik yang lainnya semuanya sudah diperbaiki. Saya melihat perubahan wajah itu kelihatan sekali, juga infrastruktur pendukung pariwisata seperti jalan di sekitar kawasan, serta pelabuhan yang khusus melayani pinisi, yacht, dan cruise ini sudah siap semuanya,” paparnya.

Kepala Negara menjelaskan, setelah diresmikan pada hari ini, hal penting yang perlu segera dilakukan adalah promosi besar-besaran dan menyiapkan Labuan Bajo untuk penyelenggaraan ajang-ajang nasional dan internasional.

“Nantinya ini akan menjadi pendukung penyelenggaraan KTT G20 dan juga nanti akan kita pakai untuk KTT ASEAN di 2023,” tandasnya.

Baca juga   Desa Wisata, Menjawab Kebutuhan Wisata Alternatif

Untuk diketahui, penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Puncak Waringin dilakukan mulai Agustus 2019 dan selesai pada Maret 2021 dengan luas kawasan yang ditata mencakup 0,39 hektare. Sementara KSPN Batu Cermin penataannya mulai Maret 2020 dan selesai pada Maret 2021 dengan luas area penataan mencapai 2,9 hektare.

Sebelumnya, saat akan menuju Puncak Waringin, Presiden Joko Widodo mengunjungi Pantai Marina terlebih dahulu. Di lokasi ini, Presiden meninjau penataan KSPN water front di Pantai Marina dan di Bukit Pramuka, Labuan Bajo.

Saat peresmian Presiden didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Masyarakat adat dan penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa mengunjungi Pasar Wigati di Dusun Kranggan Ringinputih Desa Wringinputih Borobudur Magelang Jawa Tengah, Selasa (13/9/2022). Foto: Ist

Wisata

Peserta Ruwat Nusantara Singgahi Pasar Wigati Ringinputih Borobudur
Wisatawan sedang membuat gerabah di workshop gerabah milih Zumaroh di Desa Nglipoh Kecamatan Borobudur. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Pengelola Wisata Borobudur Siap Sambut Wisatawan Nataru dengan Protokol Kesehatan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengapresiasi Kementerian PUPR atas selesainya pembangunan Concourse atau jalan menuju Candi Borobudur. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Wisatawan Wajib Tau, Naik Candi Borobudur Harus Pakai Sandal Upanat
Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr.(H.C.) K.H. Ma’ruf Amin dalam kunjungan kerja ke kawasan Borobudur, Kamis (21/4/2022). Foto: Dok.TWC

Wisata

Libur Lebaran 2022, TWC Borobudur Pastikan Kesiapan Sambut Wisatawan
Selama ini di Kota Yogya Pokdarwis yang dibentuk berbasis kemantren. Karena itu perlu segera dibentuk Pokdarwis di 45 kelurahan di Kota Yogya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Maksimalkan Potensi Kampung Wisata, Pemkot Yogya Bentuk Pokdarwis Kelurahan
The Heritage Palace. Foto: ist/Via M_ogi122, Mustaqimahjati

Wisata

7 Objek Wisata di Soloraya yang Wajib Dikunjungi saat Libur Nataru, dari Wisata Alam sampai Sejarah
Obwis Ketep Pass Magelang termasuk 1 dari 40 Taman Rekreasi Se-Indonesia yang akan dilakukan uji coba pembukaan taman rekreasi tahap III, Jumat (29/10/2021) dalam penerapan protokol kesehatan dan aplikasi PeduliLindungi. (Foto: Agoes Jumianto)

Wisata

Jumat 29 Oktober 2021, Obwis Ketep Pass Uji Coba Buka Kembali
Obyek wisata air Umbul Besuki terletak di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Lokasinya berada di perbukitan dengan tiga kolam utama. (Foto: Diskominfo Klaten)

Wisata

Umbul Besuki Polanharjo, Nikmati Sensasi Mandi Alam dengan Nuansa Pedesaan