Home / News

Kamis, 28 April 2022 - 01:39 WIB

Presiden: Larangan Ekspor Minyak Goreng demi Kepentingan Rakyat

Presiden Joko Widodo. (Foto: Istimewa)

Presiden Joko Widodo. (Foto: Istimewa)

NYATANYA.COM, Jakarta – Pemerintah resmi melarang ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng yang mulai efektif pada 28 April 2022, demi kepentingan rakyat.

Hal itu dilakukan agar stok komoditas bahan pokok tersebut dapat melimpah kembali di berbagai pelosok tanah air, dan masyarakat mudah memperolehnya.

“Pemerintah memutuskan untuk melarang ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng ke luar negeri,” kata Presiden Joko Widodo melalui siaran pers secara virtual pada Rabu (27/4/2022).

Keputusan itu, didasari oleh pertimbangan yang matang oleh segenap instansi pemerintah terkait. Untuk memprioritaskan kebutuhan masyarakat terhadap komoditas minyak goreng di seluruh pelosok tanah air.

Oleh karena itu, larangan ekspor itu, lanjut Presiden, mulai diberlakukan pada seluruh wilayah yang melakukan ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng. Termasuk, di kawasan kawasan berikat yang memiliki keterkaitan dengan aktivitas ekspor.

Baca juga   Ke CEO Perusahaan Jepang, Presiden: Indonesia Tempat Terbaik Berinvestasi

“Saya telah mengamati dinamika di masyarakat mengenai keputusan larangan ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng,” tutur Jokowi.

Adanya kebijakan tersebut, tentunya berpotensi berdampak positif terhadap ketersediaan minyak goreng di Indonesia.

Sehingga, komoditas itu dapat kembali mudah didapatkan oleh seluruh elemen masyarakat di daerahnya masing-masing.

Para pemangku kepentingan yang berkaitan dengan pengelolaan kelapa sawit juga diminta perhatikan pemenuhan komoditas minyak goreng di dalam negeri terlebih dahulu.

Setelah itu, baru diperbolehkan melakukan ekspor komoditas bahan baku minyak goreng dan minyak goreng.

“Saya minta para pelaku usaha minyak sawit untuk melihat masalah ini dengan lebih baik dengan lebih jernih,” kata Presiden.

Presiden meyakini, dengan meningkatnya kesadaran dari pelaku usaha yang berkaitan dengan pengelolaan kelapa sawit dapat membuat komoditas minyak goreng menjadi melimpah kembali.

Sehingga, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan komoditas minyak goreng di berbagai tempat.

Baca juga   Ini Enam Fokus Kebijakan Pemerintah pada 2022

“Saya minta kesadaran industri minyak sawit untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri prioritaskan dulu dalam negeri yang menjadi kebutuhan rakyat,” tutur Presiden.

Secara perhitungan, produksi minyak goreng sangat melimpah di tanah air. Indikasinya, Indonesia merupakan negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia.

Adanya faktor itu, tentunya minyak goreng seharusnya dapat melimpah beredar dipasaran.

Namun sebaliknya, dalam empat bulan terakhir rupanya kebijakan pemerintah yang diberlakukan tidak efektif membuat melimpahnya minyak goreng dipasaran.

“Ironis sekali Indonesia penghasil kelapa sawit terbesar di dunia,” kata Presiden.

Presiden berkomitmen, akan mengevaluasi kebijakan pelarangan ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng. Dengan syarat utama, komoditas minyak goreng di dalam negeri dapat melimpah seperti sediakala.

“Kebutuhan dalam negeri dapat dicukupi. Hal ini yang menjadi patokan saya untuk mengevaluasi kebijakan itu,” pungkas Presiden.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Jaksa Agung Muda tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) Kejagung, Febrie Adriansyah, dalam konferensi pers, Jumat (14/1/2022). (Foto: Tangkapan Layar Kejagung)

News

Naik ke Penyidikan, Kejagung Periksa 11 Saksi Kasus Korupsi Proyek Satelit Kemhan
Pemkot Yogyakarta terus genjot pemberian vaksin ketiga atau vaksin booster. Hingga Senin (11/7/2022) pemberian vaksin booster sudah mencapai 89,30 persen atau 264.692 warga yang menjadi sasaran vaksin di Kota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Kembali Jadi Syarat Perjalanan, Pemkot Yogya Genjot Vaksinasi Boster
Foto: Istimewa/InfoPublik

News

Mantap, Bandara Soetta Masuk Jajaran World’s Best Airport Staff 2022
Banjir merendam lima desa di Kecamatan Pasemah Air Keruh, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatra Selatan. (Foto: BPBD Kabupaten Empat Lawang)

News

Ribuan KK Terdampak Banjir di Kabupaten Empat Lawang
Wakil Ketua TP PKK DIY GKBRay Adipati Paku Alam X diikuti Singgih memberikan selamat kepada pengurus TP PKK Kota Yogyakarta masa bakti 2024-2028. (Foto: Humas Pemkot Jogja)

News

Pengurus TP PKK Kota Jogja 2024-2028 Dikukuhkan, Diminta Berperan Atasi Stunting dan Sampah
Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty (kedua dari kanan) menyampailan melakukan hasil pengawasan verifikasi faktual di Media Center Bawaslu RI Jakarta, Kamis (15/12/2022). Foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu

News

Belum Digelar, Bawaslu Sudah Temukan 99 Dugaan Pelanggaran Tahapan Pemilu 2024
Presiden RI Joko Widodo dan Presiden UAE, Mohammad bin Zayed, meresmikan Sheikh Zayed Grand Mosque Solo, Senin (14/11/2022). Foto: Humas Jateng

News

Presiden Resmikan Sheikh Zayed Grand Mosque Solo, Ganjar: Semoga Jadi “Centre of Excellence”
Foto: Kemenhub

News

Ingin Jadi Andalan Masyarakat, Layanan KRL Jogja-Solo Bakal Dikembangkan